21 Topik Kursus Gratis Coursera Bersertifikat. Berikut Listnya - Teras Academy
News Update
Loading...

3/28/2020

21 Topik Kursus Gratis Coursera Bersertifikat. Berikut Listnya

Pixabay


Platform MOOCs atau penyedia kursus online popular di dunia, Coursera baru-baru ini telah mengumumkan ada beberapa topik kursus yang bisa diakses oleh siapun secara gratis.

Pelajar akan mendapatkan sertifikat penyelesaian tanpa dikenai biaya sedikitpun. Program ini di dedikasikan oleh Coursera untuk situasi sulit global akibat pandemik Covid-19.

Coursera merupakan platform MOOCs popular yang dalam menyelenggarakan kursusnya telah bekerja sama dengan peplbagai perguruan tinggi terkemuka di dunia. Coursera juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar, seperti Google dan Microsoft.

Berikut List Kursus yang bisa Anda ikuti:


1#. Mindshift: Break Trough Obstacles to Learning and Discover Your Hidden Potential.

Kursus ini diadakan oleh Coursera bekerja sama dengan McMaster University. Apa yang akan Anda peajari dari kursus ini?

Mindsift diancang untuk membantu meningkatkan karier Anda. Mindsift mengajarkan bagaimana memanfaatkan pembelajaran dan MOOC secara maksimal, cara mencari pekerjaan, mentor, dan rahasia dalam mengembang karier.

Mendapatkan wawasan praktis dari aspek sains tentang cara belajar dan membangun apa yang sudah Anda ketahui untuk membawa pembelajaran hidup Anda ke arah yang lebih baik.

Mempelajari beberapa skil belajar, seperti Learning To Learn, Lifelong Learning, Pomodoro Technique, dan Meta Learning.

Siapa saja fasilitator kursus ini?

Ada beberapa fasilitator berpengalama yang akan menemani belajar, diantaranya adalah:

Dr Barbara Oakley. Barabara adalah Professor of Engineering Oakland University, penulis beberapa buku salah satunya adalah Mindshift dan Learning How to Learn.

Dr Terrence Sejnowski. Sejnowski adalah Professor Univeristy of California San Diego, McMaster University dan peneliti Salk Institute. Dia telah mempublikasikan 500 paper dan 12 buku. Sejnowski mendapatkan gelar Ph.D dari Princenton University, postdoctoral fellow Harvard Medical School.

Dr Orlando Trejo. Orlando adalah pengajar di Departement of Electronics and Circuits, Universidad Simon Bolivar. Dia telah berpengalaman dalam mengajar di Coursera dan pernah berkolaborasi/bekerja di MIT Teachings Systems Lab and Class Central.

2# A Life of Happiness and Fulfillment
Happiness Course in Coursera

Kursus ini akan memberikan wawasan kepada Anda tentang teori kebahagiaan. Dipandu oleh Professor Raj Raghunathan dari School of Business India dan McCombs School of Business University of Texas in Austin.

Ada tokoh tamu yang akan terlibat dalam kursus ini, seperti Dan Ariely (penulis buku Predictably Irrational), Ed Diener (Dr Happiness), Mihaly Csikszentmihalyi (penulis buku “Flow”).

3#Social Psychology

Social Psychology Course in Coursera

Apa yang membuat kita menyukai satu orang dan tidak menyukai yang lain? Bagaimana konflik dan prasangka berkembang, dan bagaimana mereka dapat dikurangi? Dapatkah penelitian psikologis membantu melindungi lingkungan, dan jika ya, bagaimana?

Kursus Social Psychology menawarkan pengantar singkat untuk psikologi sosial klasik dan kontemporer, yang mencakup topik-topik seperti pengambilan keputusan, persuasi, perilaku kelompok, ketertarikan pribadi, dan faktor-faktor yang meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Siswa yang mengambil kursus untuk Sertifikat akan menerima keanggotaan gratis di Jaringan Psikologi Sosial (SocialPsychology.org). Instruktur dalam kursus ini adalah Professor Scott Plous. Plous adalah Professor Psikologi Wesleyan University serta Executive Director Social Psychology Network. Ia mendapatkan gelar Ph.D bidang psikologi bari Stanford University.

4# Introduction to Philosophy


Kursus ini diselengarakan oleh Edinburgh University. Dengan mengikuti kursus “Introduction to Philosophy”, Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang filsafat kontemporer, mulai dari epistemology, filsafat ilmu, philosophy of Mind, filoosfi politik, filsafat moral, dan metafsika.

Para instruktur dalam kursus ini adalah para pengajar departemen filsafat Edinburgh University, seperti Dr Dave Ward, Professor Duncan Pritchard, Professor Michela Massimi, Dr Suilin Lavelle, Dr Matthew Chrisman, Dr Allan Hazlett, Dr Alasdair Richmond, Guy Fletcher, dan Elinor Mason.

5#Psychological First Aid

Psychology firs Aid Courser in COursera

Kursus ini diselenggarakan oleh Johns Hopkins Univeristy. Sangat cocok diikuti oleh mahasiswa psikologi, konselor, dan pendidik.

Melalui kursus ini, para pelajar akan belajar memberi pertoongan pertama psikologis kepada orang-orang dalam keadaan darurat dengan menggunakan RAPID model, mendengarkan secara reflektif, penilaian kebutuhan, prioritas, intervensi, dan disposisi.

Model RAPID sangat mudah diterapkan pada masyarakat, tempat kerja, militer, organisasi berbasis agama, dunia pendidikan, tempat bencana massal, dan diimplementasikan dalam pelbagai pristiwa spesifik, misalnya, berurusan dengan akibat psikologis dari kecelakaan, perampokan, bunuh diri, pembunuhan, atau kekerasan komunitas.

Selama ini, model RAPID telah terbukti efektif dalam mempromosikan ketahanan pribadi dan masyarakat. Instruktur kursus ini adalah Professor George Everly, Jr dari Center for Public Health Preparedness Johns Hopkins University (JHU).

6#. Becoming a Changemaker: Introduction to Social Innovation

Changmaker Courser in Coursera

Kursus ini diselenggarakan oleh University of Cape Town. Sangat cocok diikuti oleh siapapun yang mempunyai keinginan untuk melakukan perubahan sosial di sekelilingnya.

Anda akan mempelajari bagaimana menjadi innovator dan banyak belajar dari contoh-contoh inovasi sosial yang terjadi di seluruh dunia. Para instruktur adalah para inovator sosial berpengalaman dari The Bertha Centre for Social Innovation and Enterpreneurship RLabs dan sekolah bisnis University of Cape Town. RLabs telah melakukan pelbagai proyek perubahan sosial di 22 negara.

7#. Design: Creation of Artifacts in Society
  
Design Creation Course in Coursera


Topik kursus ini diselenggarakan oleh Wharton Business School, University of Pennsylvania. Wharton merupakan salah satu sekolah bisnis terkemuka di dunia. Sangat pas untuk para desainer, tenaga pendidik vokasional (SMK) dan pengajar keterampilan produksi.

Anda akan diajari bagaimana mendesain sebuah produk secara teoritis dan praktik. Termasuk bagaimana membuat prototype dan mengujinya di lapangan.

Instruktur kursus ini adalah Profesor Karl T Ulrich, Vice Dean of Enterpreneurship and Innovation Penns University. Professor Ulrich mengenyam pendidikan sarjana, master hingga doctoral Teknik Mesin MIT.

8#. Introduction to Sustainability

Introduction to Sustainability Course in Coursera


Melalui kursus ini, Anda akan di perkenalkan pendekatan akademik Keberlanjutan dan mengeksplorasi bagaimana masyarakat manusia saat ini dapat bertahan dalam menghadapi perubahan global, degradasi ekosistem, dan keterbatasan sumber daya. Kursus ini berfokus pada bidang pengetahuan utama teori dan praktik keberlanjutan, termasuk populasi, ekosistem, perubahan global, energi, pertanian, air, ekonomi dan kebijakan lingkungan, etika, dan sejarah budaya.

Sangat cocok iikuti oleh pekerja sosial, guru biologi-fisika dan dosen ilmu sains. Anda akan dipandu oleh Dr Jonathan Tomkin. Jonathan Tomkin adalah Associate Direntor of the School of Earth, Society and Environment and Reaserach Associate Professor Department of Geology, University of Illinois Urbana-Champaign.

9#Sit Less, Get Active



Ketidakaktifan fisik dan kesementaraan adalah "pembunuh diam-diam". Apakah Anda merasa terlalu banyak menghabiskan waktu dengan duduk? Apakah Anda merasa ingin lebih aktif? Apakah Anda tidak yakin tentang cara memasukkan aktivitas fisik ke dalam kehidupan sehari-hari Anda? Kursus ini akan membantu Anda bagaimana mengelola aktivitas fisik.

Kursus ini sangat cocok diikuti oleh para professional kesehatan, guru olahraga dan terapis. Akan dipandu oleh para pengajar dari Universitas Edinburgh, UK seperti Professor Chris Oliver, Physical Activity for Health Research Centre Edinburgh Univeristy.

10#. Astronomy: Exploring Time and Space

Astronomy Course in Coursera


Kursus ini dirancang untuk siapa saja yang tertarik untuk belajar lebih banyak tentang astronomi modern. Para instruktur akan membantu Anda mendapatkan informasi terbaru tentang penemuan-penemuan astronomi terbaru sambil juga memberikan dukungan pada tingkat pengantar bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang dalam sains.

Ilmu yang akan Anda pelajari mencakup: Solar System, Teori Ralativitas dan Astrobiologi. Instruktur kursus ini adalah Professor Chri Impey, Univeristy Distinguished Professor of Astronomy  University of Arizona AS. Professor Impey banyak menulis buku popular dan novel sains.

11#. The Science of Success: What Researchers Know that You Should Know.



Kursus ini dirancang untuk membantu Anda mencapai kesuksesan yang Anda inginkan. Menunjukkan mengapa IQ bukanlah prediktor keberhasilan yang paling signifikan (dan kadang-kadang bisa menjadi bumerang).

Anda akan mempelajari banyak ide praktis yang dapat Anda terapkan langsung dalam kehidupan Anda sendiri, terutama di tiga bidang utama: Mendapatkan hasil yang lebih baik di tempat kerja (dan sekolah); Mencapai kesuksesan karier (namun Anda mendefinisikan kesuksesan; Menikmati hidup yang bermakna, bahagia, dan sehat. Anda akan mendapat pengetahuan berharga tentang personal branding, perencanaan, social capital, dan selfmotivation.

Instruktur adalah Dr Paula J Caproni. Paula J Caproni adalah pengajar Management and Organizations Departement at the Ross School of Business, University of Michigan. Caproni mendapatkan gelar MBA dari University of Massachusetts, dan Ph.D ilmu Organizational Behavior Yale University.

12#. Creative Problem Solving

Creative Problem Solving Course


Kreativitas yang merupakan keterampilan penting dalam bidang apa pun. Ini berfokus pada pemikiran yang berbeda, kemampuan untuk mengembangkan berbagai ide dan konsep untuk menyelesaikan masalah. Melalui serangkaian latihan membangun kreativitas, ceramah singkat, dan bacaan, Anda akan dibantu mengembangkan pemahaman tentang kreativitas dan meningkatkan kemampuan mereka sendiri.

Kursus ini akan membantu Anda memahami peran kreativitas dan inovasi dalam pekerjaan Anda sendiri dan dalam disiplin ilmu lain. Selain itu juga membantu Anda untuk keluar zona nyaman, memahami pentingnya ide beragam, dan menyampaikan pemahaman kepada orang lain.

Instruktur kursus ini adalah Brad Hokanson, PhD. Hokanson adalah Professor College of Design University of Minnesota, dan  Jody Nyboer Ph.D Assistan Professor of Design Syracuse University.

13#. Converting Challeges into Opportunities


Dalam kursus ini, Anda akan belajar bagaimana memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk meningkatkan pemikiran otak kiri dan kanan, menganalisis masalah, memacu kreativitas, dan menerapkan ide-ide inovatif untuk tempat kerja Anda.

Menggunakan kekuatan pemikiran desain dan model Creative Problem Solving Anda akan bekerja menuju solusi berbasis data untuk tantangan di tempat kerja. Anda juga akan terlibat dalam proses aktif  mengidentifikasi/mendefinisikan tantangan tertentu, menghasilkan rencana untuk mengatasi tantangan, mengumpulkan dan menganalisis data informasi untuk menjual solusi Anda kepada kepemimpinan Anda, menerapkan solusi berbasis data Anda, dan mengevaluasi keberhasilan solusinya.

Instruktur kursus ini adalah Drew Dougherty dan Josh Shapiro, keduanya dari University California (UC) San Diego.

14#. Communication Strategies for a Virtual Age.

Skill Communication SKill Course


Komunikasi telah berubah! Aturan tradisional untuk berbicara dan presentasi, rapat koordinasi, mempengaruhi orang, bernegosiasi dan menjual ide tidak lagi berlaku di dunia skype, messenger, video dan teleconference.

Kursus ini akan memberikan Anda alat yang dapat Anda praktikkan dalam komunikasi era virtual. Melalui kursus ini, Anda akan dapat:

  • Menerapkan prinsip dan teknik komunikasi untuk tatap muka dan tim virtual.
  • Gunakan pendekatan berbasis sains untuk membuat presentasi yang berdampak.
  • Perbaiki gaya komunikasi Anda untuk membujuk dan memengaruhi orang lain dengan lebih baik.
  • Menjalankan pertemuan yang lebih efektif dan berdampak.
  • Menggabungkan strategi untuk melakukan percakapan sulit yang positif dan membuat orang merasa dihargai dan didengarkan.


Kursus ini diadakan oleh Universitas Toronto dengan instruktur Ivan Wanis, University of Toronto School of Continuing Studies.

15#. How to Write and Publish a Scientific Paper

How to Write Paper


Apa yang akan Anda capai jika mengikuti kursus ini:

Anda akan diajari menguraikan makalah ilmiah yang lengkap, memilih jurnal yang sesuai di mana Anda akan menyerahkan makalah yang telah selesai untuk publikasi, dan menyiapkan daftar periksa yang akan memungkinkan menilai secara independen apakah makalah Anda siap untuk diserahkan.

Anda akan ditemani oleh Mathis Plapp, Assistan Professor Ecole Polytechnique. Plapp mendapatkan gelar sarjana fisika dari University of Freiburg, Ph.D Universite Paris Sud France, dan Postdoctoral Northeastern University.

16#. How to Get Skilled: Introduction to Individual Skills Management

Skill Management Course in Coursera


Apakah Anda ingin mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar kerja? Apakah Anda ingin meningkatkan cara Anda mengatur, mengelola, dan menyajikan keterampilan Anda untuk berhasil dalam pemilihan pekerjaan berbasis kompetensi dan kompetitif? Sudahkah Anda bersiap untuk bersaing untuk pekerjaan di usia perekrutan yang diberdayakan AI?

Kursus yang berpusat pada proyek ini  dirancang untuk para profesional yang bekerja yang ingin mengarahkan kegiatan pengembangan keterampilan mereka untuk menciptakan aplikasi pekerjaan yang kuat, berbasis bukti, berbasis data, dan diverifikasi secara eksternal.

Ketika Anda menyelesaikan kursus, Anda akan dapat secara objektif mengukur tingkat perolehan keterampilan Anda terhadap persyaratan pekerjaan yang Anda inginkan dan kemungkinan kompetisi.

Anda juga akan belajar cara menggunakan metode dan alat pengalaman, seperti simulasi, pembandingan, dasbor kompetensi, dan penilaian keterampilan untuk mengoperasionalkan dan mengukur keterampilan Anda.

Anda juga akan tahu bagaimana memperkirakan secara realistis kemungkinan skor Anda dalam pemilihan pekerjaan yang kompetitif; Anda juga akan mengetahui berapa banyak dari setiap keterampilan yang Anda butuhkan untuk berkembang untuk menonjol dan mengalahkan pesaing. Selain meningkatkan aplikasi pekerjaan Anda, kursus ini akan mengajarkan Anda cara meningkatkan efektivitas pengembangan profesional Anda yang sedang berlangsung dengan memantau tingkat perolehan keterampilan.

Instruktir Kursus ini adalah Dr Valeri Chukhlomin, Professor SUNY Empire State College, dan Amy Giaculli, Assessment Specialist SUNY Empire State College.

17#. Teamwork Skills: Communicating Effectively in Groups.

Team Work Skill Course in Coursera


Kerja tim dan komunikasi kelompok yang efektif sangat penting untuk kesuksesan profesional dan pribadi Anda. Dalam kursus ini Anda akan belajar untuk: membuat keputusan yang lebih baik, menjadi lebih kreatif dan inovatif, mengelola konflik dan bekerja dengan anggota kelompok yang sulit, bernegosiasi untuk hasil yang disukai, meningkatkan komunikasi kelompok dalam lingkungan virtual, mengembangkan pemahaman keseluruhan yang lebih baik tentang interaksi manusia, dan bekerja lebih efektif sebagai tim.

Tujuan kursus ini adalah membantu Anda memahami dinamika komunikasi kelompok yang penting ini dan mempelajari cara mempraktikkannya untuk meningkatkan kerja tim Anda secara keseluruhan.

Instruktur kursus ini adalah Mattew A Koschmann, Ph.D, Associate Professor University of Colorado Boulder.

18#. Creative Thinking: Techniques and Tools for Success.

Creative Thinking Course in Coursera


Kursus ini diselenggarakan oleh Imperial College London, UK.

Kursus ini akan membekali Anda dengan 'Tools Box', memperkenalkan pada pilihan perilaku dan teknik yang akan menambah kreativitas bawaan Anda. Beberapa alat cocok untuk digunakan sendiri dan yang lain berfungsi dengan baik untuk grup, memungkinkan Anda untuk memanfaatkan kekuatan beberapa pikiran.

Anda juga dapat memilih alat atau teknik mana yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda, dengan fokus pada beberapa atau semua pendekatan yang dipilih dan dalam urutan yang paling cocok untuk Anda.

Peter Childs, Head of the School of Design Engineering, Imperial College London akan menemani Anda.

19#. Successful Career Development

Successful Career Coursera

Kursus ini diselenggarakan oleh University System of Georgia.

Kursus ini akan membantu Anda memperkaya karir Anda dengan mengasah perilaku profesional dan jaringan Anda. Melalui dukungan pakar industri dan sumber daya, kursus ini dirancang untuk mempersiapkan Anda untuk sukses dalam karir yang dipilih.

Anda juga akan mengembangkan kebiasaan dan sikap yang perlu Anda lakukan secara efektif di pasar kerja. Anda akan mengidentifikasi seorang mentor untuk menambah nilai bagi karier, menganalisis hubungan Anda dan mengembangkan pendekatan praktis untuk melibatkan jaringan LinkedIn Anda, dan masih banyak lagi.

20#. Google Cloud Platform Fundamentals for AWS Professionals

Google Cloud Course in Coursera

Kursus ini secara special diadakan oleh Google Cloud. Andaakan mendapatkan keterampilan tentang Load Balancing, Google Cloud, dan Platform Cloud Computing. Instruktur adalah dari Tim Google Cloud Computing.

21#. Build Your First Android App

Coursera Android Course


Kursus ini diselenggarakan oleh Ecole Centrale Paris.  Dalam kursus yang berpusat pada proyek ini, Anda akan diajak untuk merancang, membuat, dan mendistribusikan aplikasi unik untuk platform seluler Android.                

Instruktur akan memberi Anda satu set blok bangunan yang dapat disesuaikan yang dapat Anda gunakan untuk membuat berbagai jenis aplikasi, dan pengembangan Android.

Instruktur kursus pengembangan Android ini adalah Dr Virginie Galtier dan Michel Ianotto. Keduanya adalah Associate Professor Computer Science CentralSepelec.

Sangat c0cok diikuti oleh para pelajar yang ingin memiliki skill dalam mengembangkan aplikasi mobile, dan tenaga pendidik bidang IT/Jaringan/Multimedia.

Ada lebih dari 20 topik kursus gratis dari yang diberikan Coursera sebagai bentuk kepedulian terhadap pandemic Covid-19.  Kami memfilter dan memilih topic yang tepat yang bisa dimanfaatkan oleh para pelajar, guru dan tenaga kependidikan.

Semoga bermanfaat. Ambil kesempatan terbatas ini, sebelum habis masa gratisnya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done