10 Buku Pengembangan Diri Terbaik yang Harus di Baca Guru - Teras Academy
News Update
Loading...

2/08/2023

10 Buku Pengembangan Diri Terbaik yang Harus di Baca Guru

 

10 Buku Pengembangan Diri Terbaik yang Harus di Baca Guru

Tugas utama seorang pendidik selain mengajar, membimbing, mengarahkan, dan mengevaluasi. Diluar itu seorang guru mempunyai peran profesional yang ditunjukan dengan melaksanakan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang meliputi pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.


Mewujudkan ketiga komponen tersebut tidak muda. Diperlukan kemampuan atau skill khusus yang tidak bisa didapat dari bangku perkuliahan, program diklat, sertifikasi atau dalam textbook pedagogi. Kemampuan khusus tersebut biasa dikenal dengan soft skill.


Soft skill dapat diperoleh dari membaca buku, seperti buku-buku dengan topik pengembangan diri. Saya telah menulis 10 buku pengembangan diri terbaik yang harus di baca Guru.

1#. Mindset



Mindset merupakan salah satu mahakarya dari Carol S Dweck. Buku ini berisi tentang konsep pertumbuhan diri yang dimulai dari sebuah penataan pola pikir, atau mindset. Menurut Dweck, kesuksesan tak hanya bakat atau kecerdasan serta usaha. Cara memandang diri seseorang, dunia amat berperan. Kunci kesuksesan dalam segala kehidupan adalah berpikir sehat. Alih-alih menyalahkan diri sendiri, atau keadaan, mereka lebih menekankan pada proses belajar.


“Buku ini menjelaskan dengan gamblang bagaimana keyakinan atas kemampuan yang kita miliki amat berpengaruh terhadap cara kita belajar dan menentukan pilihan di dalam kehidupan” –Bill Gates

Dweck dalam buku ini akan membantu Anda membangun Growth Mindset. Growth Mindset adalah pola pikir seseorang yang memahami bahwa kemampuan atau bakat yang dimiliki sejak kecil, dapat berkembang melalui kerja keras atau dedikasi dan proses belajar. Carol S Dweck adalah Profesor Psikologi Lewis & Virginia Eaton di Stanford University. Pernah mengajar di Columbia University, Illinois University, dan Harvard sebelum mengajar di Stanford pada tahun 2004.


Buku Mindset telah menjadi topseller di amazon.com selama sepuluh tahun lebih dan terjual jutaan copy di seluruh dunia.

 

2#. Creative Hack

Buku Creative Hack

Creative Hack membongkar kreativitas sampai ke akar-akarnya. Dalam buku ini termuat bagaimana pendidikan dan sekolah mempunyai peran yang sangat signifikan dalam mengembangkan kreativitas. Kemudian penulis menawarkan beberapa tools  yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas individu, seperti: Design Thinking, Mind Map, dan Design Sprint.


Kreativitas adalah bahan bakar perubahan (inovasi). Individu sekelas dokter Gamal, Salman Khan  atau organisasi Rumah Perubahan, IDEO, Google menjadi telah menjadi rumah produksi inovasi. Bagaimana kita agar bisa menjadi institusi maupun pribadi kita menjadi kreatif? Buku karya PuguhSudarminto ini bisa menjadi referensi.


3#. The Power Habit

Habit merupakan sebuah kebiasaan, suatu aktivitas yang dilakukan berulang kali sehingga tanpa sadar akan menjadi rutinitas sehari-hari. Habit sangat diperlukan dalam membangun sebuah produktivitas seseorang, termasuk produktivitas guru. Membangun sebuah kebiasaan tidaklah mudah, The Power Habit karya Charles Duhigg akan membantu Anda dalam mewujudkan kebiasaan.


Charles Duhigg, adalah seorang jurnalis The New York Times. Ia mengenyam pendidikan dari Yale University, dan memperoleh gelar Master of Business Administration Harvard University. The Power Habit karyanya telah menjadi buku best seller versi The New York Times, Amazon.com, dan USA Today.


Kunci utama dalam membangun kebiasaan dalam konsep Duhigg adalah Habit Loop, pola neurologis yang mengatur kebiasaan apapun yang terdiri dari tiga eleman: isyarat, rutinistas, dan reward. Memahami komponen-komponen tersebut dapat membantu dalam memahami bagaimana mengubah kebiasaan buruk atau membentuk kebiasaan baik.


Isyarat adalah pemicu (misalnya iklat TV, emosi, ata urutan pikiran) yang memberitahu otak Anda untuk masuk ke mode otomatis, menggunakan kebiasaan tertent. Rutinitas seperti merasa kesal, -dapat bersifat mental, emosional, atau fisik. Dan reward dapat menghasilkan sensai fisik atau perasaan positif yang dapat menentukan apakah Anda akan mengingat lingkaran umpan balik di masa yang akan datang.

 

4#. Start With Why

Orang-orang besar seperti Bill Gates, Martin Luther King Jr, hingga Steve Jobs dengan kegigihannya mampu mewujudkan impian besar mereka. Gates telah menghasilkan Microsoft, Jobs dengan Applenya dan Luther King yang terus memperjuangan hak-hak asasi manusia. Start With Why menguraikan sebab musabab orang-orang dan organisasi besar bisa mewujududkan visi atau tujuan –salah satu keberhasilan mereka karena mereka menemukan sebuah alasan dalam terminologi sang penulis Simon Sinex, disebut dengan Start Wth Why.


Simon Oliver Sinek, seorang penulis dan pembincara Amerika kelahiran Inggris, Sinek mendapatkan gelar sarjana dalam ilmu antropologi Brandeis University, dan master dalam ilmu hukum City University. Ia memulai karir di perusahaan Euro RSCG dan Ogilvy & Matter kemudian membuat perusahaan konsultan sendiri, Sinek Partners.

 

5#. Show Your Work

Jika ada penulis yang mampu mendelivery gagasannya dalam bentuk yang berbeda dan menarik, dia adalah Austik Kleon. Salah satu karya Austin yyang laris adalah bukunya yang berjudul Show Your Work. Buku tersebut akan memberikan panduan kepada Anda mempromosikan diri atau karya yang telah Anda hasilkan.


“In order to be found, you have to be findable” _Austin Kleon

Di zaman modern seperti saat ini, semua orang mempunyai kesempatan untuk membuat perubahan, inovasi atau karya kreatif. Beberapa diantara bahkan sudah menhasilkan, namun mereka lupa atau tidak menghiraukan bagaimana karya-karya mereka bisa dikenal. Austin memberikan tips sederhana membranding diri serta mempromosikan karya-karya kreatif Anda dalam bahasa yang sederhana dan tidak bertele-tele.

 

6#. Creative Confidence

Siapapun bisa menjadi inovator, kreatif, atau seperti desainer (perancang). Yang diperlukan untuk membuka potensi tersebut adalah Creative Confidence (kepercayaan diri kreatif). Keyakinan kreatif adalah sebuah keyakinan bahwa setiap orang adalah kreatif, dan kreativitas bukanlah kemampuan untuk menggambar, mengarang atau memahat, tetapi cara untuk mendekati dunia.


"keyakinan kreatif adalah gagasan bahwa Anda memiliki ide-ide besar, dan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk menindaklanjutinya” –David A Kelley.

Keyakinan kreatif berpusat pada manusia, mempercayai intuisi, dan mengejar solusi yang belum ditemukan. Buku Creative Confidence karya David M Kelley, akan memandu Anda dalam membangun kepercayaan diri kreatif. David M Kelley adalah seorang engineer, desainer dan pendidik. Dia salah satu pendiri konsultan desain, IDEO dan profesor Stanford University.

 

7#. Making Idea With Happen

Makin Ideas Happen merupakan sebuah buku menarik yang ditulis berdasarkan pengalaman dan riset penulis, Scott Belsky yang berisi panduan bagaimana merealisasikan ide-ide kreatif. Isi buku ini: bagaimana mengelola ide; mengajak orang lain merealisasikan ide Anda, mengenalkan ide kepada orang lain; memimpin diri sendiri dalam merealisasikan ide, dan strategi kepemimpinan.


Scott belsky mengenyam pendidikan di Cornell university, dan menerima gelar MBA dari Harvard Business School. Pada tahun 2010 mendirikan Behance sebelum diakuisisi oleh Adobe. Pada tahun yang sama ia masuk dalam daftar “100 orang paling kreatif” versi Fast company. Pada tahn 2017 ia menjadi Chief Product Officer Adobe Creative cloud. Belsky termasuk salah satu investor awal Pinterest, dan Uber.

“An idea can only become a reality once it is broken down into organized, actionable elements.” –Scott Belsky

 

8#. 5 Choice: The Part of Extraordinary Productivity

Buku berjudul 5 Choice : The Part of Extraordinary Productivity yang ditulis oleh 3 petinggi Franklin Covey Inc, Kory Kogon, Adam Merril, & Leena Rinne berisi tentang panduan dalam manajemen waktu. Manajemen waktu mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan produktivitas. Isi buku ini diantaranya: (1) Bertindak atas yang penting, bukan bereaksi terhadap yang mendesak; (2) lakukan yang luar biasa, jangan puas dengan yang biasa; (3) Jadwalkan batu-batu besar, bukan kerikil; (4) Atur teknologi, jangan biarkan menguasai; (5) Bakar api, jangan terbakar.

 

9#. Productivity Hack

Darmawan Aji dalam bukunya yang berjudul Productivity Hack memebrikan inspirasi bagaimana meningkatkan produktivitas pribadi. Darmawan Aji memberikan 80 Tips yang dia bagi menjadi tujuh bagian: (1) Menata Pikiran; (2) Pola Pikir; (3) Disiplin Diri; (4) Menjadi Ahli; (5) Sukses Karir; (6) Rencana & Tujuan; (7) Menciptakan Kebiasaan. Buku ini sangat menarik, karena seperti Austin kleon, Darmawan Aji memberikan penjelasan poin-perpoint dan tidak bertele-tele. Laki-laki yang sempat mengenyam pendidikan di Departemen Fisika ITB ini adalah seorang trainer NLP terkemuka tanah air.

 

10#. The Design Thinking Play Books



Salah satu pendekatan inovasi yang sedang trend di dunia adalah Design Thinking. Bagi Anda yang ingin mempelajari secara spesifik pendekatan ini, bisa membaca buku yang berjudul The Design Thinking Play Books. Buku tersebut ditulis oleh tiga pakar, masing-masing Michael Lewrick, Ph.D seorang profesor dan pemikir desain; Patrick Link Ph.D, profesor inovasi produk Lucerne University; dan Larry Leifer, Ph.D pengajar d.school Stanford University. Bagi saya,buku ini menarik untuk di baca karena isinya tidak monoton serta didesain menarik secara visual.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done