Tony Fadel, Programmer dan Penemu IPhone - Teras Academy
News Update
Loading...

5/08/2022

Tony Fadel, Programmer dan Penemu IPhone

 

Tony fadel
foto: Celine Clanet, surface.com

Smartphone apa yang paling banyak digunakan oleh penduduk dunia? Iya jawabnya adalah IPhone. IPhone adalah smartphone yang dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc dan menggunakan sistem operasi seluler iOS. Pada tahun 2018, Iphone telah terjual lebih dari 2,2 miliar.

 

Banyak orang mengira Steve Jobs dibalik IPhone, padahal sesungguhnya dibalik Iphone bukan Jobs tetapi Tony Fadel. Siapa Tony Fadel?

 

Tony Fadel adalah seorang programmer, desainer, inovator, investor, penulis dan pendiri. Dia dikenal sebagai perancang iPod, dan iPhone. Fadel dikenal sebagai bapak iPod,serta merubah nasib Apple. Fadel telah banyak menciptakan inovasi di Apple serta memberikan kontribusi 50 persen dari semua pendapatan Apple.

 

Pendidikan dan Karir Tony Fadel

 

Tony Fadel mengenyam pendidikan Teknik Komputer Universitas Michigan. Saat kuliah di Michigan, dia mendirikan sekaligus menjadi CEO perusahaan yang memasarkan Media text, perangkat lunak komposisi multimedia untuk anak-anak.

 

Setelah kuliah, Fadel bekerja di General Magic selama tiga tahun –sebuah perusahaan perangkat lunak dan elektronik yang didirikan mantan karyawan Apple. General Magic menjalin kerjasa dengan beberapa perusahaan termasuk Sony, Philips, dan Toshiba. Pada tahun 1992 sebagai insinyur diagnostik, Fadel bertanggung jawab atas pengembangan sejumlah teknologi dan perangkat lunak, termasuk Sony Magic Link dan Motorola Envoy.

 

Pada tahun 1995, ia dipekerjakan oleh Philips di saat yang sama ikut mendirikan Grub komputasi seluler sekaligus menjabat sebagai Chief Technology Officer, dan Director Engineering. Dia mengembangkan sejumlah layanan genggam berbasis Windows CE, terutama PDA Philips Velo dan Nino. Philips Nino adalah PC seukuran telapak tangan, pendahlu Pocket PC –perangkat bergaya PDA dengan layar sentuh yang dioperasikan dengan stylus.

 

“Ia memiliki visi untuk membeaskan musik dari pemutar CD –bagaimaan musik dan portabilitas dapat diciptakan kembali, “ kenang Desainer Yves Behar. Mereka berdua kemudian memutar otak untuk membuat MP3 portabel.

 

Fadel kemudian menjadi wakil Presien Philips Strategy and Ventures di mana ia bertanggung jawab untuk mengembangkan stategi audio digital Phiilips, perangkat lunak, serta portofolio investasi.

 

Bekerja dengan Apple

 

Pada tahun 2001 Fadel bekerja di Apple bertugas merancang iPod dan merencanakan produk Apple Audio. Ide Fadel memutar musik kecil berbasis hard disk dan toko online untuk musik menarik perhatian Steve Jobs. Ia juga menciptakan konsep dan desain awal iPod, kemudian memperkerjakan para insinyur dan sumber daya Apple, termasuk insinyur dari perusahaan rintisannya, Fuse.

 

IPhone

“Belajar dengan melakukan. Belajar melalui pengalaman, dan ini kembali ke Steve Jobs –yaitu cara Anda membuka pengetahuan tentang dunia adalah dengan menemukan dan mempelajarinya, bukan melalui buku, tetapi dengan berada di sana” Tony Fadel

 

Fadel juga dipromosikan menjadi wakil presiden teknik iPod pada tahun 2004, dan pada tahun 2005 Fadel menggantikan Jon Rubinstein sebagai wakil Presiden Senior Divisi iPod pada tahun 2006.  Fadel menjadi co-creator iPhone, mengerjakan tiga generasi pertama iPhone dan mengawasi semua pengembangan perangkat keras, dan aksesori iPhone dari tahun 2006 hingga tahun 2008.

 

Membangun Nest dan Future Shape

 

Setelah mengundurkan diri dari Apple, Fadel tinggal di dekat Danau Tahoe, California. Sata membangun rumah hemat energi, Fadel mencari termostat dan merasa frustasi dengan fitur terbatas, berbiaya tinggi, dan kurangnya peningkatan efisiensi energi. Kemudian bersama dengan Matt Rogers, partner nya dia ketika di Apple Fadel merancang ulang termostat tradisional. Pada bulan Mei 2010, Fadel dan Rogers mendirikan Nest Labs di Palo Alto, sebuah perusahaan yang merancang dan memproduksi termostat yang dapat diprogram serta berbasis sensor. Pada tahun 2014, Google mengakuisisi Nest Lab seharga $ 3,2 miliar.

 

Nest Product

Setelah keluar dari perusahaan yang ia dirikan, Nest, Fadel kemudian mendirikan Future Shape sebuah firma yang bergerak dalam bidang konsultan investasi global, serta melatih para insinyur dan ilmuwan pada pekerjaan teknologi dasar. Future Shape telah membantu 200 startups lebih dalam mengembangkan teknologi serta inovasi. Diantara portofolio Future Shape adalah, Airbnb, Amply, Fairbase, box, flutter, Lobe, dan masih banyak lagi.

 

“Setiap anggota tim yang membawa kecerdasan, pengalaman, dan semangat untuk kreasi, mereka harus disebut seniman atau desainer.” Tony Fadel

 

Fadel sangat peduli memikirkan geenrasi penerusnya. Pada tahun 2015, bersama dengan David Bell mendirikan perusahaan go-kart listrik, Actev Motors. Go-kart Actev dirancang untuk dapat dibongkar dan dimodifikasi: orang tua dapat menetapkan batas kecepatan dan kemanan, sementara anak-anak belajar tentang elektronika dan keterampiilan pengkodean dasar.

 

Fadel berpikir bahwa desainer teknologi generasi berikutnya harus berkomitmen pada sumpah Hipokrates: pertama, jangan membahayakan. Dia telah melobi Apple dan Google untuk memperkenalkan “skala digital”, untuk membantu melacak kebiasaan ponsel cerdas.  Di Future Shape, dia mendorong para pendiri untuk memikirkan dampak lebih awal. “Apa tujuannya? Bagaimana pengaruhnya terhadap masyarakat””

 

Fadel telah berpengalaman lebih dari 30 tahun dalam industri konsumen elektronik, dan telah menghasilkan 300 patent lebih. Ia mendapatkan pengakuan dari majalah Time, Business Insider, Fastcompany, dan Fortune.

 

Fadel adalah penulis buku berjudul Build: AnUnorthodox Guide to Making Things Worth Making. Buku tersebut akan di rilis pada bulan mei 2022 dan menceritakan kisah pribadi Fadel, dan wawasan tentang beberapa produk serta orang paling berpengaruh di abad ke-20.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done