Royal Swedish Academy of Science (RSAS): Lembaga Ilmu Pengetahuan Terbesar di Swedia - Teras Academy
News Update
Loading...

12/01/2018

Royal Swedish Academy of Science (RSAS): Lembaga Ilmu Pengetahuan Terbesar di Swedia




Royal Swedish Academy of Sciences (RSAS), Kungliga Vetenskapsakademien atau Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia merupakan lembaga pengetahuan terbesar di Swedia. Mirip LIPI, namun RSAS organisasi ilmiah independent non-pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan dan mempromosikan ilmu-ilmu alam, matematika, disiplin ilmu.

Lembaga ini sangat prestesius karena dipercaya dalam menyelenggarakan atau memberi penghargaan nobel bidang Fisika dan Kimia. Selain itu, RSAS juga memberi penghargaan Sveriges Riksbank Prize (dalam ilmu ekonomi), Crafoord Prize (dalam ilmu astronomi, matematika, geosains, dan biosains), Sjoberg Prizes, Rolf Schock Prize (dalam ilmu filsafat), dan Gregori Aminoff Prize (dalam ilmu kristalografi).

Lembaga ini didirikan pada 2 Juni 1739 oleh ilmuwan Carl Linnaeus, Jonas Alstromer dan Marten Triewald. RSAS terdri dari 1.700 anggota internal (Swedia) dan 1.200 anggota eksternal dengan beberapa disiplin ilmu, seperti Matematika, Astronomi, Fisika, Kimia, Ilmu Medis, Teknik dan sosial.

Lembaga ini juga menerbitkan beberapa publikasi, salah satunya adalah jurnal Zoologica Scripta, jurnal ilmiah yang terbit dua bulan sekali. Jurnal ini memenuhi peringkat 12 dari 146 jurnal Zoologi di seluruh dunia.

RSAS per tahun 2015 dipimpin oleh Dr Goran K Hansson. Dr Hansson lahir pada tahun 1951. Ia adalah seorang dokter dan Ilmuwan Swedia. Hansson belajar di Universitas Gothenburg, pernah menjadi peneliti di University of Washington di Seattle, Profesor biologi sel di Gothenburg, dan professor tamu di Harvard Medical School. Semenjak 1995, Dr Hansson adalah professor peneliti kardiovaskuler eksperimental di Institut Karolinska.



Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done