Bagaimana Carolyn R Bertozzi, Morten Meldal dan K Barry Sharpless Meraih Nobel Kimia 2022 - Teras Academy
News Update
Loading...

10/05/2022

Bagaimana Carolyn R Bertozzi, Morten Meldal dan K Barry Sharpless Meraih Nobel Kimia 2022

 



Panitia Nobel, melalui Royal Swedish Academy ofSciences telah mengumumkan pada tahun ini, Nobel Kimia diberikan kepada ketiga ilmuwan, Carolyn R Bertozzi, Morten Meldal, dan K Barry Sharpless.

 

Carolyn Ruth Bertozzi adalah seorang ahli kimia Amerika produktif. Ia menerima gelar BA dalam ilmu Kimia dari Universitas Harvard, di sana ia bekerja dengan Profesor Joe Grabowski dalam desain dan konstruksi kalorimeter fotoakustik. Bertozzi kemudian menyelesaikan Ph.D dalam ilmu Kimia dari University of California, Berkeley. Setelah lulus, Bertozzi bekerja post doctoral dengan Steven Rosen di University of California, San Francisco (UCSF).

 

Bertozzi bekerja di universitas Stanford, memegang jabatan Profesor Anne T & Robert M Bass. Ia juga bekerja sebagai investigator di Howard Hughes Medical Institute (HHMI). Ia meraih dua penghargaan bergengsi, jenius MacArthur di usia 33 tahun dan Lemelson-MIT Prize.

 

Morten P Meldal adalah seorang ahli kimia Denmark yang dikenal atas kotribusinya dalam mengembangkan reaksi klik CuAAC. Sehari-hari ia merupakan seorang Profesor kimia di Universitas Kopenhagen, Denmark. Sedangkan karl Barry Sharpless merupakan ahli kimia Amerika yang dikenal atas karyanya pada reaksi stereoselektif. Sebelumnya, pada tahun 2001 ia mendapatkan hadiah Nobel Kimia atas karyanya pada reaksi oksidasi.

 

Ketiga ilmuwan kimia tersebut mendapatkan hadiah Nobel kimia 2022 atas karya mereka untuk pengembangan kimia klik dan kimia bioortogonal yang memicu revolusi dalam kimia dengan menemukan cara untuk “mengklik” molekul bersama-sama seperti blok bangunan.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done