Membangun Website Sekolah Tanpa Coding - Teras Academy
News Update
Loading...

2/12/2021

Membangun Website Sekolah Tanpa Coding

Membangun website Sekolah


Salah satu perubahan di era industri 4.0, diantaranya adalah melonjaknya kebutuhan masyarakat akan mendapatkan informasi secara cepat dan tepat.

Dalam dunia pendidikan, menjadi sebuah keniscayaan jika institusi pendidikan harus memiliki sebuah media untuk menyebarluaskan segala informasi terkait pendidikan kepada masyarakat, salah satunya melalui media website.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana membuat website sekolah, sedangkan tidak semua lembaga pendidikan mempunyai sumber daya manusia dalam bidang IT dan secara spesifik pemprograman web?

Saya akan memberikan wawasan secara lengkap, dan practice bagaimana membangun sebuah website sekolah dengan mudah, tanpa keterampilan coding sama sekali.

Mari, kita simak paparan di bawah ini.

 

Membangun website Sekolah

Sejarah Website

Website adalah kumpulan dari sebuah halaman web suatu domain yang tersebar di internet yang dibuat dengan sebuah tujuan dan saling berhubungan atara satu halaman dengan halaman yang lain dan bisa diakses oleh banyak orang menggunakan sebuah browser serta URL.

Contoh website diantaranya adalah www.kemdikbud.go.id, www.terasacademy.com, www.ideo.org. Website berawal dari World Wide Web (WWW) yang diciptakan oleh ilmuwan CERN Tim Berners Lee pada tahun 1990an dengan tujuan agar bisa diakses oleh semua orang.

“We need diversity of thought in the world to face the new challenges.” -Tim Berners Lee

Hingga saat ini, situs web CERN masih eksis. Website telah menjadi pusat perkembangan era informasi sekaligus revolusi industri 4.0.

Jenis Website

Berdasarkan sifatnya, dibedakan menjadi beberapa bentuk.

Berdasarkan Sifat

Jika dilihat berdasarkan sifatnya, website dibedakan menajdi website statis dan website dinamis. Website. Website statis didefinisikan sebagai website yang memuat konten konstan atau tidak berubah. Setiap laman dibuat dengan kode HTML dan menunjukkan informasi yang sama. Website dinamis contohnya adalah beberapa website personal atau webblog, seperti webblog salah satunya adalah  https://mubaroki.carrd.co/

Sedangan web dinamis adalah website yang kontennya selalu berubah (terupdate). Website dinamis memungkinkan beberapa user bisa melakukan update konten website tanpa mengganggu komponen website yang lain. Situs dinamis yang paling terkenal saat ini adalah medium. Platform yang didirikan oleh Ev Williams, Medium memberikan kesempatan kepada user untuk membuat artikel.

Berdasarlan Patform

Berdasarkan platform, website dibagi menjadi tiga menjadi tiga metode, yakni (1) CMS, (2) Website Builder, (3) HTML dan CSS. Metode pertama yakni menggunakan CMS atau Conten Management System. CMS bagian dari perangkat lunak atau sistem yang digunakan untuk membuat dan mengatur konten. CMS populer adalah Wordpress, kemudian di susul dengan Joomla, Magento, dan Blogger.

Kedua, Website builder. Platform yang biasa digunakan untuk membantu membuat website dengan cepat, penggunanya tanpa memerlukan coding sedikitpun. Jika metode pertama, pengguna disarankan menguasai bahasa CMS, maka metode kedua ini tanpa memerlukan coding atau bahasa pemrograman sekalipun. Platform ini yang paling populer adalah wix dan Weebly.

Ketiga, Metode HTML dan CSS. Jenis metode ini memerlukan pengetahuan serta keetrampilan tentang coding menggunakan HTML dan CSS. Tools yag dipakai bisa menggunakan Notepad+++ atau Text Wrangler.

Hypertext Markup Language (HTML) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, sedangkan Cascading Style Sheets (CSS) adalah sekumpulan perintah yang digunakan untuk menjelaskan tampilan sebuah halaman situs web dalam mark0up language.

Berdasarkan Fungsi

Website berdasarkan fungsinya secara spesifik dibagi menjadi beberapa macam, antara lain:

Website Company Profil

Web company profil berisi tentang pelbagai informasi tentang sebuah perusahaan, mulai dari misi, contact perusahaan hingga produk-produk yang dijual. Web company profil biasanya bersifat statis. Contoh website company profil yang menarik, diantaranya gojek dan Biznet. Website sekolah bisa masuk kategori ini.

E-Commerece

Web E-Commerce  atau toko online merupakan sebuah website yang menjual pelbagai produk secara online, seperti tokopedia, bukalapak, dan ramesi yang menjual aneka mesin.

Archive

Web archive digunakan untuk menyimpan pelbagai konten-konten elektronik, secara khusus digunakan olehg ownernya untuk menyimpan konten atau file dalam jangka panang.

Government

Web government merupakan website yang dikelola oleh instansi pemerintah, baik pemerintah local maupun pusat.

Web Berita

Web berita adalah sebuah website yang mengkhususkan dalam memberikan informasi berita terkini. Situs web berita popular diantaranya detik, republika dan bola.net.

Web Personil

Personil web atau blog adalah sebuah website yang dibuat oleh individu yang berfungsi untuk menuliskan gagasan, ekspresi serta keahlian tertentu. Platform yang sering digunakan oleh Wordpress dan Blogger. Beberapa tokoh terkenal memiliki personil blog, diantaranya seperti natali Ardianto, exfounder tiket.com, serta speaker internasional Seht Godin.

 

Membangun Website Sekolah

Memulai dari Why

Mengapa sebuah lembaga Pendidikan seperti sekolah harus memiliki website? Di era digital saat ini, keberadaan sebuah website sangat mutlat diperlukan.

Berikut 5 alasan mengapa sekolah harus memiliki sebuah website.

1#. Menyebarkan informasi

Website bisa menjadi kanal informasi yang efektif bagi orang tua serta masyarakat umum secara luas. Informasi yang diproduksi melalui website bisa nampak menarik serta lengkap atau detail.

2#. Membangun Reputasi

Institusi Pendidikan yang memiliki website mempunyai reputasi lebih baik bila dibandingkan dengan yang tidak memiliki. Website bisa menjadi branding tersendiri bagi sekolah, tanpa kecuali sekolah negeri.

3#. Sebagai Media Komunikasi

Sekolah mempunyai banyak sekali kegiatan yang selalu terdokumentasikan dengan baik. Sayang jika kegiatan tersebut tidak dikomunikasikan kepada masyarakat luas. Sekolah bisa menggunakan website untuk mengkomunikasikan pelbagai kegiatan sekolah tersebut sehingga bisa di kenal oleh masyarakat luas. Selain itu website juga bisa menjadi media komunikasi antar warga sekolah.  

4#. Media Pembelajaran

Website bisa menjadi media pembelajaran pelengkap. Guru kreativ visa menampilkan konten video pembelajaran yang diberi label sesuai dengan tema. Selain video, konten pembelajaran yang bisa dimasukan adalah google form, slide ppt, dan masih banyak lagi.

5#.  Media Menulis

Sebuah gagasan menarik dari seorang kepala sekolah di sebuah pelosok ibu kota Provinsi. Untuk memacu para tenaga pengajar di sekolahnya, kepala sekolah tersbeut mendorong para guru untuk menulis, kemudian hasil karya tulis mereka menjadi konten website sekolah.

Membangun Website Sekolah

Platform Blogger

Membuat website tanpa coding bisa menggunakan beberapa platform, diantaranya Wordpress, Wix, Blogger, selain itu ada juga Google Site.

Saya akan membahas bagaimana membangun website menggunakan platform Blogger dan Google Site, kebetulan keduanya merupakan produk dari Google.

Blogger

Blogger merupakan platform penerbitan blog yang bisa dikelola oleh multi pengguna. Blogger diakses melalui subdomain blogspot.com. Blog juga dapat disajikan dengan domaoin khusus menggunakan fasilitas DNS untuk mengarahkan domain ke server Google.

Blogger diluncurkan pada tahun 1999 oleh Pyra Labs, sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia. Pada bulan Februari 2003, Pyra Labs diakuisisi oleh Google yang kemudian berpengaruh pada kepemilihan Blogger. Sebelumnya beberapa fitur blogger dikomersialkan oleh Pyra Labs kemudian menjadi sepenuhnya gratis.

Pada tahun 2004, Blogger memperkenalkan desain ulang dengan menambahkan fitur seperti theme yang sesuai standar web, dan halaman arsip individual. Pada tahun 2006, blogger meluncurkan versi terbaru dalam versi beta. Satu tahun kemudian, blogger sepenuhnya pindah ke server yang diperasikan Google.

Kelebihan Blogger

Dari aspek manajemen, blogger mempunyai berbagai kemudahan yang bisa dimanfaatkan, diantaranya adalah:

Pertama, Pengguna dapat menambah halaman baru hanya dengan beberapa klik saja. Kedua, dalam monetisasi, pengguna bisa menghasilkan uang dengan memasang Adsense.

Ketiga, dalam aspek keaman blogger mempunyai tingkat kemanan yang tinggi karena didukung oleh Google. Keempat, dalam aspek desain tampilan blogger sangat simple sehingga, dan kelima blogger mudah diakses dengan mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Blogger merupakan platform yang di desain memudahkan siapa saja, termasuk pengguna pemula. Tools yang ada tidak begitu banyak dan tampilan selalu responsive baik jika di akses di desktop maupun perangkat mobile.

Google Site

Google Sites merupakan aplikasi wiki yang berfungsi untuk membuat sebuah website baik web pribadi maupun institusi, baik untuk keperluan personal maupun institusi.

Google Site disiapkan oleh Google sebagai pengganti dari Google Page Creator dan dapat diakses melalui alamat http://sites.google.com. Google site semula bernama jotSpot, kemudian pada tahun 2006 perusahaan diakuisi oleh Google.

“Berbagai departemen kota mulai dari sumber daya manusia sampai penanggulangan bencana menggunakan site untuk membuat situs yang efektif dengan tampilan menarik tanpa perlu melibatkan ahli IT”

-Ted Ross, Kepala Information Technology Agency Kota Los Angeles.

Kelebihan Google Site

  • Pengguna bisa membuat situs, tanpa memerlukan keahlian desain atau coding (Bahasa pemrograman).
  • Google site memungkinkan banyak orang berkolaborasi kerja tim, termasuk melibatkan antara guru dengan siswa.
  • Administrator dapat menentukan siapa saja yang memiliki akses ke situs serta tindakan izin yang dapat diberikan pada pengguna lain.
  • Googe Site terintegrasi dengan perangkat Google lain, seperti Google Docs, Calendar, Youtube, Slide, dan Drive
  • Situs dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencahri Google serta tersimpan di server kemanan Google.
  • Pengguna dapat fasilitas penyimpanan online hingga 100 MB.

 

Membangun Website Sekolah

Tahapan Membangun Website

Bagian ini saya akan menunjukan bagaimana membuat website tanpa coding menggunakan platform Blogger.

 

Membangun Website dengan Blogger

Setelah mendapatkan wawasan, selanjutnya Anda akan mendapatkan pengetahuan practice bagaimana membuat website menggunakan platform blogger.

1#. Masuk beranda Blogger

Website dengan blogger

Anda harus mengakses ke website blogger, melalui laman https://www.blogger.com. Kemudian klik tombol Create Your Blog

2#. Login akun akun Gmail

Membangun Website Sekolah

Setelah itu Anda akan diarahkan untuk login akun Gmail. Jadi Anda harus mempunyai akun Gmail untuk bisa login.

3#. Konfirmasi Profil

Membangun Website Sekolah

Anda kemudian harus melakukan konfirmasi profil blog, setelah itu  klik “lanjutkan ke blogger”. Dalam tampilan lain, Anda akan diminta untuk menuliskan judul blog yang akan ditampilkan di bagian atas blog

4#. Memberikan nama url blog

Membangun Website Sekolah


Selanjutnya Anda akan diminta untuk menuliskan nama url blog. Ada banyak opsi, namun jika nama blog pilihan Anda sudah tidak tersedia, maka Anda akan diminta untuk memasukan nama lain.

5#. Melengkapi nama tampilan

Membangun Website Sekolah


Pada prosedur terbaru, Anda kemudian diminta untuk menuliskan nama tampilan blog yang akan  ditampilkan kepada pembaca blog Anda.

6#. Memahami menu Dashboard Blogger

Membangun Web Sekolah

Beberapa fungsi menu dashboard blogger yang harus Anda ketahui

Postingan. Tempat dimana Anda memasukan/mempost tulisan/artikel

Statistik. Berisi informasi tentang jumlah pengunjung web/blog

Komentar. Berisi berbagai komentar yang datang di web/blog

Penghasilan. Penawaran monetize blog melalui program adsense google

Halaman. Pengaturan tampilan dan isi halaman pada header pada web/blog

Tata letak. Pengaturan struktur blog mulai dari header, nav bar, side bar, main blog dna footer.

Tema. Berisi tentang pelbagai pilihan theme blog

Setelan. Pengaturan mulai dari pengaturan dasar, setelah privais, Bahasa dan lain-lain.

Daftar bacaan. Update informasi terbaru terkait blog dari google, biasanya dari blogger buzz.

Lihat blog. Pintasan untuk melihat webblog Anda

 

7#. Memilih Theme

Membangun Web Sekolah

Theme atau template blog adalah cetakan desain pada tampilan blog yang merupakan bagian dari pola untuk menampilkan tampilan layout blog. Blogger memberikan pilihan template yang bisa Anda pilih.

Langkah-langkah memilih theme/template.

  • Masuk Dashboard blogger
  • Klik menu theme
  • Pilih salah satu theme pilihan Anda
  • Klik tombol ‘terapkan”

 

8#. Membuat Post Pertama

Membangun Website Sekolah

Buatlah post pertama Anda.

Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buatlah artikel/berita
  • Login Blogger
  • Pada menu Dahsboard klik “Postingan baru”
  • Copypaste artikel yang sudah Anda tulis di word atau notepad
  • Jika sudah selesai, klik “Publikasikan”

 

Catatan:

Anda bisa menambah gambar, video, menambah kink eksternal, mengatur jenis dan besaran font.

 

9#. Memahami Tatak Letak/Layout Blogger

Sekarang Saya akan menjelaskan Tata Letak atau Layout Blogger.

Membangun website sekolah

Dari gambar di atas merupakan tampilan menu layput/tampilan/tataletak yang ada di dashboard blog Anda. Setiap tampilan tergnatung pada template/theme/struktur kode yang membangungnya. Jika layout memiliki kolom-kolom seperti di atas, maka tampilan blog Anda juga seperti itu.

Berikut layout blogger.

Header.

Header merupakan bagian kepala blog serta identitas sebuah blog. Dalam header terbagi menjadi beberpa bagian, yaitu Favicon (icon blog), Header Title (judul blog), Judul Blog, dan Nav Bar (menu navigasi blog). Untuk menambah menu navigasi bisa dilakukan manual atau otomatis. Untuk menambahkan secara otomatis bisa dilakukan dengan cara menambah Gadget pada kolom menu tata letak, sedangkan jika dilakukan secara manual bisa melalui cara menambahkan kode CSS, HTML atau Script.

Main

Main merupakan kolom pengaturan untuk postingan blog. Didlaam kolom main terdapat berbagai pilihan pengaturan untuk tampilan blog, seperti mengatur jumlah postingan di halaman depan, pengaturan tampilan tanggal-waktu, reaksi postingan dan lain-lain.

Sidebar

Sidebar bagian dari kolom yang berada di sisi kanan atau kiri kolom main. Dalam sidebar, Anda bisa menambah pelbagai submenu dengan menggunakan gadget yang telah disediakan oleh blogger atau source code theme. Yang sering ditampilkan dalam sidebar adalah: search, label, popular post, statistic dan sebagainya.

Footer

Footer merupakan kolom yang terletak pada bagian bawah blog. Footer biasanya terdiri dari 2-3 kolom. Masing-masing kolom bisa Anda isi dengan pelbagai submenu dalam bentuk gadget.

10#. Merubah Blogger menjadi Domain

Bagaimana merubah sub domain blogger menjadi domain sendiri, seperti menggunakan domain sch.id, com, atau id?

Banyak sekali perusahan penyedia jasa domain dan hosting di tanah air. Ada niagahoster, jagoanhosting, idcloudhouse, rumahweb dan lain-lain.

Kali ini saya akan memberikan studi practice mengguankan layanan jagoanhosting.

Langkah-langkah mengubah blogspot/blogger menjadi domain melalui DNS Manager di member area (Jagoanhosting) adalah:

Pertama, Mendaftar menjadi member penyedia layanan (contoh kali ini menggunakan jagoanhosting)

Kedua, Login ke account blogger, lalu pilih nama blog yang akan disetting dari daftar blog Anda

Ketiga, Pilih menu “Setting” atau “setelan”

Keempat, Pilih “Mempublikasikan”, lalu klik “domain custom”,

Isikan nama web pilihan Anda, klik simpan

Membangun website sekolah

Kelima, Akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Error, dan ada dua CNAME yang muncul. Biarkan sementara


Keenaam, Masuk ke member area penyedia layanan domain dan hosting (Case stuy menggunakan penyedia jagoanhosting).

Ketujuh, daftarkan dan pilih nama website Anda, misal www.sekolahjawara.com

Kedelapan, Atur DNS Blogger Anda masuk menu “My Domains” – “View”

Lihat gambar di bawah ini. Isikan kolom 1 dan 2

Membangun Website Sekolah

Untuk mengisi kolom 1 dan 2, Anda harus melihat setelah setting Dashboar Anda (langkah 6). Untuk mengisi kolom 1 dan 2 lihat petunjuk gambar di bawah ini.

Membangun Website Sekolah

Klik save, tunggu beberapa jam, setelah cek web Anda. Done

 

Kesimpulan

Di era digital saat ini, sekolah harus memiliki sebuah website. Keebadaan website sangat dibutuhkan, selain sebagai wadah transformasi informais dan pengetahuan, website juga berfungsi untuk membangun reputasi sekolah.

Membangun website sekolah sangat mudah, bahkan membangunya bisa dilakukan tanpa menggunakan keahlihan coding. Semua, bahkan guru bisa membangun websitise dengan mudah, salah satunya adalah dengan menggunakan platform blogger.

 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done