Bagaimana Menjadi Pemimpin yang Lebih efektif (Free Download) - Teras Academy
News Update
Loading...

5/06/2022

Bagaimana Menjadi Pemimpin yang Lebih efektif (Free Download)

Menjadi Pemimpin efektif, versi HBS


Bagaimana membangun kepemimpinan efektif? Menurut Harvard Business School dalam panduan yang berjudul How To Become a More Effective Leader, ada beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin efektif. Diantaranya adalah:

Skill Pertama, Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi Anda, serta mengenali dan pengaruh emosi dari sekitar. Kecerdasan emosional diciptakan oleh John Mayer pada 1990 dan Petrus Salovey, kemudian dipopulerkan oleh Daniel Goleman. Agar bisa memiliki kecerdasan emosional, maka Anda harus memiliki kesadaran diri, regulasi diri, empati, mampu memotivasi diri dan lingkungan, serta keterampilan sosial.

Skill Kedua, Meningkatkan Keterlibatan Karyawan/Tim

Keterlibatan karyawan sangat penting untuk memperpanjang umur organisasi/bisnis. Menurut riset Gallup, keterlibatan karyawan menghasilkan kinerja secara subtansial lebih baik, serta perasaan kebersamaan karyawan dalam sebuah organisasi bisa berjalan lama.

Skill Ketiga, Negoisasi

Mengasah keterampilan negoisasi sangat bermanfaat dalam menciptakan kesuksesan. Negoisasi pada dasarnya mengacu pada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang yang Anda inginkan.

Skill Keempat, Pengambilan keputusan

Pengambilan keputusan yang snagat kuat sangat penting untuk kesuksesan bisnis/organisasi. Surve terbaru dari McKinsey menunjukkan hanya 20 persen dari profesional yang menyakini organisasi mereka mempunnyai keunggulan dalam “pengambilan keputusan”.

Skill Kelima, Change Management

Manajemen perubahan organisasi adalah metode memanfaatkan perubahan untuk menghasilkan resolusi yang lebih baik, dan biasanya mencakup tiga fase utama: Persiapan, implementasi, dan tindak lanjut. Perubahan biasanya dilakukan karena diyakini transisi akan memungkinkan bisnis/organisasi beroperasi pada tingkat yang lebih tinggi—menjadi lebih efisien, produktif, inovatif, dan menguntungkan.


Download Free Ebook from HBS

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done