Sherly Sandberg, Wanita Tangguh di Balik Facebook - Teras Academy
News Update
Loading...

12/22/2023

Sherly Sandberg, Wanita Tangguh di Balik Facebook

 


Sheryl Sandberg adalah seorang eksekutif dan pengusaha yang dikenal sebagai Chief Operating Officer (COO) di Facebook, sebuah perusahaan media sosial terkemuka. Wanita Tangguh di balik Facebook.  Ia lahir pada tanggal 28 Agustus 1969, di Washington, D.C., Amerika Serikat.

 

Pendidikan dan Karir

 

Sandberg bersekolah di North Miami Beach High School , dan lulus pada tahun 1987 dengan peringkat kesembilan di kelasnya. Dia adalah ketua kelas dua, menjadi anggota National Honor Society, dan menjadi dewan eksekutif kelas senior.  

 

Pada tahun 1987, Sandberg mendaftar di Harvard College. Dia lulus pada tahun 1991 dengan predikat summa cum laude dan Phi Beta Kappa dengan gelar Bachelor of Arts di bidang ekonomi dan dianugerahi Penghargaan John H. Williams untuk mahasiswa lulusan terbaik di bidang ekonomi.

 

Saat di Harvard, ia ikut mendirikan sebuah organisasi bernama Women in Economics and Government. Dia juga bertemu Profesor Lawrence Summers , yang menjadi mentor dan penasihat tesisnya. Summers merekrutnya untuk menjadi asisten peneliti di Bank Dunia, di mana dia bekerja selama kurang lebih satu tahun pada proyek kesehatan di India yang menangani penyakit kusta , AIDS , dan kebutaan.

 

Pada tahun 1993, ia mendaftar di Harvard Business School dan pada tahun 1995 ia memperoleh gelar MBA, lulus dengan predikat tertinggi. Pada tahun pertama sekolah bisnisnya, dia mendapatkan beasiswa


Sebelum bergabung dengan Facebook pada tahun 2008, Sandberg bekerja di berbagai perusahaan dan memiliki pengalaman dalam bidang manajemen dan pengembangan bisnis, sebagai konsultan manajemen untuk McKinsey & Company selama kurang lebih satu tahun (1995–1996).

 

Dari tahun 1996 hingga 2001 dia kembali bekerja untuk Lawrence Summers , yang saat itu menjabat sebagai Menteri Keuangan Amerika Serikat di bawah Presiden Bill Clinton, sebagai kepala stafnya. Sandberg membantu pekerjaan Departemen Keuangan dalam menghapus utang di negara berkembang selama krisis keuangan Asia

 

Ia juga pernah bekerja sebagai Wakil Presiden Global Online Sales & Operations di Google. di mana dia bertanggung jawab atas penjualan online produk periklanan dan penerbitan Google serta operasi penjualan produk konsumen Google dan Penelusuran Buku Google. Selama berada di Google, ia mengembangkan tim iklan dan penjualan dari empat orang menjadi 4.000 orang.

 

COO Facebook

Pada akhir tahun 2007, Mark Zuckerberg, salah satu pendiri dan CEO Facebook, bertemu Sandberg di pesta Natal yang diadakan oleh Dan Rosensweig. Zuckerberg tidak melakukan pencarian formal untuk Chief Operating Officer (COO), setelah melihat dan menganggap Sandberg sebagai "orang yang sangat cocok" untuk peran ini. Pada bulan Maret 2008, perusahana startups Facebook mengumumkan perekrutan Sandberg untuk peran COO.

 

Setelah bergabung dengan perusahaan tersebut, Sandberg mulai mencoba mencari cara untuk membuat Facebook menguntungkan. Pada akhir musim semi, Pimpinan Facebook telah setuju untuk mengandalkan iklan, "dengan iklan yang disajikan secara diam-diam"; pada tahun 2010, Facebook menjadi menguntungkan.

 

Di Facebook, dia mengawasi operasi bisnis perusahaan termasuk penjualan, pemasaran, pengembangan bisnis, sumber daya manusia, kebijakan publik, dan komunikasi. Pada tahun 2012, ia menjadi anggota kedelapan (dan wanita pertama) di dewan direksi Facebook

 

Saya sangat menghormati orang-orang yang memberikan bantuan langsung kepada mereka yang berada dalam krisis. Ini adalah pekerjaan tersulit di dunia

 

Pada tanggal 1 Juni 2022, Sandberg mengumumkan akan meninggalkan Meta sebagai COO pada musim gugur 2022 tetapi akan tetap menjadi dewan direksi. Posisinya saat ini diganti oleh Javier Oliván, mantan kepala pertumbuhan internasional facebook.

 

Menulis dan Filantropi

Selain karirnya di dunia bisnis, Sheryl Sandberg juga dikenal sebagai penulis. Buku terkenalnya berjudul "Lean In: Women, Work, and the Will to Lead" yang diterbitkan pada tahun 2013. Buku ini membahas isu-isu seputar peran perempuan di tempat kerja dan memberikan wawasan mengenai cara perempuan dapat meningkatkan kehadiran dan kepemimpinan mereka dalam dunia bisnis.

 

Pada musim gugur 2013, buku tersebut telah terjual lebih dari satu juta eksemplar dan berada di puncak daftar buku terlaris sejak diluncurkan.


Sandberg merilis buku keduanya, Opsi B, pada bulan April 2017. Opsi B ditulis bersama Adam Grant , seorang profesor di Wharton School di Universitas Pennsylvania. Buku tersebut menekankan kesedihan dan ketahanan dalam tantangan dalam hidup. Buku ini menawarkan kiat-kiat praktis untuk menciptakan ketahanan dalam keluarga dan masyarakat. 2,75 juta eksemplar telah terjual sejak diterbitkan

 

Sandberg juga terlibat dalam beberapa inisiatif filantropi dan dukungan terhadap perempuan dalam bisnis dan kepemimpinan. Ia memainkan peran kunci dalam mengembangkan dan mempromosikan konsep "Lean In Circles," kelompok diskusi dan dukungan untuk perempuan yang ingin maju dalam karir mereka.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done