Donald Knuth: bapak analisa algoritma, dan penulis buku The Art of Computer Programming - Teras Academy
News Update
Loading...

1/24/2024

Donald Knuth: bapak analisa algoritma, dan penulis buku The Art of Computer Programming

 

sumber:filckr

Donald Ervin Knuth adalah seorang ilmuwan komputer dan matematikawan yang lahir pada 10 Januari 1938. Ia terkenal karena karyanya membuat inovasi dalam bidang algoritmika dan desain jenis huruf komputer.


Knuth dikenal sebagai penulis buku "The Art of Computer Programming," yang dianggap sebagai salah satu karya paling otoritatif dalam bidang algoritma dan ilmu komputer, sebuah buku seni Pemrograman Komputer (TAOCP) yang berisi tentang monografi komprehensif serta menyajikan algoritma pemrograman dan analisisnya.

Ia juga menciptakan sistem penataan huruf TeX, yang banyak digunakan dalam publikasi ilmiah dan dokumentasi teknis. TeX banyak digunakan di dunia akademis, khususnya di bidang matematika, ilmu komputer, ekonomi, ilmu politik, teknik , linguistik, fisika, statistik, dan psikologi kuantitatif . ITeX lama menggantikan Unix troff, sistem pemformatan yang sebelumnya disukai, di sebagian besar instalasi Unix. TeX juga digunakan untuk banyak tugas penyusunan huruf lainnya, terutama dalam bentuk LaTeX , ConTeXt , dan paket makro lainnya.


Knuth menerima beasiswa dalam bidang fisika dari Case Western Reserve University di Cleveland, Ohio, mendaftar pada tahun 1956. Saat belajar fisika di Case, Knuth diperkenalkan dengan IBM 650, komputer komersial awal. Setelah membaca manual komputer, Knuth memutuskan untuk menulis ulang kode perakitan dan kompiler untuk mesin yang digunakan di sekolahnya karena dia yakin dia bisa melakukannya dengan lebih baik.


Knuth adalah salah satu editor pendiri Case Institute's Engineering and Science Review , yang memenangkan penghargaan nasional sebagai majalah teknis terbaik pada tahun 1959. Ia kemudian beralih dari fisika ke matematika, dan menerima dua gelar dari Case pada tahun 1960 yakni gelar Bachelor of Science, dan sekaligus master of science dengan penghargaan khusus dari fakultas, yang menganggap karyanya luar biasa luar biasa.


Pada tahun 1963, dengan ahli matematika Marshall Hall sebagai penasihatnya,  ia memperoleh gelar PhD di bidang matematika dari California Institute of Technology, dengan tesis berjudul FiniteSemifields and Projective Planes. Setelah menerima gelar PhD, Knuth bergabung dengan fakultas Caltech sebagai asisten profesor.


Knuth menerima komisi untuk menulis buku tentang penyusun bahasa pemrograman komputer. Saat mengerjakan proyek ini, dia memutuskan bahwa dia tidak dapat membahas topik tersebut secara memadai tanpa terlebih dahulu mengembangkan teori dasar pemrograman komputer, yang menjadi The Art of Computer Programming. Dia awalnya berencana untuk menerbitkan ini sebagai satu buku, tapi saat dia mengembangkan garis besar bukunya, dia menyimpulkan bahwa dia memerlukan enam jilid, dan kemudian tujuh, untuk mencakup subjek secara menyeluruh. Ia menerbitkan volume pertama pada tahun 1968.


Tepat sebelum menerbitkan volume pertama The Art of Computer Programming , Knuth meninggalkan Caltech untuk menerima pekerjaan di Divisi Riset Komunikasi Institut Analisis Pertahanan, yang kemudian berlokasi di kampus Princeton , yang melakukan penelitian matematika di bidang kriptografi untuk mendukung Badan Keamanan Nasional .


Pada tahun 1967, Knuth menghadiri konferensi Masyarakat Matematika Industri dan Terapan dan seseorang bertanya apa yang dia lakukan. Pada saat itu, ilmu komputer dibagi menjadi analisis numerik , kecerdasan buatan, dan bahasa pemrograman. Berdasarkan studinya dan buku The Art of Computer Programming , Knuth memutuskan pada saat seseorang bertanya dia akan menjawab, "Analisis algoritma".


Pada tahun 1969, Knuth meninggalkan posisinya di Princeton untuk bergabung dengan fakultas Universitas Stanford, di mana ia menjadi Profesor Ilmu Komputer Fletcher Jones pada tahun 1977. Ia menjadi Profesor Seni Pemrograman Komputer pada tahun 1990, dan telah menjadi emeritus sejak tahun 1993.


Pada tahun 1995, Knuth menulis kata pengantar untuk buku A=B oleh Marko Petkovšek , Herbert Wilf dan Doron Zeilberger. Ia juga sesekali menyumbangkan teka-teki bahasa ke Word Ways: The Journal of Recreational Linguistics.


Knuth telah mempelajari matematika rekreasional. Dia menyumbangkan artikel ke Journal of Recreational Mathematics mulai tahun 1960an, dan diakui sebagai kontributor utama dalam Mathematics on Vacation karya Joseph Madachy. Knuth juga muncul di sejumlah video Numberphile dan Computerphile di YouTube, di mana dia membahas topik mulai dari menulis Surreal Numbers hingga mengapa dia tidak menggunakan email.


Donald Knuth menerima penghargaan Medali Nasional Sains (National Medal of Science) dan Penghargaan Turing Award, penghargaan tertinggi dalam dunia komputasi. Knuth diakui secara luas sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh di bidang ilmu komputer.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done