15 Website Terbaik yang Bisa Menjadi Referensi Guru - Teras Academy
News Update
Loading...

1/14/2022

15 Website Terbaik yang Bisa Menjadi Referensi Guru

 

15 Website terbaik jadi referensi guru
Pict: freeepik

Kita sebagai seorang pendidik harus menyambut tahun 2022 dengan semangat baru dan ide-ide baru. Semangat dan ide-ide baru harus dimiliki oleh seorang pendidik dalam menyongsong abad 21. Pada abad ini kita tidak bisa lagi menggunakan cara-cara lama, Tom Steyer berucap “We will pay a heavy price if we insist on navigating the 21st century with a 20th century mindset”.

 

Abad 21 disebut juga dengan abad pengetahuan. Berikut 15 Website yang Bisa Menjadi referensi Guru, sekaligus bisa menjadi rujukan dalam meningkatkan kapasitas serta dalam menyonsong abad ini, yang oleh Profesor Klaus Scwab juga dinamai dengan Revolusi 4.0

 

#1. Guru Belajar dan Berbagi

web guru belajar dan berbagi

Guru belajar dan berbagi adalah tempat bertemunya guru-guru dari seluruh Indonesia untuk bisa mengikuti ragam seri belajar seri belajar dalam bentuk pembelajaran. Website ini mengelola kolaborasi pemerintah dengan komunitas dan organisasi penggerak dalam pengembangan GTK untuk menyediakan program belajar yang relevan serta dapat diikuti oleh guru dan tenaga kependidikan secara daring. Selain itu, guru juga bisa berbagi ide atau gagasan seperti RPP, artikel, video pembelajaran, dan aksi webinar. Untuk bisa terlibat dalam guru belajar dan berbagi, seorang guru dan tenaga kependidikan harus memiliki akun di SIMPKB.

 

#2. Rumah Belajar

rumah belajar web

Portal rumah belajar atau portal pembelajaran merupakan sebuah web yang menyediakan bahan belajar serta memfasilitasi komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru pendidikan, mulai dari PAUD, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK), dan Pendidikan Khusus (PK). Produk Rumah Belajar terdiri dari: Pertama, Kelas Maya, kedua Sumber Belajar, Ketiga, Bank Soal, dan Keempat laboratorium maya.

 

Produk Kelas Maya sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tahap tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Sumber belajar sebuah fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Bank Soal merupakan fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokan berdaarkan topik ajar, sedangkan laboratorim maya adalah fitur smulasi praktium laboratorium yang disajikan secara interatif dan menarik.

 

#3. TedEd

TedEd web

TedEd adalah bagian dari TED (Technology, Entertainmen, Design), sebuah organisasi media nirlaba yang mempunyai produk menyebarkan ilmu pengetahuan dalam bentuk presentasi gratis yang didistribusikan secara online, di bawah slogan “ideas worth spreading”.  TED didirikan pada bulan Februari 1984 sebagai konferensi yang diadakan tahunan sejak tahun 1990. Pembicara terkemuka yang pernah presentasi termasuk Bill Clinton, Richard Dawkins, Bill Gates, de Bono, Lary Page dan beberapa peraih nobel. Sejak tahun 2006, presentasi TED sudah bisa dilihat gratis secara online di abwah lisensi. Sejak tahun 2016, terdapat lebih dari 2.400 presentasi.

 

TED-Ed bagian dari inisiatif pendiidkan dan pemuda TED. Misi TED-Ed mencetuskan dan merayakan ide-ide guru dan siswa di seluruh dunia. Tujuan dari TED-Ed untuk mendukung pembelajaran, mulai dari memproduksi video animasi, menyediakan platform internasional bagi guru untuk membuat pelajaran interaktif. Setiap TED-Ed animation mewakili kolaborasi kreatif antara para ahli, termasuk TED dan TED Fellows, pendidik, desainer, animator, penulis skenario, penlis sains, sejarawan, jurnalis dan editor.

 

#4. Google Edu

google edu web

Google Edu adalah sebuah website yang dikembangkan oleh google secara spesifik membantu mengembangkan serta mendekatkan dunia pendidikan dengan teknologi. Perusahaan juga menawarkan program pusat pengajaran google for education di mana pendidik dapat menggunakan platform online interkatif gratis dengan kurikulum yang dibuat oleh pendidik untuk pendidik. Google for Edu merupakan bagian dari komitmen google dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan.

 

“Teknologi saja tidak cukup untuk mendongkrak mutu pendidikan, tetapi menadi bagian terpenting untuk mewujudkannya.” Sundar Pichai, CEO Google.

 

#5. Refo Indonesia

refo indonesia

Refo adalah institusi bagian dari PT Reformasi Generasi Indonesia yang konsen dalam memberikan edukasi teknologi pendidikan, kepemimpinan pemuda, platform ide, pemberdayaan komunitas, serta bimbingan startup. Refo juga mitra Google for Education terdepan di Indonesia dalam melakukan pembinaan Certified Coach. Melalui situs Refo, guru bisa mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan tentang teknologi pendidikan. Guru juga bisa mendapatkan sertifikasi google for educator.

 

#6. Edutopia

edutopia web

Situs edutopia adalah website penyedia sumebr terpercaya yang menyoroti berbagai keberhasilan dalam pendidikan. Edutopia menunjukkan kepada semua orang bagaimana mereka dapat mengadopsi atau mengadatasi praktik terbaik, dan membagikan inovasi dalam pembelajaran berkelanjutan dalam dunia nyata. Edutopia didirikan di bawah bendera Lucas Foundation oleh George Lucas pada 1991. Lucas Foudation bertujuan untuk mengubah pendidikan K-12 sehingga semua siswa dapat memperoleh dan secara efektif menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperlukan untuk berkembang dalam studi, karir, dan kehidupan mereka. Lucas Foundation mempunyai divisi Lucas Education Research. Divisi tersebut melakukan penelitian yang ketat dan bekerja sama dengan mitra universitas, firma penelitian, dan pendidik terkemuka untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi praktik yang dapat ditiru di tingkat siswa, guru, dan sekolah dan membawa dampak positif pada proses pembelajaran dan pencapaian seumur hidup.

 

#7. Terasacademy

terasacademy web

Terasacademy adalah webblog yang dibuat secara khusus bisa membawa dampak positif dalam dunia pendidikan. Guru bisa mengakses berbagai artikel di sana, mempelajari: pengetahuan seputar dunia pendidikan, kreatifitas, pemikiran design (design thinking), inovasi, kepemimpinan dan seputar belajar online

 

8#.  Coursera

coursera web

Coursera adalah website penyedia kursus online terbuka besar (MOOCs) yang didirikan pada 2012 oleh porfesor Universitas Stanford Andrew Ng dan Daphne Koller. Pada tahun 2021, Coursera telah bekerja sama dengan 150 perguruan tinggi di seluruh dunia dan memiliki lebih dari 4.000 program studi. Guru bisa mengakses kursus di sana, baik berbayar maupun gratis (pengajuan financial aid). Coursea merupakan salah satu MOOCs besar yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk meningkatkan kapasitas.

 

9#. Udemy

udemy web

Seperti halnya dengan Coursera, Udemy adalah penyedia kursus online terbuka besar (MOOCs) yang didirikan pada Mei 2010 oleh Eren Bali, Gagan Biyani, dan Oktay Caglar. Pada tahun 2021, Udemy memiliki lebih dari 46 juta siswa, 175.000 kursus, dan 60.000 instruktur yang mengajar dalam lebih dari 75 bahasa. Guru bisa memanfaatkan Udemy untuk meningkatkan pengetahuan serta kapasitas. Udemy menyediakan sertifikat bagi mereka yang telah menyelesaikan kursus. Kursus di Udemy gratis dan berbayar.

 

#10. The Big Think

thebigthink

The Big Think adalah sebuat situs web yang menyediakan konten menarik yang ditulis oleh para pakar. Siswa dan guru bisa memanfaatkan The Big Think untuk menambah wawasan yang mendalam serta unik dari berbagai ahli. The Big Think menawarkan konten dengan berbagai topik, seperti Neuropsych, Thinking, Leadership, Smart Skills, High Culture, The Future, Life dan Hard Science.

 

“Our missin is to make you smarter, faster. At Big Think, we introduce you to the brightest minds and boldest ideas of our time, inviting viewers to explore new ways to work, live, and understand our ever-changing world”.

 

#11. Research Gate

researchgate web

Research Gate adalah situs jejaring sosial komersial yang khusus diperuntukan para ilmuwan dan peneliti. ResearchGate menghimpun ribuan makalah, jurnal dan menjawab pelbagai pertanyaan. Situs ini didirikan oleh ahli virus, Dr Ijad Madisch, Dr Soren, dan ilmuwan komputer Horst Fickenscher pada tahun 2008. ResearchGate mendapat pendanaan dari Benchmark, termasuk juga dari Peter Thiel. Guru dapat menggunakan situs ini untuk mendapatkan berbagai referensi ilmiah dalam membuat publikasi ilmiah.

 

#12. Sinta Ristekbrin

sinta ristekbrin

Sinta Ritekbrin adalah sebuah situs yang memberikan akses kutipan dan keahlian di Indonesia. Situs ini memberikan informasi penelitian berbasis web yang menawarkan akses cepat, mudah dan komprehensif. Sinta memberikan analisis, identifikasi kekuatan penelitian, hingga menganalisis tren penelitian dan direktori pakar. Sinta digagas oleh Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indoensia pada tahun 2016. Web sinta bisa menjadikan Sinta sebagai referensi dalam mencari bahan bacaan ilmiah yang bisa mendukung kegiatan penelitian serta penulisan publikasi ilmiah guru.

 

#13. Gurusiana

gurusiana web

Gurusiana adalah website yang menyediakan platform blogging yang dikhususkan untuk kalangan guru, dosen ataupun pengajar non gelar lainnya. Gurusiana didirikan oleh Pustaka Media Guru berkolaborasi dengan Bima Teknologi sebagai pengembang dan penyedia teknologi yang digunakan gurusiana. Melalui gurusiana, guru dapat menambah wawasan serta berkontribusi dalam membuat konten artikel.

 

14.Design for Change

Design for Change web

Design for Change (DFC) berawal dari sebuah pemikiran untuk menciptakan sebuah konsep untuk mencitakan pendidikan anak-anak di masa depan yang lebih baik melalui implementasi pendekatan Design Thiking di sekolah. Oleh sang pendiri, Kiran Bir Sethi konsep Design Thinking kemudian diterjemahkan menjadi Design for Change (DFC). Gerakan Design for Change kemudian membuat kerangka kerja yang mereka namai dengan FIDS (Feel, Imagine, Do, & Share). Kerangka kerja FIDS membantu mengembangkan keterampilan abad 21 yang sangat dibutuhkan anak-anak, membangun kompetensi sosial dan emosial mereka, serta meningkatkan kreativitas dan keterampilan kerja.

 

15. Khan Academy

khan academy web

Khan Academy adalah sebuah organisasi pendidikan nirlaba yang didirikan pada tahun 2008 oleh sarjana alumni Stanford dan MIT, Salman Khan. Tujuan dari Khan Academy adalah menciptakan seperangkat alat online yang bisa membantu para siswa belajar. Khan Academy memiliki konten yang mencakup latihan dan materi belajar untuk pendidik. Situs telah menghasilkan lebih dari 8.000 pelajaran dalam bentuk video dengan pelbagai topik, mulai dari sains, ilmu sosial hingga kewarganegaraan.

Pada tahun 2018, Khan Academy memiliki lebih dari 70 jta pengguna. Pada tahun 2021, saluran chanel Khan Academy di Youtube memiliki 7,02 juta pelanggan dan telah dilihat lebih dari 1,92 miliar. Melalui Khan Academy, guru dapat mengatur ruang kelas. Melalui kelas ini memungkinkan guru untuk menetapkan kursus dalamdatabase Khan Academy kepada siswa mereka. Guru juga dapat melacak kemajuan siswa saat mereka mengerjakan tutorial yang dberikan.

Kesimpulan

Demikian paparan dengan judul 15 Website yang Bisa Menjadi referensi Guru, semoga bisa mendatangkan insight bagi para guru di tanah air. Mungkin selain ke-15 website di atas, teman-teman pembaca mempunyai referensi yang lain? Sebutkan di komentar ya.

Share with your friends

1 komentar

  1. Goyang Casino, Puyo Puyo (Taiwan) - Search and find out
    Get the latest 바카라 검증 사이트 information on the casino 먹튀 사이트 먹튀 프렌즈 in Puyo, the Philippines, including real 사설 사이트 time gaming, live entertainment, online 스마일토토 gambling, 이스포츠 entertainment and

    BalasHapus

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done