Stevente Paabo Mendapatkan Hadiah Nobel Kedokteran Berkat Meneliti Manusia Purba - Teras Academy
News Update
Loading...

10/05/2022

Stevente Paabo Mendapatkan Hadiah Nobel Kedokteran Berkat Meneliti Manusia Purba

Sumber: Reuters

Majelis Nobel di Institut karolinska Swedia baru-baru ini telah menjatuhkan penghargaan tertinggi dalam bidang kedokteran kepada Ilmuwan Swedia, Svante Paabo. Peneliti Swedia tersebut telah melakukan studi tentang asal-usul manusia seteah mengembangkan cara yang memungkinkan manusia memeriksa urutan DNA dari sisa-sisa arkeologi dan paleontologi dari sejak awal sejarah manusia.

 

Paabo tidak hanya mengungkapkan eksistensi spesies manusia Denisovans, yang sebelumnya tidak diketahui, dari sepotong tulang jari berusia 40.000 tahun yang ditemukan di Siberia, tetapi juga menemukan metode pengurutan seluruh genom Neanderthal.

 

Svante Paabo lahir di Stockholm pada 20 April 1955. Ayahnya adalah seorang ahli Biokimia Sune Bergstrom, peraih nobel fisiologi pada tahun 1982. Ia memperoleh gelar Ph.D dari Universitas Uppsala pada tahun 1986 untuk penelitian protein E19 adenovirus yang memodulasi sistem kekebalan tubuh. Ia juga melakukan penelitian postdoctoral di Institut Biologi Molekuler, Zurich university dan University of California, Berkeley.

 

Paabo dikenal sebagai salah satu pendiri paleogenetika, sebuah disiplin ilmu yang mempelajari manusia purba menggunakan genetika. Pada tahun 1997, ia dan rekan melaporkan sukses melakukan sekuensing DNA mitokondria Neanderthal (mtDNA), yang berasal dari spesimen yang ditemukan di gua Feldhofer di lembah Neander.

 

Pada tahun 2006, Paabo mengumumkan rencananya untuk merekonstruksi seluruh genom Nean. Pada bulan maret 2010, dengan rekan kerjanya menerbitkan analisis DNA dari tulang jari yang ditemukan di Gua Denisova, Siberia. Hasilnya menunjukkan bahwa tulang tersbeut milik anggota genus Homo yang telah punah yang belum dikenali, hominin Denisova.

 

Pada tahun 2014, paabo menerbitkan buku berjudul Meanderthal man: inSearch of Lost Genomes, yang berisi memoar dan cerita sains popular, menceritakan kisah upaya penelitian untuk memetakan genom Neadherthal yang dikombinasikan dengan pemikiran tentang evolusi manusia.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done