Turing Award: Penghargaan Tertinggi dalam Ilmu Komputer - Teras Academy
News Update
Loading...

9/18/2020

Turing Award: Penghargaan Tertinggi dalam Ilmu Komputer

 


Turing Award atau ACM AM Turing Award adalah sebuah penghargaan tahunan yang diberikan oleh Association for Computing Machinery (ACM) untuk ilmuwan yang memiliki kontribusi luar biasa dalam ilmu komputer. Turing Award sering diplesetkan dengan nama hadiah Nobel Komputasi.

Association for Computing Machinery (ACM) adalah masyarakat atau komunitas belajar untuk ilmu komputasi. Didirikan pada tahun 1947, ACM menjadi wadah atau perkumpulan masyarakat komputasi terbesar di dunia yang memiliki anggota hampir lebih dari 100.000 siswa.  

Saat ini dipimpin oleh Gabriele Kotsis. Ilmuwan Komputer kelahiran Wina tersebut menjadi presiden ACM sejak tahun 2020. Kotsis belajar ilmu informatika bisnis di Universitas Wina, menyelesaikan studi doktoral dalam ilmu sosial dan ekonomi di universitas yang sama. Kotsis adalah professor penuh ilmu komputer di Universitas Johannes Kepler (JKU), Linz, Austria.

Sosok Alan Turing

Turing Award tidak bisa dilepaskan dari sosok Alan Turing, matematikawan Inggris yang sering dikreditkan sebagai pendiri utama ilmu komputer teoritis dan kecerdasan buatan. Turing lahir di Maida Vale, London 23 Juni 1912.

Orang Tua Turing mendaftarkannya di St Michael’s. Pada tahun 1926, pada usia 13 tahun, ia melanjutkan belajar ke Sherborne School, sebuah sekolah mandiri berasrama di Sherbone Dorset. Semenjak menjadi pelajar, Turing sudah memiliki bakat luar biasa dalam ilmu matematika.

Setelah dari Sherborne, Turing belajar di King’s College, Cambridge. Pada tahun 1935, pada usia 22 tahun, ia terpilih sebagai Fellowof King’s College. Pada tahun 1938, ia memperoleh gelar Ph.D dalam ilmu matematika dari Universitas Princenton. Setelah lulus Princenton, Turing kembali ke Inggris, membuat kontribusi-kontribusi besar dalam ilmu komputer.

Penghargaan Alan Turing

Sejak tahun 2014, pemenang penghargaan Alan Turing Award menerima hadiah sebesar US $ 1 juta, dengan dukungan finansial dari Google. Turing Award diberikan pertama kali pada tahun 1966, dengan pemenang Alan Perlis, dari Universitas Carnegie Mellon. Frances E Allen dari IBM, wanita pertama menerima hadiah, tepatnya pada tahun 2006.

Penghargaan Turing Award 2019 diberikan kepada Edwin Catmull dan Pat Hanrahan. Keduanya mendapat penghargaan karena kontribusinya mendasar pada grafik komputer 3-D dan dampak revolusioner dari teknik ini pada citra yang dihasilkan komputer (CGI) dalam pembuatan film dan aplikasi lainnya.

Beberapa ilmuwan yang terlibat dalam Chair Member: Olga Sorkine-Hornung (ETH Zurich), Michael J Carey (University of California, Irvine), Margo Seltzer (University of British Columbia).

Kriteria utama seleksi Turing Award adalah mereka yang mempunyai kontribusi luar biasa dalam ilmu komputer serta mendapatkan dukungan substantive dari orang-orang terkemuka yang secara luas yang mewakili bidang kandidat atau bidang terkait, serta yang memberikan bukti jelas tentang pengaruh jangka panjang.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done