Bill Moggride: Pelopor Human Centered Design - Teras Academy
News Update
Loading...

3/27/2022

Bill Moggride: Pelopor Human Centered Design

Source: wikipedia


William Grant Moggridge  lahir di London 25 Juni 1943, dikenal sebagai seorang konsultan desain sekaligus pelopor pendekatan Human Centered Design, dan salah satu tokoh yang memperjuangkan desain interaksi sebagai disiplin ilmu dalam bidang desain dan komputer.

 

Moggridge belajar ilmu desain industri pada tahun 1962 hingga 1965 di Central School of Art and Design, London. Ia kemudian pergi ke AS menjadi desainer untuk American Sterilizer Co, dengan tugas merancang peralatan rumah sakit. Pada tahun 1969, kembali ke London untuk belajar tipografi dan komunikasi.

 

Masih di tahun yang sama, Moggridge mendirikan perusahaan pertamanya di lantai atas rumahnya, Moggridge Assocites. Pekerjaan pertama adalah mendesain alat pemanggang roti. Pada tahun 1972, ia mengerjakan proyek pertamanya, sebuah komputer mini untuk perusahaan Computer Technology Ltd, inggris, namun tidak pernah diproduksi.

 

Pada 1979, ia kembali ke AS membuka kantor baru, yang disebut ID Two terletak di Palo Alto, California. Klien awal adala grid system Corporation, sebuah prodsen komputer portabel awal yang berbasis di Amerika Serikat. Pada tahun 1982, perusahaannya kedatangan desainer Mike Nuttal. Namun tidak bertahan lama, Nuttal pergi dan mendirikan firma sendiri bernama Matrix Product Design.

 

Untuk perode yang sama, ia mengajar di program Desain Produk Universitas Stanford, di mana ia bertemu dengan rekan pengajar David Kelley, yang pada waktu itu memiliki firma desain teknik sendiri, David kelley Design.

 

Pada tahun 1991, bersama dengan Kelley dan Mike Nuttal, mendirikan firma konsultan desain, IDEO. Moggridge di IDEO hingga tahun 2010 sebelum menjadi direktur Cooper-Hewitt National Design Museum di New York City. Museum tersebut meruakan satu-satnya museum di AS yang didedikasikan secara khusus untuk sejarah desain dan kontemporer.

 

Dari tahun 1983 hingga 2010, Moggridge menjadi konsultan Profesr di berbagai departemen Stanford termasuk Program Desain produk. Pada tahun 2001, ia menjadi aggota komite interaction Design institute Ivrea, Italia. Ada tahun 1993, dia menjadi Profesor tamu dalam program desain interaksi di Royal College of Art London dan wali Design Museum London.

 

Beberapa penghargaan berhasil ia raih, diantaranya: Mendapat anugerah AIGA Medal (2014), Doctor kehormatan California College of the Arts (2012), dalam edisi Oktober 2011, Fastcompany, Moggridge diprofilkan sebagai master of Design, dan dinobatkan sebagai salah satu dari 50 desainer paling berpengaruh di dunia. 


Pada 2009, ia mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Award dari National Design. Industrial Designer Society of America (IDSA) menobatkan Moggridge sebagai Fellow. Pada 1988 Moggridge di nobatkan sebagai Royal Designer for Industry oleh Royal society untuk dorongan Seni, manufaktur, dan Perdagangan.

 

Pada bulan oktober 2006, Moggridge menerbitkan buku yang berjudul Designing Interaction yang dierbitkan oleh The MIT Press. Salah satu isinya adalah wawancara dengan desiner dan pengusaha, seperti Douglas Engelbart hingga Will Wright. BusinessWeek menamakan bukungan sebagai salah satu Buku Inovasi dan Desain terbaik tahun 2006. Pakar desain Don norman menulis, “Ini akan menjadi buku-buku yang merangkum bagaimana teknologi interaksi muncul dan menjelaskan bagaimana teknologi itu akan berkembang di masa depan.”

 

Kutipan Moggridge

 

“Jika ada prinsip sederhana dan mudah yang mengikat semua yang telah saya lakukan bersama, itu adalah minat saya pada orang-orang dan hubungan mereka dengan berbagai hal.”

 

‘Satu-satunya cara untuk mengalami pengalaman adalah dengan mengalaminya.”

 

“hanya sedikit orang yang memikirkan atau menyadarinya. Tapi tidak ada yang dibuat oleh manusia yang tidak melibatkan keputusan desain di suatu tempat.”

 

“Jika ada prinsip desain yang sederhana dan mudah yang menyatukan semuanya, mungkin ini tentang memulai dengan orang-orangnya.”

 


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done