Mencari Cara Baru Untuk Keluar dari Kesulitan - Teras Academy
News Update
Loading...

10/02/2021

Mencari Cara Baru Untuk Keluar dari Kesulitan

Source:https://www.meetingsnet.com/

Masih diingat oleh Jim Mckelvey pada tahun 2009 ketika berada di studionya di St Louis ia tidak dapat menerima kartu American Express yang membuatnya frustasi karena kehilangan penjualan saat itu. Mc Kelvey bertanya pada diri sendiri “Mengapa begitu sulit dan mahal untuk menerima pembayaran kartu kredit?


Mc Kelvey kemudian berdiskusi dengan Jack Dorsey untuk mencari solusi atas problem yang tengah ia hadapi dan juga problem dari para pelaku usaha kecil. “Harus ada cara baru untuk mencari jalan keluar dari permasalahan ini”, ucap dia. Dari diskusi ini keluarlah ide untuk membuat alplikasi ajaib, bernama Square.


Kisah McKelvey dan Square

Source: Getty Images/Illustration: Chloe Krammel

James Morgan McKelvey nama lengkap miliarder dan salah satu pendiri sebuah perusahaan pembayaran keuangan online, Square. Lahir dan dibesarkan di St Louis, Missouri, McKelvey mengenyam pendidikan di Ladue Horton Watkins High School.


Ketika remaja ia sudah menerbitkan buku pegangan tentang UCSD Pascal dan Apple Pascal. Setelah lulus dari Universitas Washington St Louis, McKelvey bekerja sebagai kontraktor untuk IBM di Los Angeles.


Pada tahun 2009, bersama dengan Jack Dorsey mendirikan Square, sebuah perusahaan jasa keuangan dan pembayaran digital. Mereka berdua berhasil mendapatakn pendanaan awal sebagai modal medirikan Squara dari Marissa Mayer, kevin Rose, Biz Stone. Setelah itu perusahaan mendapatkan pendanaan dari Khosla Ventures, Sequoia Capital, Kleiner Perkins, City Ventures dan Goldman Sachs.


Square sebagai perusahaan FindTech tumbuh dengan cepat. Pada tahn 2014, valuasi perusahaan mencapai $6 miliar. Pada tahun 2015, Square melakukan IPO. Pada tahun 2021, Square mengumumkan telah mengakuisisi sebuah persahaan streaming musik TIDAL. Pada bulan Agustus 2021, perusahaan mengakuisisi Afterpay.


Bagaimana perusahaan mendapatkan keuntungan? Square mengenakan biaya sebesar 2,6% ditambah $0,10 untuk setiap transaksi kartu kredit yang dipindai secara elektronik atau 3,50% ditambah $0,16 per transaksi yang dimasukan secara manual. Saat ini, perusahaan memiliki karyawan lebih dari 2.500 oarang, serta memiliki kapitalisasi pasar sebesar $20 miliar.


Menemukan Cara Baru

Anda tidak akan bisa mengatasi sebuah masalah dengan cara yang sama. Kalimat ini sudah menjadi mantra umum.

We're not looking for new things when everything's working well. But in times of chaos, when things aren't working well, then we start searching for new ways to do things” –Jim McKelvey

 

Jim McKelvey memberikan tips sederhana bagaimana caranya agar Anda bisa mmenemukan cara baru, yakni dengan menjadi tidak kompeten. Ada saatnya Anda harus merasa tidak memenuhi syarat. Dan saat itulah Anda akan melakukan sesuatu yang benar-benar baru.


Wright bersaudara, Orville dan Wilbur Wright tidak memenuhi syarat untuk menerbangkan pesawat pertama mereka karena manusia belum pernah terbang sebelumnya. Sekarang, jika saya ingin menajdi pilot hari ini, saya dilatih, diuji, dan FAA harus mensertifikasi saya.


Share with your friends

4 komentar

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done