California Institute of Technology: Profil, Departemen, dan Rangking - Teras Academy
News Update
Loading...

10/05/2020

California Institute of Technology: Profil, Departemen, dan Rangking

 

Caltech Campus

California Institute of Technology (Caltech) adalah universitas riset terletak di Pasadena, California AS, didirikan oleh Amos G Throop pada tahun 1891 awalnya sebagai sekolah persiapan untuk sekolah kejuruhan.


Caltech adalah perguruan tinggi terkemuka di AS dan secara global yang banyak melahirkan para ilmuwan dan nobel laurate.Perguruan teknik ini secara konsisten masuk ke dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik dunia.


Berikut profil perguruan tinggi California Instiute of Technology(Caltech)

Bagian 1: Sejarah Caltech

_________________________________________________________________________

Caltech

Caltech berawal dari sekolah kejuruan yang didirikan di Pasadena pada tahun 1891 oleh seorang pengusaha serta politisi, Amos G Throop. Sekolah kemudian berganti menjadi Throop University/Throop Pholitechnic. Sekolah kejuruan dibuarkan, sebagai gantinya dibentuk sekolah politeknik yang independen pada tahun 1907.


Pada saar penelitian ilmiah mulai berkembang di AS, George Ellery Hale, astronom Universitas Chicago mendirikan Observatorium Mount Wilson pada tahun 1904. Ia bergabung dengan dewan pengawas Throop pada tahun 1907, mulai mengembangkan Pasadena menjadi tujuan ilmiah. Ia juga menunjuk Jamse AB Scheree sebagai administrator serta membujuk Charles W Gates untuk memberikan donasi bagi intitusi –berdirilah Laboratorium Gates, gedung sains pertama di kampus.


Pada tahun yang sama, muncul RUU Badan Legislatif California yang menyerukan pembentukan “Institut Teknologi California” yang di danai publik. Rencana awal menawarkan institute ke negara bagian, namun presiden Universitas Stanford dan California University berhasil melobi untuk membatalkan. Jadilah institute berdiri mandiri.


Throop berjanji membawa para ilmuwan ke kampus, seperti ahli kimia fisik Arthur Amos Noyes dari MIT, membantu mengembangkan institusi serta mendirikan pusat sains dan teknologi. Noyes adalah seorang ahli kimia serta inventor MIT. Ia menerima gelar Ph.D pada tahun 1890 dari Universitas Leipzig di bawah bimbingan Wilhelm Ostwald.


Selain itu, ia juga berhasil menarik fisikawan eksperimental Robert Andrews Millikan dari Universitas Chicago pada tahun 1917. Throop bersama dengan Hale, Noyes dan Milikan berkolaborasi mengembangkan Caltech. Pada tahun 1923, Milikan mendapatkan hadian Nobel Fisika. Dua tahun kemudian, sekolah mendirikan departemen geologi dan mempekerjakan William Bennet Munro, yang saat itu menjabat sebagai ketua divisi di Harvard University, untuk membuat divisi ilmu humanora dan sosial.


Pada tahun 1928, divisi Biologi didirikan di bawah kepemimpinan Thomas Hunt Morgan, ahli iologi AS, dan penemu peran gen dan kromosom dalam proses keturunan. Dua tahun sebelumnya, sekolah auronautika didirikan, menarik Theodore von Karman. Karman kemudian membantu menciptakan Jet Propulsion Laboratory, dan memainkan peran penting dalam perkembangan Caltech sebagai pusat ilmu roket dunia.


Milikan mengundang beberapa ilmuwan penting ke kampus seperti Paul Dirac, Erwin Schrodinger, Werner Heisenberg, Hendrik Lorentz dan Niels Bohr. Albert Einstein tiba di Caltech untuk pertama kalinya pada tahun 1931, dan dia kembali ke Caltech sebagai professor tamu pada tahun 1932.

Bagian 2: Fakultas dan Departemen

_________________________________________________________________________

Caltech

Terdapat 6 Divisi: Biology & Biological Engineering, Chemistry & Chemical Engineering, Engineering & Aplied Science, Geological & Planetary Science, Humanities & Social Science, dan Physics, Mathematics & Astronomy.


Masing-masing divisi menyelenggarakan program sarjana, pascasarjana hingga postdoctoral. Selain itu juga ada program shortcourse atau training singkat.

__________________________________________________________________________

Divisi Biology & Biological Engineering

Caltech memiliki tradisi yang kuat dalam biologi sejak dimulainya Institut dan Thomas Hunt Morgan. Mahasiswa yang tertarik pada biologi di Caltech memiliki pilihan tambahan untuk jurusan biologi yang luas yang mencakup studi terfokus dalam bioteknologi dan komputasi serta sistem saraf.


Biology

Jurusan Biologi di Caltech membangun fondasi yang kuat dari genetika molekuler, biologi sel, biologi sistem, dan biokimia, kemudian menggunakan fondasi ini untuk menjelaskan proses kompleks yang memberikan sifat sistem kehidupan. Program Biology di Caltech mengungkapkan bagaimana mekanisme ini mengatur perkembangan embrio dan sel induk, bagaimana virus bereplikasi, bagaimana respon imun melawan patogen, sifat dan interaksi aktivitas saraf, prinsip fungsi otak, dan perilaku.


Selain itu, penerapan metode, konsep, dan pendekatan matematika, fisika, kimia, dan ilmu informasi modern memberikan pendekatan baru yang semakin memperkaya pemahaman tentang bidang-bidang ini. Program ini melengkapi ahli biologi eksperimental dan komputasi untuk menemukan peluang kerja yang menantang di banyak bidang penelitian dasar serta dalam kedokteran dan bioteknologi.


Bioengineering

Kurikulum bioengineering berfokus pada dua tujuan utama: 1) Rekayasa sistem dan fungsi biologi baru, dan 2) Menerapkan prinsip-prinsip teknik untuk mempelajari prinsip-prinsip desain biologis. Kurikulum memberikan siswa landasan yang kuat dalam prinsip-prinsip teknik, bioteknologi, dan dasar-dasar dari ilmu biologi melalui kursus tentang biologi sel fisik, biologi sistem, teknik biomolekuler, desain biodevice, dan biologi sintetis. Sarjana bioteknologi sangat dianjurkan untuk melakukan penelitian di laboratorium kampus.


Siswa lulus dengan dasar eksperimental dan komputasi yang kuat untuk karir atau studi lebih lanjut dalam bioteknologi, bioteknologi, biomedis, analisis data biologis, dan alam semesta yang berkembang dari disiplin ilmu dan industri terkait biologi.


Computation and Neural Systems

Tujuan dari program Computation and Neural Systems (CNS) adalah untuk memahami otak secara komputasi dan untuk menarik inspirasi dari biologi untuk merancang mesin cerdas otonom. Tema pemersatu dari program ini adalah studi tentang hubungan antara struktur fisik sistem komputasi (perangkat keras sintetis atau alami), dinamika operasinya dan interaksinya dengan lingkungan, dan komputasi yang dilakukannya.


Bidang minat termasuk pengkodean dan komputasi dalam jaringan neuron, sistem sensorik (penglihatan, audisi, penciuman), pembelajaran dan memori, kontrol dan perilaku motorik, serta perencanaan dan pengambilan keputusan.


Biology Minor

Jurusan biologi dimaksudkan untuk melengkapi salah satu gelar sarjana Caltech. Ini dirancang untuk siswa yang ingin memperluas studi mereka di luar jurusan mereka untuk memasukkan biologi, baik mempelajari kimia atau ilmu komputer, geologi atau fisika, atau jurusan lainnya.


Pascasarjana

Sedangkan untuk program pascasarjana (MS-Ph.D) tersedia beberapa jurusan: Biology, Bioengineering, Computation and Neural Systems, Biochemestry & Molecular Biophysics, dan Geobiology.


Postdoctoral

Divisi Biologi dan Teknik Biologi adalah rumah bagi lebih dari 150 sarjana postdoctoral aktif. Para sarjana ini, atau "postdocs", adalah individu yang telah menyelesaikan tingkat pencapaian akademis tertinggi di bidangnya — MD atau PhD — dan mengejar program penelitian dan pelatihan di bawah arahan seorang anggota fakultas di bidang biologi atau teknik biologi. Setiap postdoc memainkan peran penting dalam memajukan penelitian dan memberikan wawasan baru ke dalam beragam topik dan sub spesialisasi, dan dengan demikian dipilih dan diangkat dengan cermat ke posisi atas rekomendasi dari sponsor fakultas.


Saat ini Divisi Biology dipimpin oleh Profesor David C Chan. Profesor Chen mendapatkan gelar AB Harvard College, MD Harvard Medical School, lulus pada tahun 1996. Dia pernah menjadi peneliti HHMI antara tahun 2008-2014.

_________________________________________________________________________

Division of Chemistry and Chemical Engineering

Kimia di Caltech mendalami tradisi keunggulan yang dilahirkan oleh alumni sebelumnya: Linus Pauling, dianugerahi Hadiah Nobel pada tahun 1954, merevolusi bidang ini dengan wawasannya tentang sifat ikatan kimia; Edwin McMillan (MS '29; PhD '32, Princeton) berbagi Hadiah Nobel Kimia tahun 1951 untuk penemuan kode neptunium, unsur pertama yang diketahui lebih berat dari uranium; dan William Lipscomb (PhD '46) memenangkan Hadiah Nobel tahun 1976 di bidang Kimia untuk pekerjaan fundamental pada ikatan kimia untuk studinya tentang struktur boran. 


Arnold Beckman (PhD '28) menemukan pengukur pH dan instrumen revolusioner lainnya yang mengarah pada penemuan baru dalam biokimia dan kedokteran, mendirikan Beckman Instruments dan Shockley Semiconductor Laboratory — perusahaan transistor silikon pertama, yang dibentuk pada tahun 1955.


Divisi ini terdapat dua subyek ilmu, yakni ilmu kimia dan teknik kimia. Ada program sarjana dan pasca sarjana.


Program Sarjana

  • BS Chemistry
  • BS Chemical Engineering

Pascsarjana

  • MS-Ph.D Chemsitry
  • MS-Ph.D Chemical Engineering
  • MS-Ph.D Biochemistry and Molecular Biophysics


Sedangkan untuk program pascasarjana di CCE memberi siswa pelatihan pendidikan dan pengalaman penelitian yang diperlukan untuk mencapai gelar PhD. (Dalam keadaan khusus, gelar master sains dapat diberikan.)


Mahasiswa dapat memilih salah satu dari tiga program gelar berikut:

  • Program Kimia dirancang untuk memberikan siswa pelatihan akademik dan pengalaman penelitian dalam fisika kimia, kimia organik, kimia anorganik, elektrokimia, kimia organometalik, dan biokimia dan biofisika molekuler.
  • Program di Teknik Kimia melatih siswa untuk menerapkan matematika, teknik, dan ilmu fisika, kimia, dan biologi untuk menumbuhkan pemahaman mereka tentang sistem yang melibatkan reaksi kimia dan fenomena transportasi dan untuk menerapkan pengetahuan mereka pada pengembangan proses dan material kimia baru.
  • Program Biokimia dan Biofisika Molekuler adalah pilihan interdisipliner yang dijalankan dalam koordinasi dengan Divisi Biologi dan Teknik Biologi. Peluang kurikulum dan penelitiannya dirancang untuk memberi siswa latar belakang yang luas dalam biokimia dan biofisika makromolekul dan kumpulan molekul.


Saat ini diviis ini dipimpin oleh Dennis A Dougherty. Dennis A Dougherty adalah Profesor George Grant Hoag California Institute of Technology. Dougherty menerima gelar BS dan MS dari Universitas Bucknell, dan Ph.D dari Universitas Princenton di bawah pengawasan Kurt Mislow. Ia menjalani pascadoktoral di Laboratorium Jerome Berson, Yale University.

___________________________________________________________________

Divisi Engineering and Applied Science  (EAS)

Divisi Teknik dan Sains Terapan, menyediakan rumah bagi siswa dan sarjana pasca-doktoral paling menjanjikan, yang masing-masing memiliki akses ke sumber daya pendidikan terkenal di dunia, serta peluang yang tak tertandingi untuk baik penelitian dasar maupun terapan. Fakultas ini menyediakan jaringan peneliti yang saling terhubung yang menciptakan garis depan sains dan teknik modern. Hubungan erat dengan Jet Propulsion Laboratory (JPL) semakin meningkatkan Divisi ini sebagai pemimpin dalam pendidikan teknik.


Divisi Engineering and Applied Science (EAS) mengelola beberapa departemen. Masing-masing departemen menyelenggarakan program sarjana dan pascasarjana.


  • Departement Aerospace
  • Andre and Peggy Chern Departemen of Medical Engineering
  • Applied Physics and Materials Science
  • Computing and Mathematical Sciences
  • Electrical Engineering
  • Environmental Science and Engineering
  • Mechanical and Civil Engineering

Divisi Engineering and Applied Science (EAS) saat ini dipimpin oleh Guruswami Ravichandran, John E Goode, Jr Professor of Aerospace and Mechanical Engineering. Guruswani mendapatkan gelar BE dari Madras University, MSc dalam ilmumaterial dari Brown University, Master Applied Mathematics dan Ph.D dari Paul Verlaine University.

___________________________________________________________________

Divisi Geological and Planetary Sciences (GPS)

Dalam divisi ini, mahasiswa mempelajari bumi dan planet lain untuk memahami asal-usul, komposisi, dan perkembangannya. Pendekatan mereka terhadap masalah ini sangat bergantung pada sains fundamental dan pada kolaborasi interdisipliner dengan kolega dari seluruh Caltech, serta di Survei Geologi AS dan Laboratorium Propulsi Jet.


Integrasi GPS yang mulus dari ilmu bumi dan planet dalam satu divisi memberikan perspektif unik tentang dunia kita dan alam semesta kita, memberikan kesempatan kepada para peneliti untuk menerapkan pelajaran yang didapat dari masa lalu geologis bumi ke studi planet lain di seluruh tata surya, dan sebaliknya.


Sejak dimulainya divisi ini pada tahun 1926, para peneliti dan pengajarnya telah bekerja di garis depan bidang mereka, membentuk cara kita memandang dan berinteraksi dengan dunia kita serta dengan dunia lain. Pekerjaan mereka telah menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang subjek mulai dari mekanika dan analisis gempa hingga penanggalan geologi dan sejarah, ilmu iklim, fisika atmosfer, dan asal mula permukaan dan atmosfer planet, di antara area lainnya.


Saat ini, GPS menawarkan program studi:

  • Environmental science and engineering
  • Geobiology
  • Geochemistry
  • Geology
  • Geophysics, and planetary science

___________________________________________________________________

Divisi Humanities and Social Sciences (HSS)

Divisi Humaniora dan Ilmu Sosial (HSS) berfokus pada pemahaman pengalaman manusia — dari evolusi budaya dan institusi hingga perilaku sosial, politik, dan ekonomi, dari produk imajinasi hingga dasar-dasar konseptual sains.


Dengan komitmen yang sama untuk analisis ketat yang mencakup semua disiplin ilmu di Caltech, peneliti HSS menerapkan metodologi mutakhir untuk memperdalam pengetahuan dan pemahaman kita tentang dunia kita.


Hampir 100 fakultas, dosen, dan sarjana tamu di divisi ini memiliki komitmen yang kuat untuk pengajaran dan penelitian tingkat tertinggi di bidang humaniora dan ilmu sosial. HSS menawarkan pilihan sarjana (setara dengan jurusan Caltech) di bidang Bisnis, Ekonomi, dan Manajemen; Inggris; Ekonomi; Sejarah; Sejarah dan Filsafat Ilmu; Filsafat; dan Ilmu Politik. Penawaran kursus tambahan berkisar dari sejarah seni, penulisan kreatif, studi film, dan sejarah musik dan teori hingga antropologi, hukum, dan psikologi. Mahasiswa pascasarjana dapat mengejar gelar doktor baik dalam Ilmu Sosial atau Ilmu Saraf Perilaku dan Sosial.


Saat ini HSS dipimpin oleh Dean Mobbs, Professor of Cognitive Neuroscience. Mobbs mendapatkan gelar BS dari University of Birmingham, dan Ph.D dari University College London. Mobbs memulai karir di Caltech dengan menjadi asisten Profesor di tahun 2016.

___________________________________________________________________

Divisi Physics, Mathematics and Astronomy (PMA)

Divisi ini mengelola tiga departemen, yaknik Departemen Fisika, Matematika dan Astronomi. Masing-masing departemen menyelenggarakan program sarjana, pascasarjana hingga postdoctoral. Departemen Fisika dipimpin oleh Profesor Alan J Weinstein, sedangkan Departemen Matematika dipimpin oleh Profesor Eric Michael Rains.


Bagian 3: Seleksi, Pendaftaran dan Bantuan Finansial

_________________________________________________________________________

Caltech

Setiap tahun Caltech menerima aplikasi sekitar delapan ribuan, namun yang diterima hanya berkisar 6,6% atau sekitar 200-250 orang. Tingkat seleksi Caltech sangat ketat sekali dan membutuhkan nilai ujian tertinggi. 50% lebih skor SAT untuk mahasiswa baru yang mendaftar untuk kelas 2023 adalah 740-780 untuk membaca dan menulis, 790-800 untuk matematika. Untuk SAT Fisika berkisar 760-800, tes subyek kimia SAT 760-800, Biologi SAT 760-800.


Biaya hidup tahuhan kuliah di Caltech berkisar $ 58,755. Full selama 4 tahun sekitar $77, 718. Biaya kuliah di Caltech lebih mahal bila dibandingkan di MIT. Kampus meyediakan bantuan beasiswa dan bantuan keuangan.


Secara umum, sebagian besar mahasiswa pascasarjana di Caltech menerima dana penuh untuk pendidikan pascasarjana mereka. Faktanya, semua mahasiswa doktoral memiliki dukungan finansial penuh dalam bentuk fellowship internal atau eksternal, asisten penelitian, asisten pengajar, atau beberapa kombinasi dari fellowship dan dukungan asisten. Dalam kebanyakan kasus, bantuan keuangan diberikan setiap tahun, dan bergantung pada kemajuan akademis yang memuaskan. Aplikasi terpisah untuk meminta bantuan keuangan tidak diperlukan.


Rata-rata, lebih dari 98% mahasiswa pascasarjana ditawarkan masuk di Caltech yang ditawarkan paket dukungan keuangan berbasis prestasi yang membayar semua biaya sekolah dan memberi mereka tunjangan. Satu-satunya pengecualian utama adalah kasus siswa dalam program master terminal, yang dalam banyak kasus mandiri atau memiliki sponsor keuangan. Para siswa ini harus mengacu pada informasi tentang pembiayaan pendidikan pascasarjana.


Bantuan finansial bisa cek di sini

Anda bisa juga kuliah di Caltech melalui beasiswa LPDP


Beasiswa LPDP

Bagian 4: Peringkat Global

_________________________________________________________________________

Caltech

Times Higher Education menempatkan Caltech eringkat ke-4 dibawah Oxford, Stanford, dan Harvard. Unggul satu tingkat dari MIT. Sedangkan versi QS Word Rangking, Caltech juga menempati peringkat ke-4 secara global, di bawah MIT, Harvard dan Stanford.


Peringkat menurut subyek secara global

  • Biologi & Kimia (29)
  • Kimia (9)
  • Teknik (52)
  • Geosciences (1)
  • Ilmu Material (57)
  • Matematika (80)
  • Biologi & Genetika Molekuler (57)
  • Fisika (6)
  • Astronomy (1)

Bagian 5: Laboratorium dan Lembaga Riset

_________________________________________________________________________

Nasa Jet Propulsion Laboratory

Caltech mengelola beberapa laboratorium besar serta lembaga penelitian


Nasa Jet Propulsion Laboratory

Caltech adalah rumah dari laboratorium luar angkasa terkemuka dunia, The Jet Propulsion Laboratory (JPL), didirikan pada tahun 1930an. Fungsi utama dari laboratorium adalah sebagai pusat pengembangan dan pengoperasian pesawat ruang angkasa robotic, juga bertanggung jawab untuk operasional Deep Space Network NASA. JPL telah melakukan banyak misi, termasuk misi penjelajahan ke Mars, pengembangan teleskop sinar-X NuSTAR, dan satelit SMAP untuk pemantauan kelembaban tanah permukaan bumi, serta Teleskop luar angkasa Spitzer. Saat ini JPL dikemudikan oleh Profesor Michael M Watkins, insinyur dan ilmuwan Amerika. Watkins meraih gelar sarjana, master dan Ph.D bidang kedirgantaraan dari University of Texas Austin.


Walter Burke Institute for Theoretical Physics

The Walter Burke Institut for Theoritical Physics adalah pusat riset yang memfokuskan pada energy tinggi, fisika benda terkondensasi, astrofisika, relativitas umum, dan kosmologi. Didirikan pada tahun 2014 dengan hibah dari Sherman Fairchild Foundation. Hirosi Ooguri, seorang ahli fisika teori string menjadi direktur. Ooguri mengenyam pendidikan di Universitas Tokyo, kemudian pergi ke Institute for Advanced Study (IAS). Hirosi Ooguri adalah Profesor Fisika Teoritis dan Matematika Fred Kavli.


Observatorium Palomar

Observatorium Palomar adalah observatorium astronomi yang terletak di San Diego, California Amerika Serikat, sekaligus menjadi mitra dari Jet Propulsion Laboratorry (JPL) dan Cornell University.  Observatorium ini didirikan oleh George Ellery Hale, Astronom Amerika yang dikenal karena penemuan medan magnet bintik matahari. Hale juga salah satu tokoh dibalik pendirian Caltech. Hale mengenyam pendidikan di MIT, dan Harvard College Observatory.

Bagian 6: Alumni Terkemuka

_________________________________________________________________________

Caltech Alum

Caltech meskipun kampus tidak sebesar MIT atau Princenton, namun institusi ini termasuk menghasilkan ilmuwan dan engineering terkenal dengan pelbagai bidang. 15 anggota fakultas telah memenangkan hadiah nobel, Turing Award dan lainnya memenangkan hadiah Fields Medal.


Nobelis

  • Carl D Anderson
  • Edwin McMillan
  • Leo James Rainwater
  • Douglas D Osheroff
  • William Schockley
  • Richard Feynman
  • Murray Gell Mann
  • Robert Andrews Millikan
  • H David Politzer

Matematikawan & Ilmuwan Komputer

  • Donald Knuth
  • Bruce Reznick
  • Narendra Karmarkar
  • Arnold Beckman
  • Sherman Fairchild
  • Gordon E Moore
  • Barry Simon
  • Linus Pauling
  • David Baltimore

Saat ini Presiden Caltech dipimpin oleh Thomas Felix Rosenbaum. Rosenbaum adalah fisikawan Amerika, menjadi Presiden Caltech mulai tahun 2013. Sebelumnya Rosenbaum adalah Rektor Universitas Chicago, Wakil Presiden untuk Riset di Argonne National Laboratory. Ia mendapatkan gelar sarjana dalam bidang Fisika dengan pujian dari Harvard, dan Ph.D dalam ilmu Fisika dari Universitas Princenton pada tahun 1982.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done