10 Fakta Menarik Universitas Edinburgh, Skotlandia - Teras Academy
News Update
Loading...

11/03/2020

10 Fakta Menarik Universitas Edinburgh, Skotlandia

 

Edinburgh University

Jika Anda pergi ke Skotlandia, sudi kiranya mampir ke Universitas Edinburgh. Salah satu Universitas terbesar di Eropa ini tergabung ke dalam Russell Grub, dan menjadi member Liga Universitas Riset Eropa. Universitas juga memiliki sumbangan terbesar ketiga di Inggris Raya, setelah Cambridge dan Oxford. Pendapatan tahunan lembaga antara tahun 2018-2019 sebesar  £ 1.080.6 juta di mana £ 285.7 juta berasal dari hibah penelitian dan kontrak, dengan pengeluaran £ 1.211.9 juta.

Universitas Edinburgh merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Eripa dan dunia. Sayang kalau Anda melewatkan pelbagai informasi tentang Universitas ini. Berikut kami sajikan 10 Fakta Menarik Universitas Edinburgh, Skotlandia yang harus Anda ketahui bersama.


01#. Salah satu Universitas Tertua di Dunia

Universitas Edinburg atau yang biasa disingkat Edin, didirikan pada 1582, merupakan Universitas tertua keenam di dunia sekaligus merupakan salah satu Universitas kuno di Sktolandia. Perguruan tinggi didirikan oleh Dewan kota Edinburgh, sebagian bagian warisan yang ditinggalkan oleh lulusan Universitas St Andrews (yang lebih dahulu berdiri), serta Uskup Robert Reid dari Katedral St Magnus, Orkney.Institusi secara resmi didirikan sebagai berguruan tinggi berdasarkan piagam kerajaan, yang diberikan oleh Raja James VI pada 14 April 1582.

Didirikan sebagai “Tounis College”, Universitas membuka pintu bagi mahasiswa pada bulan Oktober tahun 1583. Sistem pengajaran dimulai di bawah pengawasan alumni St Andrews lainnya,s eperti teolog Robert Rollock. 


02#. Dipimpin oleh seorang Kanselir, Rektor dan Kepala Sekolah (Principal)

Universitas dipimpin oleh seorang aknselir dan rektor. Kanselir adalah pemimpin dari sebuah perguruan tinggi atau universitas, biasanya baik kepala eksekutif atau seremonial dari universitas atau kampus universitas dalam sistem Universitas. Di sebagian besar negara persemakmuran dan bekas negara Persemakmuran, kanselir biasanya adalah kepala universitas non-residen seremonial.

Kanselir Edinburgh adalah Anne Pricres Royal. Dia anak kedua dari Rau Elizabeth II dan pangeran Philiph, Edinburgh. Anne berada di urutan ke-14 dalam pewarisan tahta dan telah menjadi putri kerajaan sejak tahun 1987,

Rektor Edinburg adalah Ann Henderson, seorang jurkam partai buruh. Henderson lulus MA dalam sosiologi dan administrasi sosial Universitas Edinburgh. . Sedangkan Kepala Sekolah dijabat oleh Profesor William Mathieson. Mathieson adalah seorang ilmuwan yang mendapatkan gelar kedokteran di London Hospital Medical College, kemudian menjadi peneliti sekaligus mendapatkan gelar Ph.D dari Christ College, Cambrdige. Sebelum bekerja di edinburgh, ia pernah menjabat sebagai Direktur Studi Kedokteran Klinis, Christ College, Cambridge, Presiden Universitas Hongkong, dan Dekan fakultas Kedokteran Universitas Bristol


03#. Universitas Populer Kedua di Inggris berdasarkan Volume Lamaran

Universitas setiap tahun menerima sekitar 60.000 lamaran, menjadikan institusi menjadi universitas terpopuler di Inggris raya berdasarkan volumen lamaran. Edinburg memiliki nilai masuk UCAS rata-rata tertinggi ke-4 di Skotlandia, dan ke-8 secara keseluruhan di Inggris.

Pada tahun 2019, Universitas memiliki kualifikasi masuk rata-rata tertinggi ke-8 untuk program sarjana, dengan siswa baru nilai rata-rata 189 poin UCAS, setara dengan sedikit di atas AAAaa di nilai A-Level.


04#. Menawarkan Financial Aid dan Beasiswa

Berapa biaya kuliah di sana? Untuk program sarjana, kurang lebih menghabiskan 17.870 poundsterling atau sekitar 300 juta setiap tahun. Untuk program pascasarjana, sekitar 19.420 pundsterling atau sekitar 350 juta. Untuk biaya hidup, rata-rata sekitar 5.760 pundsterling atau sekitar 103 juta. Lumayan ya?. Namun jangan khawatir, Universitas menyediakan bantuan keuangan (financial aid) serta beasiswa. Klik di sini untuk mendapatkan informasi financial aid, dan klik di sini untuk mendapatkan informasi terkait beasiswa.


05#. Universitas Mengelola 11 Sekolah atau Fakultas

Universitas Edinburg mengelola 11 sekolah dengan jumlah ssiwa 25 ribuam dan 1.500an staf akademik. Ada 300 program sarjana, 200 program pascasarjana mulai dari Master. Ph.D dan program Postdoctoral. Berikut 11 sekolah:

  • Business School
  • Edinburg College of Art
  • Moray House School of Education
  • School of Divinity
  • School of Economics
  • School of Health in Social Science
  • School of History, Classics and Archaelogy
  • School of Law
  • School of Literatures, Languages and Cultures
  • School of Philosohpy, Psychology and Language Sciences
  • School of Social and Pilitical Science

06# Mengelola Lembaga Riset Kanker Terkemuka

Universitas meliliki lembaga riset kanker terkemuka di dunia, Edinburg Cancer Research Center (ECRC). ECRC adalah pusat penelitian dasar, translasi dan klinis kanker. Lembaga ini bagian dari Institute of Genetics & Molecular Medicine (IGMM). Pelbagai jenis tumor di pelajari di lembaga ini, meskipun ECRS mempunyai kelebihan dalam kajian kanker payudara, kolorektal, ovarium dan otak. Saat ini lembaga di pimpin oleh Margarest Frame OBE, Profesor Biologi kanker Universitas Edinburgh. Frame mendapatkan gelar BSc dalam ilmu biokimia, serta Ph.D dari Universitas Glasgow.

Selain itu, Universitas juga mengelola lembaga riset Euan MacDonald Centre dan Scottish Centre for Regenerative. Semua lembaga terseeut berada di payung Sekolah kedokteran. Sekolah kedokteran Universitas Edinburgh, meruakan salah satu sekolah keodkteran terbaik di dunia, selain Harvard Medical School (HMS).


07#. Mengelola Roslin institute

The Roslin institute adalah lembaga penelitian ilmu hewan terkemuka di Eropa, yang dikelola oleh Universitas serta di danai oleh Biotechnology and Biological Sciences reserach Council. Roslin institute berdiri pada tahun 1917 di abwah arahan Francis Albert Eley Crew.Albert Eley adalah seorang ahli genetika hewan Inggris, serta pelopor dalam ilmu genetika hewan.


08# Bekerjasama dengan Universitas China

Pada tahun 2014, universitas Edinburgh bekerja sama dengan Universitas Zheijiang mendirikan lembaga bersaam yang menawarkan gelar dalam ilmu biomedis. Kampus tersebut terletak di Haining, Provinsi Zhejiang. Program ini merpakan bagian dari penawaran fakultas Kedokteran Universitas Edinburgh. Selain itu, Universitas juga memiliki sekitar 300 mitra pertukaran pelajar di seluruh dunia termausk pertukaran dengan Universitas Peking, Institut Karolinska, dan Caltech.


09#. Masuk dalam Peringkat Global

Universitas Edinburgh, merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik dunia. QS Wprld Rank menempatkan Edinburgh ke dalam peringkat ke-20 di dunia. Times Higer Education 2020 menempatkan Universitas ke dalam peringkat ke-30. Beberapa program Edinburgh yang memiliki keunggulan, diantaranya Arsitektur, Teknik kimia, studia Asia Timur, Studi Timur Tengah dan Afrika, Kebijakan Spsial dan Kedokteran.


10#. Melahirkan banyak Inovasi dan Alumni besar

Universitas telah banyak melahirkan inovasi serta ilmuwan hebat. 19 Peraih hadiah nobel, berafiliasi dengan Universitas sebagai alumni, peneliti, dan staf pengajar termasuk bapak mekanika kuantum, Max Born, fisikawan teoritis Peter Higgs, pakar kimia supramolekuler Fraser Stoddart, ahli biofisik richard Henderson, dan pelopor fertilisasi in vitro Robert Edwards. Ilmuwan Komputer Robin Milner dan Leslie Valiant. Ada juga Matematikawan besar peraih Fields Medal, Sir Michael Atiyah.

Demikian 10 Fakta Menarik Universitas Edinburgh, semega artikel di atas bisa menambah wawasan serta minat Anda untuk bisa mengenyam pendidikan di sana.

 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done