5 Hal yang Membentuk Kamu di Masa Depan - Teras Academy
News Update
Loading...

9/30/2021

5 Hal yang Membentuk Kamu di Masa Depan

 

Source:mindmeister.com

Saya percaya bahwa pendidikan terbaik akan dihasilkan oleh kebiasan-kebiasaan terbaik yang dilakukan oleh seseorang. Jika seorang guru mampu menghasilkan habit luar biasa, saya yakin 5-10 tahun kedepan para guru-guru di tanah air kita akan menjadi guru hebat dan berkualitas.


Ada 5 Hal yang bisa membentuk seseorang di masa depan. Ke-5 Hal tersebut diantaranya adalah:

 

01#. Buku-buku yang di Baca

Pernahkah terpikirkan bahwa buku-buku yang dibaca oleh seseorang akan membentuk pola pikir serta perilaku mereka?. Seorang guru Teknologi Informasi dalam perjalanannya sangat tertarik dengan ilmu desain. Di kemudian hari ia membeli buku-buku tentang desain hingga akhirnya ia lebih menyukai mengajar Multimedia daripada mengajar matpel TIK di sekolahnya.

 

02#. Informasi yang Kamu konsumsi di Media Sosial

Berapa kali dalam sehari Anda membuka instagram atau facebook?. Informasi apa yang membuat Anda tertarik untuk dikonsumsi? Tokoh atau publik figur siapa saja yang Anda follow? Kenapa Anda tertarik memfollow mereka?.  Percaya atau tidak, selain pengetahuan dari buku, informasi yang Anda konsumsi dari media sosial akan mempengaruhi pola pikir serta sikap Anda.

 

03#.Orang-orang dan lingkungan yang kamu habiskan waktu bersama

Dengan siapa waktu Anda banyak habiskan dalam sehari-hari, sepekan, sebulan?

Ibu guru Vinda telah memilih guru A sebagai teman akrab sekaligus tempat curhat baginya. Pilihan yang ia tentukan di dasari oleh kesamaan karakter. Akhirnya kedua guru tersebut bisa dibilang sejoli yang mempunyai satu kesamaan yang tidak dapat dipisahkan.


Apa yang dilakukan oleh bu Guru Vinda tidaklah salah. Namun harus kita pahami bahwa sebuah pertemenan erat yang didasari oleh latarbelakang apapun akan membuahkan konsekuensi jangka panjang.

 

04#. Investasi yang Kamu lakukan (Ilmu, Waktu Kesehatan, Materi)

Dalam dunia seperti saat ini, tidak ada investasi yang menarik selain uang (materi). Kebanyakan diantara mereka memilih berinvestasi rumah hingga bermain saham. Pilihan ini tentunya tidaklah buruk, namun kurang tepat.


Seorang data scientis Grab, menceritakan jika ia mulai menanamkan investasi ilmu kepada anaknya yang baru menginjak usia SD. Di dunia ini tidak ada yang lebih berharga dari sebuah ilmu, pesan sang Ayah. Ilmuwan data tersebut memberikan stimulus berupa buku-buku bacaan sederhana pemrograman, mengajarkan mulai dari sederhana. Sang anak mulai tertarik (tanpa terpaksa) mempelajari ilmu STEM pemrograman. Hari-harinya dipenuhi dengan permainan serta membaca buku berkaitan dengan kedua ilmu tersebut.

 

05#. Kebiasaan yang Kamu lakukan

Merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik tidaklah mudah. Meskipun begitu, selalu ada cara untuk merubah kebiasaan buruk tersebut.James Clear dalam bukunya Atomic Habits menjelaskan bahwa kebiasaan positif akan tercapai jika seseorang mengunakan identity-based habits misalnya seseorang ingin menciptakan kebiasaan produktif dengan cara merubah identitas dirinya terlebih dahulu.


Ganti identitas diri dari “guru pemalas” menjadi “guru produktif dan lincah”. Dengan identitas yang kita yakini, maka kita akan berusaha menjadi seseorang yang kita harapkan.

 

Kesimpulan

Anda 5 tahun-10 tahun kedepan sangat ditentukan oleh 5 hal. Ke 5 hal tersebut bisa membentuk pola pikir dan karakter Anda yang pada akhirnya bisa mempengaruhi kesuksesan Anda di masa depan.


Karena itu lakukan ini mulai sejak dini: (1) bacalah buku-buku yang menjadi pasion Anda; (2) Sharing setiap informasi yang datang kepada; (3) Anda boleh berteman kepada siapun, namun diantara banyak teman yang Anda miliki, pilihan diantara mereka yang memiliki growt mindset (pola pikir bertumbuh) menjadi teman akrab; (4) Investasilah ada ilmu dan waktu karena keduanya sebaik-baik investasi; (5) Jika ingin merubah kebiasaaan buruk, maka rubahlah indentitas Anda terlebih dahulu.  

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done