Marvin Minsky: Ilmuwan Pelopor Kecerdasan Buatan (AI) MIT - Teras Academy
News Update
Loading...

1/14/2024

Marvin Minsky: Ilmuwan Pelopor Kecerdasan Buatan (AI) MIT

 

sumber:https://www.popsci.com

Marvin Minsky (4 Agustus 1927 - 24 Januari 2016) adalah seorang ilmuwan komputer dan kognitif Amerika Serikat yang dikenal sebagai salah satu pendiri ilmu kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI). Ia bersama dengan Alan Turing, JohnMcCarthy, Nathaniel Rochester, dan Claude Shannon adalah salah satu tokoh utama dalam perkembangan awal ilmu kecerdasan buatan.

Marvin Lee Minsky lahir di New York City, dari ayah seorang ahli bedah mata , Henry, dan dari ibu, Fannie (Reiser), yang merupakan seorang aktivis Zionis . Keluarganya adalah orang Yahudi. Dia bersekolah di Sekolah Fieldston Budaya Etis dan Sekolah Menengah Sains Bronx kemudian bersekolah di Phillips Academy di Andover, Massachusetts.


Dia kemudian bertugas di Angkatan Laut AS dari tahun 1944 hingga 1945. Ia menerima gelar BA dalam bidang matematika dari Universitas Harvard pada tahun 1950 dan gelar Ph.D. dalam bidang matematika dari Universitas Princeton pada tahun 1954. Disertasi doktoralnya berjudul "Teori sistem penguatan saraf-analog dan penerapannya pada masalah model otak."


Dia berada di fakultas MIT dari tahun 1958 sampai kematiannya. Dia bergabung dengan staf di Laboratorium MIT Lincoln pada tahun 1958, dan setahun kemudian dia dan John McCarthy memprakarsai apa yang, pada tahun 2019 , diberi nama Laboratorium IlmuKomputer dan Kecerdasan Buatan MIT.


Minsky membuat kontribusi besar terhadap pemahaman kita tentang bagaimana manusia dan mesin dapat berpikir dan belajar. Ia terkenal karena karyanya dalam mengembangkan model-model kognitif yang mendukung kecerdasan buatan, termasuk pengembangan konsep jaringan saraf tiruan. Salah satu bukunya yang terkenal adalah "Perceptrons," yang ditulis bersama dengan Seymour Papert pada tahun 1969.


Buku Minsky Perceptrons (ditulis bersama Seymour Papert) menyerang karya Frank Rosenblatt , dan menjadi karya dasar dalam analisis jaringan saraf tiruan . Buku ini menjadi pusat kontroversi dalam sejarah AI, karena beberapa orang mengklaim bahwa buku ini sangat penting dalam menghambat penelitian jaringan saraf pada tahun 1970-an, dan berkontribusi pada apa yang disebut " musim dingin AI ". Ia juga mendirikan beberapa model AI lainnya. Makalahnya Kerangka untuk mewakili pengetahuan menciptakan paradigma baru dalam representasi pengetahuan. Meskipun Perceptrons- nya kini lebih bersifat historis dibandingkan buku praktis, teori bingkai digunakan secara luas. Minsky juga menulis tentang kemungkinan bahwa kehidupan di luar bumi mungkin berpikir seperti manusia, sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi.


Pada awal tahun 1970-an, di Lab Kecerdasan Buatan MIT, Minsky dan Papert mulai mengembangkan apa yang kemudian dikenal sebagai teori Society of Mind. Teori ini mencoba menjelaskan bagaimana apa yang kita sebut kecerdasan bisa menjadi produk interaksi bagian-bagian non-cerdas. Minsky mengatakan bahwa sumber ide terbesar tentang teori ini berasal dari karyanya saat mencoba membuat mesin yang menggunakan lengan robot, kamera video, dan komputer untuk membuat balok anak-anak.


Pada tahun 1986, Minsky menerbitkan The Society of Mind, sebuah buku komprehensif tentang teori yang, tidak seperti kebanyakan karyanya yang diterbitkan sebelumnya, ditulis untuk masyarakat umum. Minsky juga aktif di Massachusetts Institute ofTechnology (MIT), di mana ia menjadi profesor sejak tahun 1958. Pada masa hidupnya, ia menerima berbagai penghargaan dan pengakuan untuk kontribusinya di bidang kecerdasan buatan dan ilmu kognitif, diantaranya Turing Award dan Benjamin Franklin Medal. Meskipun Minsky meninggal pada tahun 2016, warisannya terus memengaruhi dan memberikan inspirasi bagi perkembangan ilmu kecerdasan buatan dan komputasi kognitif.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done