Stanford University: Kampus Melahirkan Para Ilmuwan dan Inovator Dunia - Teras Academy
News Update
Loading...

9/24/2020

Stanford University: Kampus Melahirkan Para Ilmuwan dan Inovator Dunia

Stanford University

Universitas Stanford merupakan sebuah kampus riset dan inovasi swasta yang terletak di Stanford, California. Stanford merupakan salah satu kampus yang produktif melahirkan para ilmuwan, founder startups dunia. Lihat saja ada duo google sergey dan Brian, keduanya merupakan alumni, ada Andrew Ng, founder Coursera.

Universitas Stanford berada di peringkat lima besar universitas teratas di dunia dan menjadi salah satu kampus yang paling selektif dalam menerima mahasiswa baru di AS.

Hingga saat ini kampus telah melahirkan 83 orang penerima nobel, 28 penerima Turing Award, dan pelbagai penghargaan lain. Selain itu,Universitas Stanford terkenal karena kewirausahaannya dan merupakan salah satu universitas yang sukses dalam menarik dana untuk perushaan startup (rintisan).


Sejarah Kampus

Universitas Stanford didirikan pada tahun 1885 oleh Leland dan Jane Stanford. Leland Stanford adalah seorang industrialis dan politisi Amerika. Stanford lahir pada tahun 1824 di Watervliet, New York. Dia adalah salah satu dari delapan bersaudara anak dari Josiah dan Elizabeth P Stanford. Keluarga mereka adalah imigran dari Amerika Serikat.

Stanford mengenyam sekolah umum sampai tahun 1836. Dia menghadiri Clinton Liberal Institute, dan belajar hukum di Seminari Cazenovia, New York. Pada tahun 1845, ia bekerja di kantor hukum di Wheaton, Doolittle dan Hadley Albany.

Institusi berjuang secara finansial setelah kematian Leland Stanford pada tahun 1893 dan lagi setelah terjadi gempa bumi di San Francisco pada 1906. Setelah perang dunia ke-2, Rektor kala itu Frederick Terman mendukung sektor wirausaha fakultas dan para alumni membangun industry lokal mandiri yang kemudian dikenal sebagai Lembah Silikon (Silicon Valley).

Frederick E Terman adalah Profesor sekaligus bapak Silicon Valley. Terman menyelesaikan gelar sarjanannya bidang kimia dan master bidang teknik elektro di Stanfrod. Kemudian mendapatkan gelar doktor bidang teknik listrik dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1924 di mana penasehatnya adalah Vannevar Bush.

Jurusan, Fakultas dan Fasilitas

Kampus pusat akademik berdekatan dengan Palo Alto, dibatasi oleh El Camino Real. Stanford University merupakan universitas swasta nirlaba yang dikelola oleh perwalian kerusahaan.

Universitas Stanford dibagi menjadi tujuh sekolah akademik, seperti:

Sekolah Humaniora dan Ilmu Pengetahuan

Terdiri dari Departemen: Antropologi, Apllied Physics, Art & History, Biologi, Kimia, Classics, Ilmu Komunikasi , Comparative Literature, Ekonomi, East Asian Languages and Culture, French and Italian, German Studies, Sejarah, humanities & Science, Iberian & Latin American, Linguistics, Matematika, Musik, Fisika, Filsafat, Ilmu ,  Statistik, dan Departemen Taeter

Sekolah Teknik

Terdiri dari beberapa department: Aeronautics Department, Bioengineering, Chemical Engineering, Civil & Environmental Engineering, Computer Science, Electrical Engineering, Engineering School, Management Science & Engineering, Material science & Engineering, Mechanical Engineering

Sekolah Hukum

Sekolah Kedokteran

Terdiri dari beberapa departemen, seperti: Anestesi, Biochemstry, bioengineering, Biology, Cardiothoracic Surgery, Comparative Medicine, Chemical and Systems Biology, Genetics, Development Biology, Microbiology & Immunology, Molecular & Cellular Physiology, Neurobiology, Radiology, Structural Biology, Surgery, dan lain-lain.

Sekolah Kebumian

Teridri dari: Earth Systmen Science, Earth, Energy & Environmental Science, Enery Resource Engineering, Geological Science, dan Geophysics.

Sekolah Pendidikan

Sekolah Bisnis.

Stanford juga mempunyai lembaga prestisius, seperti:


SLAC National Accelarator Laboratory. Laboratorium Nasional Departemen Energi AMerika Serikat yang dioperasikan oleh Universitas Stanford yang berada di Menlo Park. SLAC memfokuskan pada penelitian fisika atom, solid state, kimia, biologi, dan kedokteran.

Stanford Research Institute. Lembaga dan organisasi penelitian ilmiah nirlaba Amerika yang berkantor di Menlo Park, didirikan pada tahun 1946 sebagai pusat inovasi yang mendukung pembangunan ekonomi kawasan.

Hoover Institute. Lembaga kajian, pemikir, dan penelitian kebijakan publik Amerika, didirikan oleh Herbert Hoover, alumnus Stanford dan mantan Presiden AS.

Hasslo Plattner Institute of Design. Nama lainnya d.School, bagian dari sekolah dan lembaga pemikiran desain. Didirikan oleh David M Kelley, seorang pemikir desain, pengusaha, pendidik dan pendiri perusahana konsultan desain dunia, IDEO. Dia juga adalah penulis buku yang terkenal, “Creative Confidence”.

Selain itu, Universitas bersama dengan UC Berkeley dan UC San Francisco, berkolaborasi dalam mengembangkan Biohub, pusat penelitian ilmu kedokteran, yang mendapatkan suntikan dana dari Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan.

Terhitung 2014, kampus memiliki koleksi buku lebih dari 9,3 juta, 300.000 buku langka, 1,5 juta e-book, 2,5 juta materi audiovisual, dan ribuan sumber daya digital lainnya, yang kesemuanya tersimpan di Perpustakaan Universitas Stanford.

Peringkat, Alumni dan Inovasi

Peringkat

Universitas Stanford merupakan perguruan tinggi papan atas di AS dan Dunia. Di AS, posisinya hampir sejajar dengan Harvard, dan MIT. Bahkan menurut QS World University Rangkings, Stanford menduduki peringkat ke-2 setelah MIT dan satu tingkat di atas Harvard sebagai perguruan terbaik di Amerika dan dunia tahun 2021.

Ada beberapa ilmu/jurusan/subyek di Stanford yang menduduki peringkat tinggi secara global, diantaranya adalah: Biologi & Biokimia (peringkat 3 global), Ilmu Kimia (2), Ekonomi dan Bisnis (4), Lingkungan dan Ekologi (3), Ilmu Matematika (1), Ilmu Fisika (2), Psikologi (3), Ilmu Material (2), dan Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler (peringkat 3)

Beberapa alumni yang memiliki kontribusi besar:

Arthur Kornberg, memiliki kontribusi dalam sintesis biologis Asam Deoksiribonukleat (DNA) sehingga ia mendapatkan ganjaran hadiah nobel fisiologi tahun 1959.

Stanley Cohen dan Herbert Boyer adalah ilmuwan pertama yang mentransplantasikan gen dari satu organisme hidup ke organisme lain. Hasil kontribusinya ini telah dikembangkan ke dalam inovasi lain, seperti pembentukan hormone pertumbuhan manusia dan vaksin hepatitis B

Arthur Leonard Schawlow, mendapatkan hadiah nobel fisika tahun 1981 atas karyanya tentang laser.

Felix Bloch mengembangkan metode baru untuk pengukuran presisi magnetic nuklir.

Lary Page dan Sergey Brin adalah alumni Stanford. Berawal dari mengerjakan Proyek Perpustakaan Digital Stanford (SDLP), keduanya mendirikan perusahaan mesin pencahri, Google.

Inovasi

Sebelum era kejayaan internet, Stanford adalah pusat inovasi dalam bidang ini. Ada banyak produk inovasi yang laih, diantaranya adalah: ARPANET, Internet, RISC, Sun Microsystem, dan masih banyak lagi.

Beberapa alumni mendirikan perusahaan startup yang kemudian menjadi perusahaan teknologi dunia, sebut saja:

  • William R Hewlet dan David Packard, Hewlet Packard (1939)
  • James H Clarck, Silicon Graphics (1981)
  • Vinod Khosla, dan Andy Bechtolsheim, Sun Microsystem (1982)
  • Leonard Bosack dan Sandy Lerner, Cisco (1984)
  • Jerry Yang dan David Filo, Yahoo (1994)
  • Larry Page dan Sergey Brin, Google
  • Reid Hoffman, Linkedin (2002)
  • Kevin Systrim dan Mike Krieger, Instagram (2010)
  • Evan Spiegel dan Bobby Murphy, Snapchat (2011)
  • Andrew Ng dan Daphne Koller, Coursera (2012)

Saat ini Stanford dipimpin oleh Persis S Drell, Fisikawan perempuan Amerika yang dikenal atas keahliannya dalam bidang fisika partikel. Sebelum menjadi provost, Drell adalah Direktur National Accelerator Laboratory SLACC, dan Dekan Sekolah Teknik.

Nah, keren kan? Universitas Stanford adalah perguruan terbesar tidak hanya di AS, bahkan di Dunia. Kamu bisa belajar di sana, seperti beberapa alumni Stanford, Adamas Belva (founder ruagguru). Kuncinya harus semangat belajar dan berprestasi.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done