Tim Berners Lee, Sosok di Balik World Wide Web (www) - Teras Academy
News Update
Loading...

1/09/2024

Tim Berners Lee, Sosok di Balik World Wide Web (www)

 

Tim Berners Lee

Berselancar internet menjadi salah satu rutinitas semua orang. Situs www.google.com mungkin menjadi laman yang sering dituju. Namun tidak semua orang yang tahu, sebelum ada google, facebook, terasacademy gelombang dot.com didesain oleh sosok ilmuwan CERN Bernama Tim Berners Lee.


Gelombang dot-com, atau sering disebut sebagai "dot-com bubble," merujuk pada periode pada akhir tahun 1990-an hingga awal tahun 2000 di mana terjadi lonjakan spekulatif besar-besaran dalam valuasi perusahaan teknologi internet, yang kemudian diikuti oleh kebangkrutan massal ketika gelembung tersebut meletus.


Selama gelombang dot-com, banyak perusahaan teknologi dan internet baru didirikan, dan saham mereka diperdagangkan dengan valuasi yang sangat tinggi, meskipun banyak dari mereka belum mencatatkan keuntungan atau bahkan belum memiliki rencana bisnis yang jelas. Investor terlibat dalam spekulasi yang tinggi, dan penawaran saham perusahaan teknologi baru sering kali mendapatkan reaksi yang sangat positif dari pasar keuangan.


Puncak dot-com bubble terjadi sekitar tahun 2000, ketika banyak dari perusahaan-perusahaan ini mengalami kebangkrutan spektakuler. Investasi besar-besaran di sektor teknologi tiba-tiba berbalik arah, dan nilai saham banyak perusahaan dot-com mengalami penurunan drastis. Sejumlah besar pekerjaan hilang, dan dampaknya dirasakan secara luas di sektor keuangan global.


Ketika gelembung tersebut pecah, terjadi koreksi pasar yang signifikan, dan banyak perusahaan dot-com yang tidak berkelanjutan atau tidak menguntungkan mengalami kebangkrutan. Ini mengajarkan banyak pelajaran kepada pasar keuangan dan investor tentang pentingnya penilaian yang hati-hati dan berhati-hati terhadap spekulasi yang berlebihan.


Peristiwa ini telah meninggalkan dampak pada pandangan terhadap investasi di sektor teknologi dan menjadi salah satu peristiwa paling menonjol dalam sejarah pasar keuangan modern.


Tim Berners-Lee adalah seorang ilmuwan komputer asal Inggris yang terkenal sebagai penemu World Wide Web (WWW). Ia lahir pada 8 Juni 1955 di London, Inggris. Ia belajar di The Queen's College, Oxford, di mana ia menerima gelar BA dalam bidang fisika kelas satu. Saat berada di sana, dia membuat komputer dari pesawat televisi bekas yang dia beli dari bengkel.


Pada tahun 1989, Tim Berners-Lee bekerja di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) dan mengusulkan konsep sistem hiperteks yang menggunakan internet untuk memungkinkan peneliti berbagi dan memperbarui informasi dengan mudah. Ia menyusun ide-idenya dalam dokumen berjudul "Information Management: A Proposal," yang dianggap sebagai kelahiran website (World Wide Web).


Berners-Lee bekerja sebagai kontraktor independen di CERN dari bulan Juni hingga Desember 1980. Saat berada di Jenewa, ia mengusulkan proyek berdasarkan konsep hypertext, untuk memfasilitasi berbagi dan memperbarui informasi di antara para peneliti. Hypertext adalah jenis teks yang berisi hyperlink, yang memungkinkan pengguna untuk melompat atau beralih secara langsung ke teks atau informasi terkait, baik di dalam dokumen atau ke dokumen lain. Konsep hypertext memungkinkan pembaca untuk tidak hanya membaca teks secara linier tetapi juga untuk melompat ke bagian-bagian yang terkait atau terkait dalam dokumen atau antar-dokumen.


Untuk mendemonstrasikannya, ia membangun sebuah sistem prototipe bernama INQUIRE, sebuah perangkat lunak berisi program hypertext sederhana yang memiliki beberapa ide yang sama dengan Web dan Web Semantik tetapi berbeda dalam beberapa hal penting. Menurutnya, nama tersebut terinspirasi dari judul buku panduan lama, Inquire Within upon Everything


Inovasi Lee melibatkan pengembangan web browser pertama, WorldWideWeb (kemudian berganti nama menjadi Nexus), dan penulisan halaman web pertama pada tahun 1990. Karya-karya revolusionernya membentuk dasar untuk pengembangan World Wide Web seperti yang kita kenal sekarang.


Tim Berners-Lee juga dikenal sebagai pendiri World Wide Web Consortium (W3C) pada tahun 1994. W3C didirikan di Massachusetts Institute of Technology. Organisasi tersebut dari berbagai perusahaan yang bersedia membuat standar dan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas Web. Berners-Lee membuat idenya tersedia secara bebas, tanpa hak paten dan royalti. Konsorsium World Wide Web memutuskan bahwa standarnya harus didasarkan pada teknologi bebas royalti, sehingga dapat dengan mudah diadopsi oleh siapa pun. W3C bertugas mengembangkan dan memelihara standar web untuk memastikan keseragaman dan interoperabilitas di seluruh internet.


Selain sebagai penemu WWW, Tim Berners-Lee juga menjadi advokat untuk internet yang terbuka, netral, dan terdesentralisasi. Ia telah terlibat dalam berbagai inisiatif untuk menjaga keamanan, aksesibilitas, dan privasi di internet.


Pada tahun 2019, Tim Berners-Lee meluncurkan "Contract for the Web," suatu rencana global untuk menjadikan web sebagai sumber daya yang aman, memberdayakan, dan dapat diakses oleh semua orang.


Berners-Lee menjabat sebagai pendiri bidang Ilmu Komputer di Massachusetts Institute of Technology (MIT), di mana ia mengepalai Decentralized Information Group dan memimpin Solid, sebuah proyek gabungan dengan Qatar Computing Research Institute yang bertujuan mengubah secara radikal cara kerja aplikasi Web saat ini. menghasilkan kepemilikan data yang sebenarnya serta peningkatan privasi. Pada bulan Oktober 2016, ia bergabung dengan Departemen Ilmu Komputer di Universitas Oxford sebagai peneliti profesor dan sebagai rekan di Christ Church, salah satu perguruan tinggi Oxford.


Dia terpilih sebagai Anggota Royal Society (FRS) pada tahun 2001. Ia juga terpilih sebagai anggota American Philosophical Society pada tahun 2004 dan National Academy ofEngineering pada tahun 2007. Pada tanggal 4 April 2017, ia menerima Penghargaan ACM Turing 2016 "untuk menciptakan World Wide Web, browser web pertama, dan protokol serta algoritme dasar yang memungkinkan skala Web

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done