12 Fakta Elon Musk, Sang Genius Kreatif - Teras Academy
News Update
Loading...

5/01/2022

12 Fakta Elon Musk, Sang Genius Kreatif

 

12 fakta elon musk

Dunia startups baru-baru ini digemparkan dengan aksi pembelian Twitter oleh orang terkaya dunia sekaligus bos Tesla dan Space X. Ya Elon Musk resmi membeli Twitter sebesar US$ 44 miliar atau setara 634 triliun.  Siapa sosok genius kreativ  yang menjadi perbincangan dunia ini?

 

Berikut 12 Fakta Elon Musk, Sang Genius Kreatif

 

1#. Lahir di Keluarga Petualang Afrika Selatan

Elon lahir di pretoria, Afrika Selatan pada 28 Juni 1971. Ibunya seorang pakar diet kelahiran Kanada namun dibesarkan di Afrika Selatan. Ayahnya seorang insinyur elektromekanis, konsultan serta pengembang properti. Kakek dari pihak ibu, Joshua Haldeman, adalah seorang petualang Kanada kelahiran Amerika yang membawa keluarganya dalam perjalanan memecahkan rekor dengan pesawat bermesin tunggal ke Afrika dan Australia.

 

2#. Menyukai Pemrograman Sejak Kecil

Saat berusia 10 tahun, Musk mengembangka minat dalam ilmu komputasi dan video game, serta memperoleh Coommodore VIC-20, komputer rumahan 8-bit yang diproduksi oleh Commodore business Machines. . Dia juga belajar pemrograman komputer manual, dan di usia 12 tahun menjual kode video game berbasis BASIC ke majalah PC dan Office Technology seharga $500.

 

3#. Dropout PhD dari Stanford

Elon mengenyam pendidikan di Universitas Queen, Ontario Kanada kemudian tidak sampai selesai, pindah ke University of Pennsylvania, di mana ia lulus mendapatkan gelar BA dalam bidang fisika dan ekonomi. Setelah magang di startups penyimpanan energi, Pinnacle Research Institute, dan Rocket Science Games di Palo Alto, Elon diterima di program Ph.D dalam ilmu material Stanford University. Namun tidak bertahan lama, ia memutuskan keluar.

 

4#. Startup Pertama, Zip2

Pada tahun 1995, Musk dan saudaranya Kimbal serta Greg Kouri mendirikan perusahaan perangkat lunak web Zip2. Kantor Zip2 terletak di pinggiran Palo alto. Zip2 mengembangkan serta memasarkan panduan kota internet untuk industri penerbitan, peta, petunjuk arah dan yellow pages. Sebelum perusahaan sukses, ia hanya mampu membeli apartemen kecil hingga bahwa menyewa kantor serta tidur di sofa. Zip2 memperolehkontrak dengan The New York Times dan Chicago Tribune. Pada tahun 1999, Zip2 di akuisisi oleh Compaq seharga $307 juta.

 

5#. Membangun X.com dan Paypal


paypal

Pada tahun 1999, Musk mendirika X.com, sebuah layanan keuangan online serta perusahaan pembayaran email. Pada tahun berikutnya, X.com bergabung dengan bank online Confinity. Confinity didirikan oleh Max Levchin dan Peter Thiel, dan Confinity memiliki layanan pengiriman uang yang lebih populer bernama PayPal. Dalam penggabungan tersebut, Elon didapuk sebagai CEO. Pada tahun 2002, PayPal diakuisisi oleh eBay sebesar $1, 5 miliar.

 

6#. Mendirikan Space-X



Berlatar belakang terinspirasi untuk bisa menempatkan manusia di planet mars serta melihat betapa mahalnya harga roket, Elon dengan modal $100 juta mendirikan perusahaan Space Exploration Technologies Corp, atau SpaceX pada bulan Mei 2022. Space X meluncurkan roket pertama, Falcon 1 pada tahun 2006, namun gagal. Walau gagal, Scape X mendapatkan kontrak dari NASA. Space X berhasil meluncurkan Falcon 1 ke orbit pada 2008. Pada tahun 2012, roket Dragon berlabuh di orbit dan menjadikan sebagai roket yang diproduksi perusahaan swasta pertama kali. Perusahaan juga mengembangkan konstelasi Starlink dari satelit orbit rendah Bumi pada tahun 2015 untuk menyediakan akses internet satelit.

 

“Dari sudut pandang psikologis, jika Anda terjebak di Bumi, umat manusia memiliki batasan –dan Elon bukanlah tipe pria yang suka hidup dengan batasa.” Louis Friedman.

 

7# Mengembangkan Tesla



Tesla produsen tansprtasi listrik dan aramah lingkungan didirikan pada bulan Juli 2003 oleh Martin Eberhard dan Marc Tarpenning. Mereka berdua mendanai perusahaan hingga putaran seri A. Hingga Elon masuk pada tahun 2004 dengan menginvestasikan sebesar $6,5 juta, yang membuatnya menjadi pemegang saham mayoritas, dan bergabung dengan dewan direksi Tesla. Pada tahun 2007, perusahaan mengalami krisis keuangan yang menyebabkan posisi Eberhard sebagai Ceo digantikan oleh Elon. Tesla pertama kali membangun mobil sport listrik, Roadster pada tahun 2008 dengan penjualan sekitar 2.500 kendaraan –mobil listrik pertama yang menggunakan baterai sel lithium-ion. Pada tahun 2012, Tesla meluncurkan model X, kemdudian model X pada tahun 2015. Model 3 dirilis pada 2017, menjadi mobil listrik terlaris di seluruh dunia. Kendaraan kelima adalah crossover Model Y.

 

8# Mengakuisisi Solar City

SolarCity adalah perusahaan yang memproduksi serta memasarkan sistem pembangkit energi surya. Solar City didirikan pada 2006 oleh Peter dan Lyndon Rive, sepupu Elon Musk. Tesla mengakuisi SolarCity senilai lebih dari $2 miliar pada tahun 2016 dan menggabungkannya dengan divisi produk penyimpanan energi baterai untuk mensuplai Tesla Energy.

 

9#. Mendirikan Neuralink

Pada tahun 2016, Elon mendirikan Neuralink, sebuah perusahaan startup neurteknologi yang mengintegrasikan otak manusia dengan kecerdasan buatan atau AI dengan menciptakan perangkat yang tertanam di otak manusia. Perangkat juga akan menyesuaikan dengan peningkatan terbaru dalam AI agar tetap bisa diperbaharui. Produk euralink mendapat banyak kritikan dari beberapa ahli, termasuk ahli medis.

 

10#. Membangun Hyperloop


hyperloop

Elon mendorong para insinyur Tesla dan SpaceX untuk membangun vakum kereta tabung yang di beri nama Hyperloop pada tahun 2013. Pada tahun 2017, musk mengklaim telah menerima “persetujuan secara lisan” pembangunan Hyperloop di New York City ke Washington, berhenti di Philadelphia dan Baltimore.

 

11#. Pekerja Keras

Elon Musk dikenal sebagai sosok pekerja keras. Ia terbiasa tidur di pabrik Tesla, melihat serta menemani para pekerja dan memastikan produksi Tesla berjalan dengan baik.

 

12#. Menjadi pemilik mayoritas Twitter

Elon Musk membeli saham mayoritas situs media sosial Twitter. Hal ini membuatnya menjadi pemilik mayoritas. Twitter sebagai media sosial sederhana, namun memiliki kekuatan luar biasa yang mampu menggerakkan opini publik. Elon ingin “lebih: mendemokratisasikan Twitter.

 

“Ketika saya masih kuliah, saya ingin terlibat dalam hal-hal yang akan mengubah dunia”. Elon Musk

 

Elon Musk adalah seorang pembuat inovasi ulung. Semua orang tahu bahwa ia adalah seorang pengusaha terkaya sejagad –menggeser Bill Gates dan Bezos, pemilik Amazon. Tetap saja semua orang ingin tahu banyak bagaimana Elon mampu menciptakan mimpinya menjadi sebuah kenyataan.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done