Panduan Lengkap Google Search Console Bagi Pemula - Teras Academy
News Update
Loading...

6/01/2022

Panduan Lengkap Google Search Console Bagi Pemula

Guide google search console


Salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh administrator atau pengelola website atau seorang SEO adalah keterampilan dalam mengelola Google Search Console (GSC).

 

Google Search Console merupakan sebuah alat dari google yang dapat membantu pengguna (pemilik situs) memahami performa situs mereka di mesin penulusuran (google), serta mengetahui tindakan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tampilan di mesin penelusuran agar bisa mendapatkan traffic yang relevan ke situs.

 

Google Search Console memberikan informasi tentang bagaimana Google mengcrawl, mengindeks, dan menayangkan situs.

 

Mengapa Menggunakan Google Search Console

 

Sebuah pertanyaan mendasar mengapa pengguna sebuah website atau blog harus menggunakan google search console. Alasan utamanya adalah:

 

google search console guide

Alasan 1#. Melacak kemajuan pemasaran konten

Pengguna dapat mempelajari kata kunci yang paling sering ditemukan di situs sebagaimana yang ditentukan oleh bot perayapan googlebot. Google search console dapat digunakan pembuat konten untuk menilai kemajuan pemasaran konten.

 

Alasan 2#. Melacak kinerja situs web

Analisis penelusuran salah satu tujuan yang ingin dilihat oleh pengguna. Di sana Anda dapat mempelajari seberapa sering situs Anda muncul di penelusuran Google.

 

Selain itu juga Anda dapa melihat bagaimana lalu lintas penelusuran berubah dari waktu ke waktu, dari mana asalnya, dan kueri mana yang paling mungkin menampilkan situs Anda.

 

Anda juga bisa mempelajari kueri mana yang dibuat di ponsel dan halaman mana yang memiliki rasio klik-tayang tinggi dan terendah dari hasil penelusuran google.

 

Alasan3#. Agar Google mengindeks situs Anda

Proses perayapan situs saat menggunakan perayapan web untuk menemukan halaman web yang tersedia untuk umum. Dari proses tersebut google membuat indeks sehingga ketika orang mencari, algoritmanya mencari istilah pencarian tersebut dalam indeks dan menemukan halaman yang sesuai untuk kueri tersebut.

 

Itulah tiga alasan utama mengapa Anda harus menggunakan google search console.

 

Sebelum memulai langkah-langkah mendaftarkan website atau blog ke Google Search Console, pahami istilah di bawah ini.

 

google search console guide guide

Saya akan mengajak Anda memahami Panduan Google Search Console bagi pemula dengan beberapa langkah sebagai berikut:

 

Langkah 1: Menggunakan Google Search Console

 

Langkah-langkah Mendaftarkan Web/Blog ke Google Search Console:

 

1.       Buka halaman Google Search Console

2.       Login dengan akun google

3.       Pilih add property

4.       Pilih domain

5.       Masukan nama website

6.       Salin kode verifikasi

7.       Buka halaman penyedia domain/web

8.       Tempel kode verifikasi ke DNS Configuration/kode template jika menggunakan platform blog

9.       Klik Verify

 

Langkah 2: Submit Site Map

 

google search console guide

Peta situs (site map) adalah file yang dgunakan untuk memberikan informasi tentang halaman, video, dan file lainnya di situs Anda, serta hubungan antara elemen-elemen tersebut. Mesin penelusur Google akan membaca file ini untuk meng-crawl situ Anda dengan lebih efisien. Peta situs akan memberi tahu Google tentang halaman dan file mana saja yang Anda anggap penting di situs Anda, serta memberikan informasi yang berguna tenteng file tersebut.

 

Anda dapat menggunakan peta situs untuk memberikan informasi tentang jenis konten tertentu di halaman, termasuk konten video, gambar dan berita.

 

Anda mungkin memerlukan peta situs jika:

 

Situs Anda benar-benar besar. Akibatnya, makin besar kemungkinan bagi web crawler Google untuk melewati crawling pada beberapa halaman baru atau baru diperbaharui.

 

Situs Anda memiliki arsip halaman konten besar yang terisolasi atau tidak tertaut dengan baik satu sama lain. Jika halaman situs tidak merujuk satu sama lain secara alami, Anda dapat mencantumkannya dalam peta situs untuk memastikan Google tidak melewatkan beberapa halaman Anda.

 

Situs masih baru dan sedikit memiliki link eksternal yang mengarah ke sana. Googlebot dan web crawler lainnya men-crawl web dengan mengikuti link dari satu halaman ke halaman lainnya. Akibatnya, Google mungkin tidak menemukan halaman Anda jika tidak ada situs lain yang menautkan ke halaman tersebut.

 

Situs Anda memiliki banyak konten multimedia (video, gambar) atau ditampilkan di Google News. Google dapat memperhitungkan informasi tambahan dari peta situs untuk penelusuran, jika sesuai.

 

Berikut langkah-langkah melakukan site map

 

Buka Google Search Console

Pilih Peta Situs

Tambahkan peta situs baru

 

Contoh

https://xxx.com/sitemap.xml

 

Langkah 3: Mengajukan Index ke Google Console

 

google search console guide

Langkah ini adalah memaksa google untuk mengindeks artikel baru Anda dengan cepat. Atau jika Anda menemukan ada konten/artikel yang belum terindex, Anda bisa langsung mengajukan index ke mesin penelusur

 

Berikut langkah-langkah untuk request indexing di Google Search Console:

 

  1. Pilih menu URL Inspection
  2. Masukan URL yang ingin di index
  3. Klik tombol  request indexing

 

Kegunaan lain alat Inspeksi URL:

  • Memperbaharui halaman web lama
  • Meluncurkan bagian baru situs web
  • Memperkenalkan desain ponsel baru
  • Memperbaharui file robots.txt
  • Menerapkan tag rel=canonical

 

Apa itu Robots.txt?

 

Robots.txt adalah file teks yang dibuat webmaster/google search console untuk menginstruksikan robot web (robot mesin penelusur) dengan cara merayapi laman di situs web mereka.

 

File robot.txt adalah bagian dari protokol pengecualian robot (REP), sekelompok sandar web yang mengatur cara robot merayapi web, mengakses dan mengindeks konten, serta menyajika konten tersebut kepada pengguna.  Jadi file robots.txt digunakan terutama untuk mengelola traffic crawler ke situs Anda.

 

Langkah 4: Memeriksa Kinerja Website/Blog pada Perangkat Mobile

 

Anda dapat memeriksa apakah website/blog Anda dapat ditampilkan dan digunakan dengan baik pada perangkat mobile dengan Search Console. Anda dapat melihat data di bawah menu enhancements di jalaman utama Search Console. Melalui proses ini, Anda dapat mengetahui halaman mana saja yang mempunyai problem pada perangkat mobile seerti pada tab atau smartphone.  Search Console akan menampilkan data jika ada kesalahan (lihat no 2).

 

Langkah 5: Memeriksa Performa Website

 

google search console guide

Google Search Console menyediakan performa website atau blog Anda di interface (halaman) utama. Akan muncul grafik yang menunjukkan performa website Anda secara ringkas. Grafik tersebut menunjukkan pembagian trafik dari hasil pencarian dan discover. Anda juga bisa mengakses laporan lengkap dengan mengklik open repot yang berada di atas kanan grafik.

 

google search console guide

Anda juga bisa melakukan filter berdasarkan:

  • Web
  • Gambar
  • Video
  • Berita
  • Perbandingan

 

google search console guide

Anda juga bisa mendownload laporan ke dalam bentuk excel

 

Langkah 6: Menemukan Halaman dengan CTR Tinggi dan Rendah

 

Click-Through Rate atau CTR merupakan gambaran metrik yang mengindikasikan rasio jumlah klik ke website terhadap jumlah impresi (tampilan) website atau blog di mesin penelusur.

 

google search console guide

Untuk melihat data tersebut di Google Search Console, langkah-langkah sebagai berikut:

 

  1. Pilih menu Search Result
  2. Aktifkan menu CTR yang berada di atas grafik
  3. Setelah muncul kolom baru di menu bawah grafik
  4. Klik judul kolom CTR
  5. Item paling atas adalah halaman dengan CTR tertinggi

 

Sebaliknya Anda juga bisa melihat artikel/kata kunci dengan CTR terkecil kemudian menganalisis, dilanjutkan dengan memperbaiki artikel tersebut agar CTR meningkat, seperti dengan cara: (1) mengoptimalkan judul agar lebih menarik perhatian audien, (2) tawarkan manfaat jelas dari halaman tersebut, seperti “panduan lengkap...”, (3) Gunakan judul di bawah 70 karakter.

 

Langkah 7: Optimasi Kata Kunci

 

Temukan kata kunci potensial serta kata kunci yang memiliki peringkat rendah. Dengan menganalisis temuan tersebut, Anda bisa menentukan langkah-langkah apa yang harus ditempuh agar kata kunci bisa optimal

 

google search console guide

Anda dapat menemukan kata kunci yang berada di rangking 7 ke atas. Kata kunci tersebut masih bisa dioptimasi agar mendapat posisi yang lebih tinggi di mesin penelusur. Anda juga dapat melihat impression (tayangan) dari masing-masing kata kunci. Prioritaskan untuk mengoptimasi kata kunci yang memiliki impresi yang lebih besar. Laporan lengkap dapat And aunduh dalam format CSV atau spreadsheet.

 

Langkah 8: Memeriksa masalah index

Anda bisa melihat masalah indexing. Indexing merupakan sebuah proses pendaftaran sebuah halaman atau webisite ke dalam database halaman yang akan di tampilkan oleh mesin penelusur. Biasanya proses indexing tidak berjalan mulus. Sesekali terjadi masalah indexing di mana halaman tersebut belum terdaftar ke database mesin pencari.

 

google search console guide

Langkah-langkahnya adalah:

  1. Pada halaman Google Search Console, pilih menu cakupan (coverage)
  2. Periksa menu dengan judul error pada grafik
  3. Halaman yang mengalami error akan muncul di bagian bawah grafik

 

Berikut ada beberapa error yang paling sering ditemui:

 

404 Error: error ini menunjukkan crawler dari mesin pencari yang sudah mengikuti link URL, namun muncul 404 error.

 

Soft 404 error: error ini terjadi ketika crawler mesin pencari mendapakan halaman 404 error namun status kode halaman mengirimkan pesan 200 (yang berarti sukses) ke browser.

 

Server Error: Hal ini mennjukkan server Anda mengalami time out atau tidak merspon. Error ini biasa terjadi ketika website mendapatkan trafik yang banyak, sedang maintanance, atau alasan lain.

 

Not Followed: Error ini terjadi ketika Google tidak bisa memahami tipe konten di website. Konten bisa dalam bentuk flash, javascrit, atau yang lainnya.

 

Langkah 9: Cek Tautan Eksternal (Backlink) dan Internal

 

Salah satu cara untuk membangun reputasi website Anda adalah dengan membangun kepercayaan pada website Anda, sehingga web orang lain menjadikan referensi website Anda dalam bentuk memberikan link.

 

google search console guide

Anda dapat memonitor baclink di search console dengan memilih menu links pada samping Search Console. Anda bisa melihat website mana saja yang memberikan backlink ke website Anda melalui menu “Top Linking Sites”. Google Search Console akan menampilkan daftar website yang akan memberika link ke website Anda. Selain itu Google Search Console juga akan memberi data mengenai halaman apa saja yang ditarge oleh website orang lain.

 

Link Internal

 

Selain Link eksternal, link internal juga sangat penting untuk SEO.  Link internal akan membantu mesin penelusur untuk memahami hubungan antar halaman website. Mesin penelusur akan mendeteksi halaman mana di website Anda yang paling penting melalui internal link.

 

google search console guide

Anda bisa memeriksa lebih detil pada masing-masing halaman. Klik icon filter lalu pilih target page. Kemudian masukan URL halaman yang ingin diperiksa atau di tingkatkan kualitas internal linknya. Setelah tu Google Search Console akan menampilkan sejumlah internal link di halaman tersebut.

 

Langkah 10: Monitor Optimasi website

Untuk mengetahui apakah hasil optimasi membawa dampak perubahan (positif) atau (negatif) seperti menurunkan performa website, Anda dapat memonitor satu halaman pada dua periode waktu berbeda.

 

Caranya adalah:

  1. Pada halaman Google Search Console, pilih menu Search Result
  2. Pilih tombol new yang terletak di atas grafik
  3. Klik page, lalu masukan URL halaman yang sudah di optimasi
  4. Pilih tombol date yang berada di atas grafik, lalu klik compare
  5. Masukkan tanggal sebelum perubahan dan tanggal setelah perubahan

 

google search console guide

Langkah 11: Membaca Breadcrumb

Breadcrumb membantu pemilik situs web meperbaiki masalah apapun yang mungkin mencegah breadcrumb ditampilkan di SERP. Setiap pemilik situs web dapat memahami kesulitan dalam menerapkan data terstruktur. Anda bisa menambahkan kode ke situs Anda, namun kode tersebut masih belum muncul di SERP.

 

Laporan yang ditampilkan mencakup kesemua kesalahan data terstruktur breadcrumb dan berapa banyak URL yang terpengaruh.  Jadi breadcrumb adalah fitur dari google search console yang akan membantu pengunjung memahami lokasi mereka dalam sebuah website.

 

google search console guide

Breadcrumb akan membantu meningkatkan lalu lintas organik. Untuk memperbaiki data terstruktur breadcrumb di Google Search Console, Anda harus menganalisis setiap kesalahan satu persatu.

 

Langkah 12: Membaca Cuplikan Ulasan

 

google search console guide

Laporan cuplikan ulasan menunjukkan kapada Anda bagaimana kinerja halaman, memastikan cuplikan aktif, dan sebagainya. Cuplikasn ulasan adalah nukilan singkat ulasan atau ranting dari situs, yang biasanya berupa rata-rata skor ranting gabungan dari banyak pengulas. Cuplikan ulasan salah satu jenis data terstruktur yang paling sering digunakan di web.

 

Langkah 13: Membaca Core Web Vital/Data Web inti

 

google search console guide

Laporan Data Web Inti berfungsi untuk menunjukkan kepada Anda kualitas pengalaman pengguna di situs Nada. Laporan dikelompokkan menurut seluler dan desktop. Laporan Data Web Inti berdasarkan Contentful Paint (LCP), First Input Delay (FID), dan Kumulatif layout shift (CSL) . URL Anda yang tercantum di bawah “baik” memenuhi ambang batas parameter google.Marie Haynes membahas Laporan Data Web Inti secara lengkap di sini.

 

Langkah 14: Membaca kotak Sitelink

Kotak penelusuran sitelink adalah cara cepat bagi orang-orang menelusuri situs atau aplikasi Anda di halaman penelusuran. Kotak penelusuran menerapkan saran real-time dan fitur lainnya.


Kotak penelusuran sitelink adalah cara cepat bagi orang-orang untuk menelusuri situs atau aplikasi Anda di halaman hasil penelusuran. Kotak penelusuran menerapkan saran real-time dan fitur lainnya.

google search console


Laporan kota sitelink akan menunjukkan kinerja dan kesalahan yang terkait dengan marup. Google Search Console akan menampilkan kesalahan yang terdaftar dengan opsi yang dapat diklik untuk memahami masalah serta bagaimana cara memperbaikinya.

 

Langkah 15: Kemanan website

Salah satu kunci meningkatkan traffic website adalah dengan menjaga keamanan website Anda, salah satunya menjaga dari serangan malware –jika ada maka google akan menampilkan pesan connection not secure.

 

Lakukan pemeriksaan masalah kemanan secara berkala dengan cara:

  1. Buka Search Console
  2. Pilih menu Security & Manual Actions
  3. Pilih Security Issues

 

Langkah 16: Membaca Statistik Perayapan

Laporan statistik perayapan membantu Anda seberapa sering dan kapan Google merayapi situs Anda. Tingkat perayapan yang cepat berarti googlebot mengindeks situs Anda dengan cepat. Saat mesin penelusur merayapi situs Anda lebih banyak, Anda akan melihat kinerja pencarian yang lebih baik, atau sebaliknya.

 

Laporan statistik perayapan memberikan tiga laporan:

 

google search console

  • Total permintaan perayapan
  • Ukuran unduhan total
  • Waktu respon rata-rata

 

Anda juga dapat melihat apakah google memiliki masalah saat merayapi situs Anda.

 

google search console

Kesimpulan

 

Demikian artikel Panduan Google Search Console untuk pemula. Saran dari kami, Anda tidak harus memahami secara langsung panduan di atas, terutama jika Anda seorang pemula. Pahami role secara umum, seperti memulai alat ini, bagaimana menggunakan site map, inspeksi URL, serta membaca repot umum terkait web Anda. Pelajari secara bertahap, dan praktikan.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done