Membuat Portofolio Digital Bagi Guru dan Dosen - Teras Academy
News Update
Loading...

9/26/2021

Membuat Portofolio Digital Bagi Guru dan Dosen

 

(source: https://www.themuse.com/)


Portofolio digital adalah kumpulan artefak pembelajaran yang menunjukkan pertumbuhan, perolehan keteramplan atau pengetahuan, dan kreativitas siswa dari waktu ke waktu. –Avra Robinson, Edutopia


Salah satu teknik penilaian dalam dunia pendidikan adalah penilaian portofolio. Penilaian portofolio merupakan teknik penilaian yang dilakukan dengan cara menilai hasil karya peserta didik yang di dalamnya berisi kumpulan project, karya, prestasi serta capaian-capaian yang telah dihasilkan.

Penilaian portofolio akan memberikan gambaran real peserta didik. Pertanyaannya kemudian muncul, apakah hanya seorang siswa atau mahasiswa saja harus memiliki portofolio?

Jawabnya tidak!. Seorang guru dan dosen harusnya mempunyai kewajiban yang lebih besar bila dibandingkan dengan seorang siswa.

Meskipun guru dan dosen tidak wajib membuat portofolio, namun dalam beberapa event seorang guru dan dosen wajib untuk memiliki. Tidak cukup sekedar membuat CV yang hanya berisi sekelumit informasi, guru dan dosen juga harus mampu membuat portofolio mereka sendiri.

Dalam event seperti perlombaan guru dan dosen berdedikasi, guru penggerak serta kegiatan Pengembagan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) seorang guru wajib memiliki portofolio.

Mengapa Portofolio Digital

Membuat portofolio sangat mudah, apalagi membuat portofolio digital. Bentuk portofolio manual saat ini sudah usang, selayaknya beralih menuju portofolio digital dengan memanfaatkan TIK.

Portofolio digital bisa dibuat dengan memanfaatkan halaman web, blog serta situs media sosial seperti pinterest atau behance.

Kita tidak sekedar berbicara era digital sehingga menjadi sebuah alasan utama mengapa seorang pendidik harus beralih pada portofolio digital.

Kami akan memaparkan mengapa seorang pendidik harus memiliki portofolio digital sakaligus dengan mereview beberapa guru dan dosen yang telah memanfaatkan google sites dalam membangun portofolio mereka.

01#. Mudah Penyimpanan dan Akses

Google Sites telah terintegrasi dengan product google lainnya. Sehingga Anda bisa menyimpan pelbagai file, publikasi, dan karya ke dalam sistem cloud yang terintegrasi

02#. Menampilkan Semua Karya


Dr Jae Hoon Choi seorang dosen sekaligus Assisten Professor Departement of Economics Xavier University membuat CV digital dengan sites. Sangat sederhana, namun cukup bisa menampilkan CV dan karya sang dosen.

Seorang guru Lazuardi Al Falah, teacher Andri menggunakan google sites dalam membuat portofolio. Semua karya dan aktivitas dari teacher Andri terpampang di sana.

03#. Mudah di Temukan

Google Sites mudah ditemukan dalam mesin pencahri. Ketika Anda membuat portofolio digital pada hari itu, maka esok portofolio digital Anda akan terindex oleh mesin pencahri google alias terbaca di sana. Dengan mudahnya di ditemukan orang lain, maka karya Anda akan lebih mudah dijangkau serta dijadikan referensi. Apalagi Anda mempunyai banyak publikasi di Google Scholar

04#. Mudah Berbagi

Salah satu pekerjaan rutinitas seorang pendidik dan dosen adalah mengajar. Guru dan dosen selalu membuat silabus atau amteri bahan ajar. Materi bahan ajar bisa menjadi sebuah karya sendiri dalam sebuah portofolio. Siswa akan dengan mudah mendapatkan pelajaran atau referensi pembelajaran dari Anda.

Dr Gang He, seorang Asisten Profesor Stony Brook University membuat portofolio digital menggunakan sites. Salah satu isi portofolio Dr Gang He adalah silabus dan presentasi bahan kuliah.

05#. Meningkatkan Kualitas Diri

Portofolio digital dapat meningkatkan kualitas seseorang. Seorang pengajar yang memiliki portofolio digital akan selalu berusaha menghasilkan karya yang lebih banyak dan lebih baik. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan mereka yang tidak pernah mempunyai keingingan membangun sebuah portofolio.

Kesimpulan

Portofolio Digital bagi Guru dan Dosen untuk saat ini adalah suatu keniscayaan. Mereka bisa membuat portofolio digital dengan mudah dengan memanfaatkan platform google sites. Bagaimana agar SDM kami bisa membuat portofolio digital ini? Anda bisa menghubungi admin ya 

Share with your friends

1 komentar

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done