7 Platform CMS Populer di dunia yang harus Anda ketahui - Teras Academy
News Update
Loading...

1/16/2024

7 Platform CMS Populer di dunia yang harus Anda ketahui

 

Sumber:https://solidwp.com/

CMS adalah singkatan dari Content Management System. Ini adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengelola, dan mengatur konten pada suatu situs web tanpa memerlukan pengetahuan teknis atau keterampilan pengkodean yang mendalam.

Dengan CMS, pengguna dapat dengan mudah membuat, mengedit, dan menghapus konten seperti teks, gambar, video, dan dokumen lainnya melalui antarmuka pengguna yang ramah.

 

Fungsi utama dari CMS melibatkan beberapa aspek, termasuk:

 

Pembuatan Konten

Memungkinkan pengguna untuk membuat dan mempublikasikan konten baru di situs web tanpa pengetahuan khusus tentang HTML atau pemrograman.

 

Pengelolaan Konten

Memberikan alat untuk mengorganisir dan mengelola konten yang sudah ada, seperti mengedit, menghapus, atau mengatur ulang entri.

 

Manajemen Pengguna

Memungkinkan pengguna untuk mengatur hak akses dan peran bagi berbagai pengguna yang terlibat dalam pengelolaan situs web.

 

Templating

Membolehkan pengguna untuk memilih atau membuat templat tata letak yang konsisten untuk halaman-halaman situs web mereka.

 

Pengelolaan Media

Menyediakan fungsionalitas untuk mengelola dan menyematkan media seperti gambar, audio, dan video.

 

7 Platform CMS Populer

Peringkat popularitas CMS dapat berubah dari waktu ke waktu dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun, beberapa tahun belakangan, beberapa CMS yang tetap populer di dunia termasuk:

 

WordPress

Tetap menjadi CMS paling populer di dunia. Dikenal karena fleksibilitasnya, mudah digunakan, dan memiliki komunitas besar serta ekosistem plugin yang kaya. Platform Wordpress dibuat oleh seorang blogger Matt Mulenweg pada tahun 2003. WordPress ditulis dalam bahasa praprosesor hypertext PHP dan dipasangkan dengan database MySQL atau MariaDB.

 

Joomla

Meskipun tidak sepopuler WordPress, Joomla tetap menjadi pilihan yang baik untuk proyek-proyek dengan tingkat kompleksitas yang lebih tinggi. Memiliki fleksibilitas yang baik dan komunitas pengguna yang solid. Joomla ditulis dalam menggunakan bahasa PHP, menggunakan teknik pemrograman berorientasi objek dan pola desain perangkat lunak , dan menyimpan data dalam database Structured Query Language (MySQL)

 

Drupal

Digunakan terutama untuk proyek-proyek yang lebih kompleks dan memerlukan tingkat pengelolaan konten yang tinggi. Drupal menonjol dalam skala besar dan tingkat kustomisasi yang tinggi. Drupal awalnya ditulis oleh Dries Buytaert sebagai papan pesan bagi teman-temannya untuk berkomunikasi di asrama mereka saat sedang mengerjakan gelar Masternya di Universitas Antwerp.

 

Magento

Sebagai CMS khusus untuk e-commerce, Magento menjadi pilihan populer untuk toko online skala besar dengan berbagai fitur dan fleksibilitas e-commerce. Magento secara resmi memulai pengembangan pada awal tahun 2007. Perangkat lunak ini awalnya dikembangkan oleh Varien Inc , sebuah perusahaan swasta AS yang berkantor pusat di Culver City, California

 

Shopify

Meskipun bukan CMS konvensional, Shopify adalah platform populer untuk toko online. Ini menyediakan solusi terkelola dengan antarmuka yang mudah digunakan. Shopify didirikan pada tahun 2006 oleh Tobias Lütke dan Scott Lake setelah mencoba membuka Snowdevil, sebuah toko online untuk peralatan seluncur salju. Tidak puas dengan produk e-commerce yang ada di pasaran, Lütke, seorang programmer komputer , malah membuat produknya sendiri. Lütke menggunakan kerangka aplikasi web sumber terbuka Ruby on Rails untuk membangun toko online Snowdevil dan meluncurkannya setelah dua bulan pengembangan.

 

Wix

Wix adalah platform pembuat situs web dan penyedia layanan hosting yang memungkinkan pengguna untuk membuat situs web dengan mudah tanpa memerlukan keterampilan pengkodean yang mendalam. Wix berbeda dengan Wordpress atau Joomla, CMS (Content Management System) tradisional melainkan lebih merupakan pembuat situs web atau website builder. Wix didirikan pada tahun 2006 oleh pengembang Israel Avishai Abrahami, Nadav Abrahami, dan Giora Kaplan

 

Squarespace

Squarespace adalah platform pembuatan situs web yang memungkinkan pengguna untuk membuat situs web dan toko online dengan mudah tanpa memerlukan keahlian dalam pemrograman atau desain web. Squarespace didirikan oleh Casalena saat ia kuliah di Universitas Maryland .

 

Penutup

Dengan adanya CMS, Anda bisa membuat web dengan mudah. Jika Anda belum mencoba, silahkan pilih salah satu dari 7 Platform CMS di atas. Jika Anda sudah membuat, bagikan pengalaman Anda di kolom komentar.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done