David Kelley: Pendiri Firma Konsultan Desain, IDEO - Teras Academy
News Update
Loading...

3/27/2022

David Kelley: Pendiri Firma Konsultan Desain, IDEO

 

David Kelley
Sumber:TED


Siapa yang tidak mengenal IDEO, firma konsultan Desain ternama di dunia. IDEO telah mengerjakan proyek-proyek besar dalam berbagai bidang, seperti industri makanan-minuman, ritel, komputer, medis, pendidikan, dan otomotif. Beberapa produk terkenal hasil desain firma ini adalah mouse pertama Apple.

 

IDEO didirikan pada tahun 1991 oleh David kelley, Bill Moggridge, dan Mike Nuttall. Dari ketiga pendiri tersebut, kita akan bahas David Kelley.

 

Kelley lahir 10 Februari 1951 di Barbeton, Ohio. Ia memperoleh gelar sarjana Teknik Listrik Universitas Carnegie Mellon pada tahun 1973. Pada saat menjadi mahasiswa tergabung dalam persaudaraan Sigma Alpha Epsilon, Setelah lulus ia menyadari bahwa ia tidak cocok dengan ilmu tersebut.

 

Atas dorongan dari rekanya, Bill Potts  dia pergi ke Stanford untuk mendalami ilmu desain dan lulus pada 1977.

 

Kelley mulai bekerja sebagai insinyur, pertama di Boeing dan NCR. Ketika di Boeing, ia bertanggung jqwab atas desain tanda Lavatory Occupied untuk pesawat 747. Pada tahun 1978, ia bermitra dengan Dean Hovey mendirikan Hovey-Kelley Design. Hovey kemudian pergi, setelah itu firma menjadi David Kelley Design.

 

Pada tahun 1984, ia ikut terlibat mendirikan Onset Ventures, sebuah perusahaan modal ventura tahap awal. Dia juga terlibat mendirikan Edge Innovations. Pada tahun 1991, Kelley mengabungkan David Kelley Design dengan tiga perusahaan desain lainnya, Matriks Desain, dan ID Two milik Bill Moggridges menjadi IDEO.

 

“Berjuang untuk kesempurnaan dapat menghalangi tahap awal proses kreatif.” 

David Kelley

 

Kelley mulai mengajar pada program Desain produk Stanford pada tahun 1978. Dia sempat menjadi mahasiswa Ph.D namun tidak lulus. Pada tahun 1990, ia menjadi Profesor tetap, dan dinobatkan sebagai Profesor Donald W Whittier dalam bidang Teknik Mesin pada 2002.

 

Pada 2004, Kelley memimpin pendirian Hasso Plattner Institute of Design Stanford University yang dikenal dengan dSchool. D.School dikenal sebagai lembaga yang mempromosikan pendekatan inovatif Design Thinking dan Human Centered Design (HCD)

 

"Salah satu kunci sukses David adalah, sebelum dia mulai berbicara dengan orang didepanya, dia benar-benar mendengarkan dengan seksama dan menyerap bahasa tubuh mereka sebelum membeirkan komentar atau pendapat – itu adalah bakat langka, dan salah satu dari banyak tanda-tandanya. Empati yang luar biasa.” –Robert I Sutton, Ph.D

 

Penghargaan atas Dedikasi

 

David M kelely menerima banyak penghargaan atas segala kontribusi yang telah ia hasilkan.

 

Pada tahun 2000, Chryster Design Award, dan terpilih National Academy of Engineering untuk “penciptaan produk keragaman dan pengaruh praktek desain”.

 

Pada 2001 mendapatkan penghargaan National Design Award dari Smithsonian’s Cooper Hewitt, national Design Museum dalam kategori Desain Produk.

 

Pada tahun 2009, mendapat anugerah Edison Achievement Award atas kontribusinya dalam terobosan desain produk, layanan, dan pengalaman bagi konsumen.

 

Pada tahun 2019, Kelley mendapatkan gelar kehormatan Doctor of Science and technology dari Carnegie Mellon University. Pada tahun 2020 menerima penghargaan Bernard M Gordon Prize dari National Academy of Engineering untuk kontribusinya dalam mempopulerkan prinsip-prinsip dan kurikulum Design Thinking untuk mengembangkan kepemimpinan inovatif dan berdampak.

 

Pada tahun 2012, Kelley berbicara dalam forum TED dengan topik Creative Confidence. Pada tahun 2013, bersama dengan saudaranya, Tom Kelley menerbitkan buku berjudul Creative Confidence, yang oleh Forbes di sebut sebagai bacaan yang menarik dan memberdayakan.

 

David Kelley telah diakui sebagai salah satu inovator desain terkemuka di Amerika Serikat.

 

 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done