Gaya Pengambilan Keputusan Menurut Stephen Robbins - Teras Academy
News Update
Loading...

6/02/2022

Gaya Pengambilan Keputusan Menurut Stephen Robbins

 

© Blog.thecenterforsalessstrategy.com

Kepemimpinan didefinisikan sebagai keahlian seorang dalam menggerakkan, memusatkan, sekalian pengaruhi pola pikir, metode kerja tiap anggota supaya berlagak mandiri dalam bekerja paling utama dalam pengambilan keputusan buat kepentingan percepatan pencapaian tujuan yang sudah diresmikan.

 

Bagaimana seorang pemimpin bisa mengambil keputusan dengan benar? Kami mencoba mengulas Gaya Pengambilan Keputusan Menurut Stephen Robbins

 

Peter Drucker mendefinisikan kepemimpinan sebagai visi seseorang ke tempat yang tinggi, mengangkat kinerja seseorang ke standar yang lebiih tinggi, membangun kepribadian di luar batasan normalnya.

 

Bersumber pada sebagian uraian terpaut kepemimpinan tersebut bisa kita tarik kesimpulan kalau seseorang pemimpin itu mempunyai posisi yang sangat berarti dalam suatu organisasi.

 

Keberhasilan dari seseorang pemimpin bisa ditentukan oleh keahlian seseorang pemimpin tersebut dalam menjalakan ikatan serta berhubungan dengan segenap anggotanya dan seberapa besar kemampuannya dalam mengambil suatu keputusan.

 

Keputusan itu sendiri mempunyai 2 tipe ialah Keputusan Terprogram serta Keputusan Tidak Terprogram. Keputusan Terprogram merupakan suatu keputusan yang diambil buat menanggapi suasana yang kerap kali timbul sehingga ketentuan- syarat dalam mengambil keputusan bisa terbuat serta diterapkan.

 

Sebaliknya Keputusan Tidak Terprogram merupakan keputusan yang diambil buat menanggapi suasana yang unit, susah dikenali serta sangat tidak terstruktur, dan bawa konsekuensi berarti untuk organisasi.

 

Pengambilan Keputusan

 

Maka darinya Proses pengambilan keputusan dalam prakteknya dapat dilakukan melaui tahapan-tahapan berikut:

 

  • Idetifikasi Masalah
  • Mendefinisikan Masalah
  • Memformulasikan dan Mencari alternatif
  • Mengevaluasi Keputusan
  • Implementasi keputusan

Gaya Pegambilan Keputusan Stephen Robbins

Menurut Stephen Robbins, seorang pemimpin dalam proses pengambilan keputusan memiliki gaya masing-masing, antara lain ;

01#. Gaya mengarahkan (directive style)

Gaya pengambilan keputusan ini menggunakan pemikiran yang cepat dan tegas untuk menemukan solusi pada suatu masalah. Seorang pemimpin dengan gaya keputusan ini memiliki keunggulan dalam komunikasi verbal. Biasanya mereka adalah orang-orang yang rasional dan logis.


02#. Gaya analitis (analytic style)

Pembuat keputusan dengan gaya analitis ini memiliki tingkat kehati-hatian yang cukup tinggi dalam menganalisis suatu permasalahan hingga pengambilan keputusannya. Mereka adalah seorang pemikir yang hati-hati dan mudah beradaptasi. Mereka akan bersedia meluangkan waktu yang lama untuk mengumpulkan segala informasi untuk membentuk kesimpulan.


03#. Gaya konseptual (Conceptual style)

Mereka yang membuat keputusan dengan gaya konseptual adalah pemikir yang mencakup gambaran besar yang kemudian berani untuk mengambil resiko. Pembuat keputusan konseptual akan siap menantikan apa yang bisa terjadi jika keputusan tersebut dibuat. Pemimpin dengan gaya ini merupakan seseorang yang kuat dalam membuat keputusan jangka panjang.


04#. Gaya perilaku (Behavioral style)

Sebuah gaya perilaku pengambilan keputusan berfokus pada hubungan lebih dari      tugas. Ini mengevaluasi perasaan orang lain sebagai bagian dari proses pengambilan keputusan mereka. Perilaku pengambil keputusan memiliki toleransi yang rendah terhadap ambiguitas dan fokus sosial saat mereka mengevaluasi solusi.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done