Andreessen Horowitz: Pemodal Ventura Perusahaan Rintisan Besar Dunia - Teras Academy
News Update
Loading...

5/10/2022

Andreessen Horowitz: Pemodal Ventura Perusahaan Rintisan Besar Dunia

 

Andreessen Horowitz

Keberadaan startup tidak bisa terlepas dari investor. Karena investorlah yang mendanai sebagian besar sebuah perusahaan rintisan. Salah satu investor atau pemodal ventura yang sangat erat dengan keberadaan starups adalah Andreessen Horowitz.

 

Andreessen Horowitz atau AH Capital Management, LLC adalah sebuah perusahaan modal ventura swasta Amerika yang didirikan pada tahun 2009 oleh March Andreessen dan Ben Horowitz, yang berkantor di Menlo Park, California.

 

Perusahaan modal ventura ini berinvestasi di perusahaan rintisan tahap awal dan perusahaan yang sedang berkembang, mecakup inovasi dalam bidang industri seluler, crypto, game, sosial, e-commerce, pendidikan, IT-Cloud, sistem keamanan dan perangkat lunak sebagai sisem layanan.

 

Marc Andreessen adalah seorang pengusaha, investor dan insinyur perangkat lunak. Ia dideskritkan dengan salah satu pendiri Netscape dan Opsare yang diakuisisi oleh HewlettpPackard. Andreessen merupakan salah satu dari enam orang yang dilantik di World Wide Web Hall of Fame pada 1994. Ia menerima gelar sarjana ilmu komputer dari University of Illinois Urbana-Champaign, kemudian setelah lulus pernah magang di IBM Austin, Texas.

 

Benjamin Horowitz adalah seorang investor, blogger. Sebelumnya dia mendirikan sekaligus sebagai CEO perusahaan perangkat lunak Opsware. Horowitz memperoleh gelar sarjana ilmu komputer Universitas Columbia (1988) dan MS dalam ilmu komputer dari UCLA (1990).

 

Antara tahun 2006-2010, keduanya aktif berinvestasi di beberapa perusahan teknologi, salah satunya sebagai Angel Investor Twitter. Pada bulan mei 2011, Andreessen berada di peringka 10 pada daftar investor teratas teknologi Forbes Midas. Pada tahun 2014 perusahaan mengelola aset senilai $4 miliar.

 

Perusahaan modal ventura juga bermitra dengan John O Farrel (mantan wakil presiden senior @Homenetwork), Scott Weiss (mantan CEO IronPort Systems yang diakuisisi oleh Cisco), Jeff Jordan (mantan Presiden Paypal), Peter Levine 9insinyur perangkat lunak serta lecture Sloan School of Management & Stanford Graduated School), Chris Dixon, Vijay Pande, Shirram Krishnan (former Microsoft, twitter, yahoo, facebook, dan Snap), dan lain-lain.

 

Linimasa Pendanaan

 

2009

Mendanai SaaS Apptio, menemakan saham di Skype

 

2010-2011

Investasi di perusahaan cloud Okta, Facebook, groupun, twitter, Zynga, Airbnb, Jawbone, Foursquare, Stripe

 

2012-2013

Investasi di GitHub, Clinkle, Coinbase, Databricks, Lyft, Oculus VR, Ripple, Soylent, Ubiome

 

2014-2015

Memimpin putaran seri B di startup pengujian A/B Optimizely, Tanium, BuzzFeed, Stack Exchange, Onshape, Medium, OpenBazaar, Blockchain, Mootropics.

 

2016-2019

Investasi pada perusahaan kesehatan digital, dan apeel Sciences, Sigma, health IQ, Smartcar, Earmin, Pindrop. Pada tahun 2019 perusahaan menyediakan $ 15,3 juta dalam pendanaan seri A untuk Substack.

 

2020-2021

Pada tahun 2020, perusahaan memimpin putaran seri G senilai $150 juta di Roblox, platform video game sosial anak-anak. Pada bulan April 2020, memimpin putaran seri D senilai $50 juta Figma, sebuah platform yang menyediakan perangkat editor grafis vektor dan tols embuatan prototipe. Pada bulan Mei 2020, perusahaan melakukan investasi Seri A $12 juta di Clubhouse, sebuah aplikasi jejaring sosial audio-chat. Pada bulan April 2021, memimpin pendanaan seri D $220 juta untuk perusahaan fintech Current, pada bulan Juli 2021, memimpin pendanaan seri A senilai $100 juta utk latform pasar NFT OpenSea. 

 

Pada bulan September 2021, perusahaan memimpin penggalangan dana seri A senilai $18 juta di Peral health, sebuah perusahaan teknologi perawatan kesehatan. Pada bulan Oktober 2021, memimpin putaran pendanaan seri B untuk Sky Mavis.

 

Pada bulan Agustus 2021, perusahaan modal ventura ini sudah mengelola aset senilai $18,8 miliar.

 

Berikut Startups yang di danai oleh perusahaan dan berhasil meraih IPO: Affirm, Asana, Box, Digital Ocean, Facebook, Groupon, Lyft, Okta, Pinterest, Coinbase, dan Zynga, Pagerduty

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done