Profil Lengkap Willix Halim CEO Baru Bukalapak - Teras Academy
News Update
Loading...

5/01/2022

Profil Lengkap Willix Halim CEO Baru Bukalapak

 

willix Halim

Dalam forum Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dihadiri oleh jajaran direksi, komisaris, serta dipimpin langsung oleh Komisaris Utama-Independen PT Bukalapak.com, Professor Bambang Brodjoegoro menunjuk Williix Halim sebagai Direktur Uama atau CEO Bukalapak yang secara resmi menggantikan Rachmat Kaimuddin yang sebelumnya mengundurkan diri.

 

Sebelumnya pada bulan Desember, VP of Corporate Secretary, Bukalapak Perdana Arning Saputro, megatakan perseoran menerima surat permohonan pengunduran diri Rachmat Kaimuddiin. Kemudian Willix akan menggantikan sementara –ia akan bertanggung jawab terhadap kegiatan operasional perusahaan secara menyeluruh serta memasikan Bukalapak terus mewujudkan misinya menciptakan A Fair Economy for All.

 

RUPSLB juga menunjuk Victor Putra Lesmana dan Howard Nugaha Gani masuk dalam jajaran Direksi Bukalapak.cm, TBk. Sedangkan Teddy Nuryanto Oetomo dan Natalia Firmansyah tetap sebagai Direktur Bukalapak. Saat ini Willix secara resmi menjadi CEO tetap.

 

Willix mendapatkan gelar sarjana Computer Science dan Mechatronics dengan First Class Honors pada tahun 2009 dari University of Melbourne. Ia bergabung dengan Bukalapak sebaga Chief Operating Officer pada tahun 2016. Ia menjadi salah satu personil penting dalam pertumbuhan Bukaplak selama lima tahun terkahir.

 

Willix juga berkontribusi dalam mengembangkan Mitra Bukalapak hingga menjadi pemimpin pasar online of offline (O2O), dan memperluas variasi produk dan layanan digital Bukalapak.

 

Sebelum menjadi COO Bukalapak ditahun 2016, Willix adalah mantan VP of Growth statups besar Australia, freelancer. Selama menjadi VP Growth freelancer, Willix berhasil membawa starups yang membantu para pekerja lepas tersebut ekspansi inernasional.

 

Selama di freelancer, Willix telah banyak belajar dengan tim pertumbuhan. “Tim pertumbuhan di sana dirasakan sangat baik secara global, dan kami mencoba membawanya ke Bukalapak.”, kenangnya.

 

Timnya sangat teknis dan multi disiplin, terdiri dari Data Scientis, Engineering, ahli matematika-statistik, manajer produk, dan SEO. Mereka bertanggung jawab akan strategi Freelancer.com.

 

Pada waktu itu, Freelancer mempunyai 7 juta pengguna dengan proyek berjumlah 1billion USD$. Pada periode yang sama pendapatan Freelancer.com mencapai 70 juta US dollar.

 

Sebelum berkarir di Freelancer, setamat kuliah Willix bekerja sebagai engineering di Honeywell Inc, sebuah perusahaan dunia yang bergerak dalam bidang otomatisasi dan kontrol. Sebelumnya ia bekerja sebagai manajer produk komersialisasi di CSIRO.

 

Pria kelahiran Medan, Sumater Utara tersebut sangat beruntung dipercaya oleh founder freepancer, Matt Barrie sebagai VP of Growth setelah dua tahun perusahaan berdiri. Ketika awal bergabung, Frrelancer hanya memiliki 20 karyawan.

 

Willix ingin membawa pengalamannya di Statup dunia ke dalam Bukalapak.

 

“Kami ingin membuat segalanya lebih sederhana, termasuk fitur pencarian dan penemuan dan pembelian, dan menginstal alat untuk melacak data dengan lebih baik.” Willix Halim

 

Ia mencoba strategi mengalihkan Bukalapak dari iklan berbayar ke saluran gratis atau hampir gratis. “banyak startup mengandalkan iklan berbayar untuk menumbuhkan pengguna mereka saluran lain belum dikesplorasi, “ kata Willix.

 

Jalan baru lain dia ingin mengoptimalkan mesin telusur lanjutan, pemasaran email, kupon, atau “perentasan” klasik yang membonceng pihak kketiga untuk memenangkan pengguna baru, seperti yang dilakukan oleh Paypal dengan eBay.

 

“Pertanyaannya bukan mana yang harus kita coba. Ini bukan satu atau lain cara, tetapi tantangan kami adalah: bagaimana ami dapat menguji lebih cepat untuk saluran tersebt,” Willix Halim.

 

Nah demikian Profil Lengkap Willix Halim CEO baru Bukalaak.

 

Dia membagikan tips bagi anak-anak muda yang ingin membangun start-up bisnis.

 

“Start now. Tidak ada waktu yang lebih cocok, atau peluang yang lebih besar dibandingkan sekarang”.



Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done