Profil dan 10 Nasehat Terbaik dari John Doerr - Teras Academy
News Update
Loading...

4/02/2023

Profil dan 10 Nasehat Terbaik dari John Doerr

 

Sumber:fortune

Serasa tidak asing ditelingan kita ketika mendengar John Doerr. Namanya bertebaran dunia startup, disaat yang sama kita mendengar namanya yang diabadikan dalam material grafis dunia maya.

 

L John Doerr adalah seorang investor Kleiner Perkins, Menlo Park, California dan penulis buku implementasi OKR, Measure What Matters. Pada tahun 2017, Forbes menobatkan dia sebagai orang terkaya di bidang teknologi ke-40. Doerr memperoleh gelar BS dan MEE bidang teknik elektro dari Rice University dan MBA dari Harvard Business School pada tahun 1976.

 

Doerr pada tahun 1974 bergabung dengan Andy Grove di Intel yang pada saat itu mengembangkan mikrosesor 8080 8-bit. Saat pertama bergabung, ia menjadi tenaga penjualan yang sukses. Setelah dari Intel, dia bergabung dengan KleinerPerkins. Sejak itu Doerr mengarahkan modal ventura ke perusahaan teknologi, seperti Compaq, Netscape, Sun Microsystems, drugstore.com, Amazon, intuit, Macromedia, dan Google. Dia juga pendukung sosok Larry Page, Sergey Brin, Eric Schmidt di Google; Jeff Bezos dari Amazon, dan Bill Campbell dari Intuit.

 

Rekam Jejak Doerr

 

Doerr memimpin proyek penelitian sel punca di California, bernama Proposition 71. Dia mengadvokasi inovasi dalam teknologi clean energy dan memerangi perubahan iklim, dan membicarakannya dalam konferensi TED. Pada tahun 2008 bersama Steve Jobs mengumumkan Kleiner Perkins membuat pendanaan iFund, sebesar $100 juta –menjadikan iFund kmpulan investasi terbesar dalam industri ponsel di dunia.

 

Pada tahun 2012, bersama dengan dewan Google, Tradesy, ASAPP dan Zynga memimpin investasi sebesar $150 juta di Twitter. Pada tahun 2013 ia berinvestasi di DreamBox, mendanai investasi awal Bloom Energy Inc dan pendukung perusahaan pendidikan Remind.

 

Banyak penghargaan telah dia sematkan. Pada tahun 1997, Doerr dinobatkan sebagai Distinguished alumny, Rice University. Pada tahun 2009, ia dinobatkan sebagai anggota akademi Seni dan Sains Amerika. Pada tahun 2019, menerima Golden Plate Award dari American Academy of Achievement. Pada tahun 2022, bersama dengan istrinya menyumbangkan sebesar $1,1 miliar kepada Universitas Stanford. Doerr juga anggota Dewan Penasehat Khan Academy.

 

Saya telah mengutip 10 Nasehat berharga dari John Doerr;

1#. Ideas are easy. Execution is everyting. It taes a team to win

Bagi Doerr, membuat ide itu mudah. Terpenting adalah bagaimana mengekseskusinya, itu dibutuhkan tim yang selalu mempunyai cita-cita besar meraih kesuksesan (menang).

 

2#. Your biggest challenge will be building a great team

Tantangan terbesar dalam bisnis maupun organisasi adalah membangun tim yang hebat.

 

3#. If the reason you’re taking on a mission is for the money you’ll make, ia belive you’ll fail.

Organisasi besar dalam membangun misi tidak dimulai dengan keuntungan materi (uang). Mereka membangun pondasi dengan bagaimana bisa memberikan sebuah value yang bermanfaat kepada masyaakat. Jika Anda memulai dari uang, maka Anda akan mengalami kegagalan.

 

4#. Act Now.Act with speed

Bagaimana memulai sebuah rencana? Jawabannya adalah bertindaklah sekarang, dan lakukan dengan cepat.

 

5#. Entrepreneurs do more than anyone thinks possible, with less than anyone thinks possible.

Belajar dari para pengusaha, mereka mungkin melakukan lebih dari yang mereka pikirkan pada umumnya.

 

6#. You have to have great design to be competitive in today’s markets.

Menurut Doerr, agar sebuah produk bisa memenangkan pasar, Anda harus mendesain produk tersebut menjadi hebat, sesuai dengan kebutuhan pasar.

 

7#. Well, there are more writes of blogs right now than there are readers, so that’s clearly a vanity phenomenon.

Jika Anda saat ini suka menulis blog, namun tidak menyukai membaca bagi Doerr itu adalah sebuah kesombongan.

 

8#. Change the way we teach; empore teachers

Salah satu cara kita mengubah bagaimana cara mengajar diantaranya dengan memebrdayakan guru.

 

9#. There’s this large trend -  think the next trend in the web, sort of web 2.0 – which is to have users really express, offer, and market their own content, their own persona, their identity.

Menurut Doerr, tren web 2.0 membuat pengguna bisa mengekspresikan, menawarkan, dan memasarkan konten mereka sendiri, kepribadian, dan identitas mereka.

 

10#. There’s never been a better time than now to start or accelerate a greentech venture.

Usaha teknologi yang lagi tren dan harus dipercepat menurut Doerr adalah teknologi ramah lingkungan.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done