Arthur Samuel: Ilmuwan IBM Pioner Gaming Komputer dan Machien Learning - Teras Academy
News Update
Loading...

1/26/2024

Arthur Samuel: Ilmuwan IBM Pioner Gaming Komputer dan Machien Learning

 

Sumber:udemy

Arthur Samuel adalah seorang ilmuwan komputer dan ahli kecerdasan buatan yang lahir pada 5 Agustus 1901 dan meninggal pada 29 Juli 1990. Ia dikenal sebagai salah satu tokoh penting dalam sejarah kecerdasan buatan dan pembuat istilah "machine learning" (pembelajaran mesin). Samuel memperkenalkan konsep pembelajaran mesin pada tahun 1959 melalui sebuah artikel berjudul "Some Studies in Machine Learning Using the Game of Checkers" di mana ia menjelaskan bagaimana komputer dapat belajar untuk bermain dam dengan meningkatkan kinerjanya seiring berjalannya waktu.

Istilah "machine learning" sendiri mengacu pada kemampuan komputer untuk belajar dari pengalaman atau data, tanpa harus secara eksplisit diprogram. Kontribusi Arthur Samuel dalam bidang ini telah membuka jalan bagi pengembangan teknologi pembelajaran mesin yang kita kenal saat ini.


Arthur Samuel lahir pada tanggal 5 Desember 1901, di Emporia, Kansas. Ia mengenyam Pendidikan di College of Emporia di Kansas pada tahun 1923 kemudian menerima gelar master di bidang Teknik Elektro dari MIT pada tahun 1926, dan mengajar selama dua tahun sebagai instruktur.


Pada tahun 1928, dia bergabung dengan Bell Laboratories, di sana dia sebagian besar bekerja pada tabung vakum, termasuk dalam membangun inovasi dan perbaikan radar selama Perang Dunia II. Ia mengembangkan saklar pemancar-penerima pelepasan gas (tabung TR) yang memungkinkan satu antena digunakan untuk transmisi.


Setelah perang ia pindah ke Universitas Illinois di Urbana–Champaign , tempat ia memprakarsai proyek ILLIAC, namun keluar sebelum komputer pertamanya selesai dibangun. Samuel pergi ke IBM di Poughkeepsie, New York , pada tahun 1949, di mana dia menyusun dan melaksanakan pekerjaannya yang paling sukses. Dia dikreditkan dengan salah satu inovasi tabel hash perangkat lunak pertama , dan mempengaruhi penelitian awal dalam penggunaan transistor untuk komputer di IBM.


Di IBM ia membuat program pemeriksa pertama pada komputer komersial pertama IBM, IBM 701. Program ini merupakan demonstrasi sensasional atas kemajuan dalam perangkat keras dan pemrograman terampil dan menyebabkan saham IBM meningkat 15 poin dalam semalam. Pemrograman non-numerik perintisnya membantu membentuk kumpulan instruksi prosesor, karena ia adalah salah satu orang pertama yang bekerja dengan komputer pada proyek selain komputasi. Ia dikenal karena menulis artikel yang membuat subjek kompleks mudah dipahami. Dia terpilih untuk menulis pengantar salah satu jurnal paling awal yang ditujukan untuk komputasi pada tahun 1953.


Samuel paling dikenal dalam komunitas AI karena karyanya yang inovatif dalam pemeriksa komputer pada tahun 1959, dan penelitian penting tentang pembelajaran mesin, dimulai pada tahun 1949. Dia percaya mengajarkan komputer untuk bermain game sangat bermanfaat untuk mengembangkan taktik yang sesuai dengan masalah umum, dan dia memilih catur karena relatif sederhana namun memiliki strategi yang mendalam.


Penggerak utama mesin ini adalah pohon pencarian posisi papan yang dapat dijangkau dari kondisi saat ini. Karena jumlah memori komputer yang dimilikinya sangat terbatas, Samuel menerapkan apa yang sekarang disebut pemangkasan alfa-beta . Alih-alih mencari setiap jalur hingga sampai pada kesimpulan permainan, Samuel mengembangkan fungsi penilaian berdasarkan posisi papan pada waktu tertentu. Fungsi ini mencoba mengukur peluang menang masing-masing pihak pada posisi tertentu.


 Ini memperhitungkan hal-hal seperti jumlah bidak di setiap sisi, jumlah raja, dan kedekatan bidak dengan “raja”. Program memilih langkahnya berdasarkan strategi minimax , artinya program tersebut membuat langkah yang mengoptimalkan nilai fungsi ini, dengan asumsi bahwa lawan mencoba mengoptimalkan nilai fungsi yang sama dari sudut pandangnya.


Samuel juga merancang berbagai mekanisme agar programnya menjadi lebih baik. Dalam apa yang disebut pembelajaran hafalan , program mengingat setiap posisi yang telah dilihatnya, bersama dengan nilai terminal dari fungsi penghargaan. Teknik ini secara efektif memperluas kedalaman pencarian pada masing-masing posisi tersebut. Program Samuel selanjutnya mengevaluasi kembali fungsi penghargaan berdasarkan masukan dari permainan profesional. Dia juga menyuruhnya memainkan ribuan permainan melawan dirinya sendiri sebagai cara lain untuk belajar. Dengan semua pekerjaan ini, program Samuel mencapai status amatir yang terhormat, dan menjadi orang pertama yang memainkan permainan papan pada level setinggi ini. Dia terus mengerjakan catur hingga pertengahan tahun 1970-an, pada saat itu programnya mencapai keterampilan yang cukup untuk menantang seorang amatir yang terhormat


Pada tahun 1966, setelah lama bekerja di IBM ia menjadi profesor di Universitas Stanford, tempat dia bekerja selama sisa hidupnya. Dia bekerja dengan Donald Knuth pada proyek TeX , termasuk menulis beberapa dokumentasi. Dia terus menulis perangkat lunak setelah ulang tahunnya yang ke-88.  Ia dianugerahi Computer Pioneer Award oleh IEEE Computer Society pada tahun 1987

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done