Mengenal Javier Olivan, COO Meta Selanjutnya - Teras Academy
News Update
Loading...

12/23/2023

Mengenal Javier Olivan, COO Meta Selanjutnya

 

Javier Olivan

Sherly Sandberg mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi Chief Operating Officer (COO) dari perusahaan induk Facebook Meta. Tak ada alasan yang pasti alasan pengunduran dirinya tersebut.


Dalam sebuah posting di Facebook, Sandberg tidak mengungkapkan alasan kepergiannya dari perusahaan. Sandberg mengatakan dia berencana untuk fokus pada pekerjaan filantropisnya. Sebelumnya Sanberg telah bekerja di perusahaan Meta 14 tahun dan menjadi bagian dari tim penting dalam perkembangan facebook di awal.


Betapa pentingnya keberadaanya, Zuckerberg sampai berkomentar "Ketika Sheryl bergabung dengan saya pada 2008, saya baru berusia 23 tahun dan saya hampir tidak tahu apa-apa tentang menjalankan perusahaan,"


Posisi Sanberg akan digantikan oleh Javier Olivan, mantan Chief Growth Officer. Padahal sebelumnya Javier Olivan, yang baru beberapa bulan menjabat sebagai pemimpin pertumbuhan internasional Facebook.


"Javier Olivan, Chief Growth Officer perusahaan, akan menjadi COO berikutnya, tetapi perannya akan "berbeda dari apa yang telah dilakukan Sheryl" dan "peran COO yang lebih tradisional," tambah Zuckerberg.


Sosok di Balik Pertumbuhan Facebook


Sebagian orang-orang yang pernah bekerja dengan Olivan menggambarkannya sebagai mesin eksekusi yang dihormati, hamper tidak pernah menonjolkan edo, dan berorientasi pada detail. Mereka pun memuji kemampuannya melihat sekeliling saat mengantisipasi persaingan. Dia seringkali menghindari pers, hanya memberikan sedikit waktu untuk sesi wawancara selama karirnya.


Olivan Berasal dari kota kecil di lereng pegunungan di Spanyol, lahir pada tahun 1977. Ayahnya Florián adalah pensiunan pengusaha yang menjalankan toko perangkat keras dan arcade, sedangkan ibunya María Pilar adalah pensiunan profesor dari Biello Aragón Institute.


Ia belajar teknik elektro dan industri di Universitas Navarra sebelum pindah ke AS untuk mendapatkan gelar MBA dari Stanford Graduate School of Business. Karir awalnya dimulai menjadi pengembang di Siemens, Jerman di mana ia mematenkan sistem algoritmik untuk pemrosesan gambar digital hingga ia menjadi manajer produk di Siemens Mobile di mana ia memimpin tim yang bertanggung jawab atas pengembangan perangkat seluler.


Pada tahun 2005, ia mendaftar di program MBA di Standford Business School di saat yang sama mengambil studi kasus menganalisis studi kasus startup, termasuk Facebook . Saat masih mahasiswa, bersama beberapa temannya, ia bekerja membuat Facebook versi bahasa Spanyol, yang disebut Nosuni, namun proyek ini gagal.


Meskipun proyek tersebut gagal, Mark Zuckerberg , pendiri Facebook, menghubungi dan meminta Oliván bekerja untuknya. Olivan menerima tawaran tersebut setelah lulus pada tahun 2007.


Oliván bergabung dengan Facebook (sekarang Meta Platforms ) pada bulan Oktober 2007 sebagai anggota pertumbuhan internasional di bawah Chamath Palihapitiya, pemodal ventura mantan eksekutif senior awal Facebook.


Sebagai anggota tim pertumbuhan, tugasnya mengawasi ekspansi internasional perusahaan—ke pasar dan bahasa baru. Antara tahun 2011 dan 2018, ia menjabat sebagai wakil presiden tim pertumbuhan. Dia menganjurkan inisiatif Internet.org dan Facebook Lite selama periode tersebut.


Pada tahun 2018, ia mengambil alih tim kepercayaan dan keamanan untuk mengatasi misinformasi di platformnya. Ia menjabat sebagai wakil presiden Central Products antara tahun 2018 dan 2022, setelah itu ia dipromosikan menjadi chief growth officer.


Saat berada di Facebook, Olivan menjadi arsitek salah satu strategi pertumbuhan paling sukses dalam sejarah Perusahaan teknologi, dengan lebih dari 3 miliar pengguna kini antara produk mereka: Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Sejak awal, ia memimpin penerjemahan Facebook ke bahasa non-Inggris dan menempatkan fokus awal pada pertumbuhan internasional.


Dia juga memainkan peran penting dalam akuisisi Facebook selama bertahun-tahun. Sebelum Facebook membeli WhatsApp, dia menulis secara internal bahwa aplikasi perpesanan populer yang menjadi jejaring sosial yang lengkap adalah “ancaman persaingan terbesar yang kita hadapi sebagai sebuah bisnis.


Pada tahun 2017 yang merayakan ulang tahun ke 10 bekerja di perusahaan tersebut, Zuckerberg mengatakan bahwa Olivan adalah “salah satu orang yang dapat memecahkan tantangan besar apa pun yang kita hadapi dengan andal.” Dalam jangka pendek, salah satu tantangan tersebut adalah menghilangkan kekhawatiran akan kepergian pendahulunya.


Meskipun tidak setenar Sandberg, Olivan akan memiliki banyak tanggung jawab sebagai eksekutif bisnis puncak Meta serta mengembalikan Meta pada jalur pertumbuhannya. Ia tidak lagi selalu berada di balik layer, namun ke depan Olivan akan sering berada di barisan terdepan,

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done