Panduan Mengikuti Kursus Online Melalui edX - Teras Academy
News Update
Loading...

3/18/2020

Panduan Mengikuti Kursus Online Melalui edX


Anant Agarwal Quotes


EdX adalah sebuah platform penyedia kursus online (MOOC) salah satu terbesar di dunia. Edx menyediakan kursus online dengan pelbagai disiplin ilmu yang dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat di dunia.

EdX di didirkan pada ttahun 2012 oleh Massachusetts Institute ofTechnology (MIT) dan Universitas Harvard. Dua universitas terbaik dunia tersebut berkolaborasi menciptakan ruang belajar terbuka yang telah diikuti sekitar 18 juta siswa yang mengambil 2.200 kursus online. 

Sejarah

EdX didirikan oleh beberapa ilmuwan MIT dan Harvard, seperti Gerry Sussman, Anant Agarwal, Chris Terman, dan Piotr Mitros. Anant Agarwal, Profesor Teknik Listrik kelahiran India tersebut hingga saat ini masih mempimpin dalam jajaran direksi EdX.

Pada tahun 2012 Piotr Mitros, ilmuwan komputer mengajarkan kursus pertama tentang sirkuit dan elektronik yang diikuti 155.000 siswa dari 162 negara.

Pada bulan Juni 2013 bekerja sama dengan Stanford menyelenggarakan kursus yang diikuti oleh 1 juta siswa di seluruh dunia. Pada bulan Maret 2015, EdX bermitra dengan Microsoft untuk menyelenggarakan beberapa topic kursus.

Pada tahun 2016, situs meluncurkan 19 program MicroMasters. Program MicroMasters adalah sebuah program kursus online setingkat pasca sarjana. Satu tahun kemudian menambah 16 program MicroMasters.

Pada tahun 2018, bekerja sama dengan Microsoft dan General Electric untuk menyediakan kursus online dengan biaya bersubsidi sekaligus jaminan wawancara kerja.

Pada bulan Oktober 2018, EdX menyediakan program master dengan 9 topik dan delar. Program tersebut sepenuhnya dapat diselesaikan secara online dengan menggandeng Georgia Institute of Technology dan University of California San Diego (UCSD).

Institusi Partner

EdX telah berkolaborasi dengan beberapa lembaga, perguruan tinggi dan perusahaan teknologi dalam mengembangkan program kursusnya.

Ada beberapa institusi besar, seperti Harvard, Caltech, University of Berkeley, Australian National University (ANU), Wharton School, NUS, Boston University. Sedangkan perusahaan yang telah menjalin kerjasama, diantaranya terdapat Microsoft, Linux Foundation, Amazon Web Service (AWS), Red Hat dan masih banyak lagi.

Program dan Topik

Program yang dtawarkan EdX

MicroBachelors Program
Micro Bachelors edx

Program setingkat sarjana, bertujuan untuk peningkatan karir atau jalur gelar. Program ini di adakan oleh perguruan tinggi top, dan perusahaan Fortune 1000, sepertu NYU, Arizona State University, Walmart dan Boeing. Kuliah sepenuhnya di adakan secara online dan fleksibel. Biaya yang harus di tanggung peserta adalah sebesar $166 USD/credit atau setara 2 juta lebih.

MicroMasters Program

Selevel pascasarjana ditujukan bagi mereka yang ingin meningkatkan gelar dan karier. Program ini diadakan oleh perguruan tinggi yang berreputasi internasional, seperti MIT, PENN, Columbia University dan RIT. Siswa bisa mengumpulkan program micromaster kemudian mengambil program master ini.

Micromaster edx

“The material I am learning in the MicroMasters program is useful every single day and has helped me become very effective in a leader role.” Javier, Supply Chain Engineer, Google.

Professional Certificate

Program ini merupakan bagian dari serangkaian kursus yang dirancang oleh para pemimpin industry dan universitas terkemuka yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan keterampilan professional yang diperlukan dalam pelbagai bidang. Institusi yang ikut berpartisipasi diantaranya: Microsoft, Wharton School, Harvard, UC Berkeley dan masih banyak lagi.  Berapa besaran biayanya? Tergantung masing-masing subyek atau topic.

Professional Certificate edx

Online Master’s Degree

Program master atau pasca sarjana yang dapat diikuti sepenuhnya online. EdX bekerja sama dengan pelbagai perguruan tinggi terkemuka, seperti Georgia Tech, Indiana University, Boston University, Purdue University, dan lain-lain. Biaya berkisaran $21.000 atau sekitar 300 juta. 
Online Master Degre edX

Global Freshman Academy

Menawarkan kesempatan kepada individu dari semua latar belakang untuk mengambil kursus yang sama, dari fakultas yang sama dengan mahasiswa Arizona State University (ASU), AS.
Arizona State University (ASU) edX

XSeries

Kursus dengan seri pemahaman mendalam dari pelbagai topik. Program ini ditujukan bagi mereka yang ingin mempperdalam sebuah ilmu.

Disamping itu ada beberapa topik kursus yang ditawarkan oleh EdX. Mulai dari sains, teknik, ilmu komuter hingga kedokteran. Berikut beberapa topik tersebut:

Ilmu Komputer. Web Programming, Computer Science, Phyton, Artificial Intelligence, Front-End WebDeveloper, UX/UI Design, Data Science

Teknik. Engineering Simulation, Robotic, Dynamics and Control, Hydrology, Calculus and Differential Equations, Aerospace, Solar Energy, Product Management, Mechanical Behavior, Nuclear Energy, Climate Change, Modelling Watershed, Suistanable Urban Development

Bisnis & Management. Supply Chain Management, Quantitative Tools for Quality and Productivity, Strategic Management, MBA, Project Management

Humaniora. Qualitative Research, Global Media, Music Theory, Disasters, Psyichology, Writing, Antrophology, Leadership in Global Development, Storytelling

Menggunakan edX

Step 01: Register
Register edX

Buat akun di edX. Bisa menggunakan akun gmail, facebook atau Microsoft.

Step 02. Pilih Topik

Subject edX

Pilih subject atau topik kursus yang ingin Anda inginkan. Sesuaikan dengan rencana pengembangan karier yang sedang Anda rencanakan ke depan. 

Step 03. Pelajari

Setelah memilih topik, pelajari mulai dari silabus, dan ketentuan yang mengatur di dalamnya, seperti level, bahasa, dan waktu pelaksanaan kursus.  

Step 04. Mulai Kursus

Pembelajaran di edX menggunakan pelbagai media. Mayoritas menggunakan video. Setelah selesai mempelajari bahan kursus, klik enroll. Kemudian ikuti kursus step by step sesuai dengan urutan materi. Bolehkan meloncat-loncat? Di sarankan untuk mengikuti kursus sesuai dengan tahapan. Karena setiap tahapan awal saling berkaitan.

Step 05. Gunakan Alat Bantu
Learning at edX

Semua perkuliahan menggunaan bahasa Inggris. Jangan khawatir jika bahasa Inggris Anda blepotan. Copy scripts percakapan dan copy paste di google translate. Anda juga bisa mengunduh video setiap materi.

Step 06.  Kerjakan Setiap Tugas yang Diminta
Grafis penyelesaian tugas
Kerjakan setiap task yang di minta. Lihat juga waktu yang diberikan dalam mengerjakan setiap tugas. Untuk pengguna premium, harus sedikit berupaya jika ingin mendapatkan sertifikat. Biasaya ada batas minimal nilai.

Step 07. Manajemen Waktu
Jika sudah memutuskan untuk mendaftar, Anda harus memanajemen waktu dengan  baik. Jika tidak, Anda tidak akan mendapat hasil yang maksimal.

Step 08. Tautkan Sertifikat
Setelah berhasil melewati pelbagai test, Anda akan mendapatkan sertifikat penyelesaian. Kemudian tautkan ke dalam media social, seperti Linkedin.

Bantuan Finansial

edX menyediakan bantuan finansial bagi pelajar. Klik tautan ini, kemudian akan diminta untuk mengisi form seperti gambar di bawah. Oh ya untuk bisa mengisi form ini, Anda tentunya harus register terlebih dahulu, kemudian memilih topic kursus.

Form Financial aid edX

Pembayaran biasanya menggunakan kartu kredit.
Tanya jawab terkait finansial aid bisa Anda lihat di tautan berikut.

Kesimpulan



edX merupakan salah satu platform kursus online yang bisa diakses oleh siapaun dengan gratis. Jika Anda ingin mendapatkan sertifikat, Anda harus membayar. Anda juga dapat bantuan finansial, sehingga cukup membayar sebesar 10%. Tidak ada salahnya untuk mencoba gratis. Jangan lupa manajemen waktu, karena manajemen waktu snagat penting agar kursus Anda bisa berjalan secara maksimal.



Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done