Christian Catalini: Pencipta Diem dan Peneliti Cryptocurrency - Teras Academy
News Update
Loading...

5/12/2022

Christian Catalini: Pencipta Diem dan Peneliti Cryptocurrency

 

Christian Catalini: Pencipta Diem


Christian Catalini adalah salah satu founder Diem (sebelumnya Libra), Professor Theodore T Miller MIT Sloan Business School. Catalini juga seorang peneliti aktif Cryptocurrency dan Teknologi Blockchain.

 

Diem adalah sistem pembayaran stablecoin berbasis blockchain yang di usulkan oleh perusahaan induk facebook, Meta –rencana tersebut mencakup mata uang pribadi yang diimplementasikan sebagai mata uang kripto. Diem pada awalnya bernaam Libra, kemudian di bulan Desember 2020, proyek bergati dengan Diem.

 

Catalini lahir di Ancona, italia. Ia belajar ekonomi dan bisnis hingga menyelesaikan paster di Bocconi Universiy, Milan. Pada tahun 2013, Catalini memperoleh gelar Ph.D dari Rotman School of Management, Universitas Toronto dengan dibawah bimbingan Ajay Agrawal.

 

Selama mendapatkan gelar Ph.D, ia bekerja dengan Ajay Agrawal, dan mendirikan Creative Destruction Lab (CDL) di Universitas Toronto hingga menjadi Dewan penasehat Strategis CDL.

 

Ajay Agrawal adalah profesor manajemen strategis Rotman School of Management Universitas Toronto serta pendiri program kewirausahawan, The Next 36

 

Catalini bergabung dengan MIT pada 2013, dan pada tahun 2018 ditunjuk sebagai Faculty Research Fellow pada Biro riset ekonomi Nasional. Pada tahun 2013, iabersama dengan Catherine Tucker merancang percobaan mata uang digital MIT yang mendistribusikan $500.000 dalam Bitcoin ke semua mahasiswa sarjana MIT. Catalini dan Tucker mempublikasikan hasil penelitian mereka di situs Science.

 

Pada tahun 2017, ia mendirikan MIT Cryptoeconomics Lab, yang menyatukan bidang ekonomi dan ilmu komputer untuk mempelajari protokol Cryptocurrency secara insentif, termasuk desain pasarnya. Pada tahun 2018, Catalini bergabung dengan Davd Marcus, facebook Inc untuk mengembangkan desain ekonomi Libra (Diem).

 

Proyek Block Chainlink labs memperkerjakan Catalini serta kriptografer Stanford, Dan Boneh sebagai penasehat teknis perusahaan. Chainlink mengembangkan jaringan Oracle yang menghubungkan data dunia nyata dengan kontak pintar yang dibangun di atas blokchain.

 

Catalini dan Boneh akan mengerjakan Cross-Chain Interoperabilty Protocol (CCCIP), standar internasional baru untuk pengiriman pesan, data, dan pergerakan token antar-blockchain yang terdesentralisasi. Dengan CCIP, pengguna akan dapat memindahkan token dan mengeksekusi kontak pintar di berbagai blockchain melalui jaringan Chainlink.

 

Catalini terkenal karena beberapa karya awal fundamental tentang ekonomi cryptocurrency dan teknologi blockchain, crowdfunding, dan ekonomi sains. Penelitiannya dipublikasikan di nature, Science, New York Times, CNN, The Wall street Journal, The Economic, Forbes, bloomberg, TechCrunch, Financial Times, dan lain-lain.

 

“Teknologi blockchain dapat digunakan untuk mengubah hubungan antara pembuat knten digital, pengiklan, dan konsumen. Penginklan dapat memberi penghargaan kepada pengguna atas perhatian mereka dengan memberi mereka akses ke konten online eksklusif yang seharusnya mereka bayar.” Catalini

 

Penghargaan

 

Catalini menerika beasiswa junior dari Ewing Marion Kauffman dalam penelitian kewirausahaan pada tahun 2017. Sebelumnya tesis Catalini mendapat penghargaan sebagai Disertasi Luar Biasa Wiley Blackwell dalam kebijakan dan strategi bisnis.

 

Professor Catalini mempresentasikan karyanya di berbagai instiusi, seperti: Harvard, Yale, London Business School, UC Berkeley, Stanford, Federal Reserve, World Bank, World Economic Forum, dan sebagainya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done