10 Cara Berpikir Seperti Seorang Desainer - Teras Academy
News Update
Loading...

2/12/2022

10 Cara Berpikir Seperti Seorang Desainer

 

Source:https://uxdesign.cc/

Salah satu cara menumbuhkan kreatifitas adalah dengan berpikir seperti seorang desainer. Bagaimana berpikir seperti seorang designer? Para pemikir desing, seperti Leif Huff,  Suz Howard, Faddy Finch dan Anuja shukla akan menjelaskan kepada Anda.

 

“Berpikir seperti seorang desainer berarti mempelajari cara menyulap dan mengintegrasikan elemen-elemen yang sangat berbeda ke dalam satu kesatuan yang terorganisir, dan ini membuat roses desain menjadi permainan keseimbangan dan pengajaran”. Margaret Penney, Writer & Designer

 

1#. Menciptakan Rasa Penasaran

Tanpa rasa ingin tahu kita tidak bisa belajar dan bertumbuh. Organisasi yang tidak ingin tahu dan tidak mau belajar tidak akan dapat berkembang dalam lingkungan bisnis saat ini. Begitupun juga dengan Anda. Tumbuhkan rasa penasaran dalam ruang lingkup kerja Anda. Kita mengenal istilah bahasa gaul, “kepo”

 

2#. Menantang Asumsi

Sebuah asumsi tentang organisasi atau diri kita dari orang lain bisa menjadi peluru tantangan untuk menumbuhkan kreativitas. Jangan membalas sebuah asumsi negatif dengan ucapan. Cara yang tepat adalah dengan menantang sekaligus pembuktian.

 

3#.  Tersesat dalam Mimpi

Kreativitas terjadi ketika kita berhenti dan melepaskan. Saat kita tidak tahu harus kemana, saat kita melamun dan membiarkan pikiran kita mengalir. Kelelahan tidak akan menghasilkan kreatifitas. Karena itu mengapa terkadang kita memerlukan sebuah pemberhentian.

 

4#. Membingkai Pertanyaan

Proses kreatif biasa dilalui dengan menerjemahkan wawasan ke dalam pernyataan masalah. Tetapi Anda tidak dapat mengidentifikasi masalah tanpa mengajukan pertanyaan yang lebih besar terlebih dahulu. Jadi bagaimana kita sampai di sana? Ketika menemukan ruang peluang yang tepat untuk ditangani tim, kreativitas mengalir. Proses membingkai masalah dikenal dengan istilah How Might We.

 

5#. Kolaborasi

Kolaborasi bukan hanya tentang pola kerja individu, tetapi juga tentang apa yang terjadi di seluruh sistem, organisasi, dan pemerintah. Proyek kreatif seringkali muncul di saat banyak orang yang terlibat di dalamnya. Paham untuk mewujudkan idenya tentang tansportasi online, Nadiem tidak bisa sendirian. Ia kemudian mengajak Kevin Aluwi, yang saat itu menjadi Head of Business Intelligece Zalora Indonesia dan Michaelangelo Moran.

 

6#. Kecerdasan Emosional

Seorang desainer mengantisipasi perasaan dan motivasi. Bagaimana kita ingin orang berperilaku, aa nilai-nilai yang memandu keputusan. Bagaimana sikap untuk berubah, apa hambatan atau janji yang tidak terpenuhi. Joe Gebbia, desainer serta salah satu pendiri Airbnb, mempertaruhkan seluruh perusahaanya pada keyakinan bahwa orang dapat cukup percaya satu sama lain untuk tinggal di rumah satu sama lain. Gebbia menetapkan mimpinya dalam membangun budaya berbagi di maan desain dapat membantu membina komunitas dan koneks alih-alih isolasi dan pemisahan.

 

“Simpati bergatung pada pengalaman bersama. Jika anda kikuk, Anda mungkin bersimpati pada orang lain yang cenderung menabrak sesuatu. Emati, di sisi lain, adalah kemampuan untuk memahami perasaan orang lain bahkan jika Anda belum pernah mengalaminya sendiri”, Joe Gabbia

 

7#. Hidup di Masa Depan

Seorang desainer berpikir jauh kedepan. Dengan cara pandang tersebut, ia akan selalu merangkul perubahan dan menyadari tren, melukiskan gambaran tentang seperti apa kebaikan bagi orang lain.

 

“Tentu saja sebagai desainer Anda hidup di masa depan. Bukannya kami tidak tertarik dengan pekerjaan yang telah kami lakukan sebelaumnya, hanya saja kami begitu terlena dengan apa yang belum kami lakukan”, Jony Ive, Chief Design Officer. 

 

8#. Merangkul Kendala

Menurut garr Reynolds, kendala dan keterbatasan adalah sekutu yang luar biasa dan mengarah pada peningkatan kreativitas dan solusi cerdas yang tanpa kendala tidak akan pernah ditemkan atau diciptakan. Ketika Anda menemui kendala, jangan lari darinya -rangkul karena di sana ada banyak ruang kreaivitas.

 

9#. Memulai dengan Kata-Kata dan Coretan

Sebuah gagasan datang sebelum eksekusi dan Anda tahu bagaimana mengendalikan keinginan untuk memulai mendesain segera. Memikirkan atribut dan metafora yang mengungkapkan sebuah produk. Pemikiran strategis datang sebelum photoshop, ucap Peter Vukovic. Gunakan pena untuk menggores sebuah coretan beserta dengan kata-kata yang menggambarkan sebuah ide Anda.

 

10#. Gunakan Design Thinking

Design Thinking merupakan sebuah kerangka kerja pemecahan masalah kreatif yang menjanjikan untuk mengintegrasikan kebutuhan orang, kemungkinan penggunaan teknologi, dan kelayakan bisnis atau organisasi. Design Thinking telah banyak digunakan oleh institusi serta perusahaan fortune 100.

 

“The main tenet of design thinking is empathy for the people you’re to design for. Leadership is exactly the same thing-building empathy for the people that you’re entrusted to help.”, David Kelley, Founder IDEO

 

Kesimpulan

Menumbuhkan kreatifitas membutuhkan sebuah proses. Anda bisa mencoba kesepuluh langkah di atas. Dan tentunya, Anda tidak harus mejadi seorang desainer grafis.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done