Universitas Chicago: Profil Lengap Salah Satu Universitas Top di AS - Teras Academy
News Update
Loading...

10/13/2020

Universitas Chicago: Profil Lengap Salah Satu Universitas Top di AS

 

Chicago University

Universitas Chicago merupakan universitas riset swasta yang terletak di Chicago, Illinois. Hingga saat ini universitas memiliki 16.445 siswa, termasuk mahasiswa Pascasarjana berjumlah 10.159 (ditahun 2019).


Universitas Chicago menempati peringkat 10 besar universitas terbaik versi global. Terdapat 100 peraih nobel yang berafiliasi dengan kampus, 54 penerima beasiswa Rhodes Scholar, 26 menerima Marshal Scholars, 9 Fields Medal, 52 Mac Arthur Fellows, 4 Ilmuwan Komputer menerima Turing Award, dan masih banyak lagi.  


Sejarah Universitas Chicago

_____________________________________________________________________________________

Universitas Chicago didirikan pada tahun 1890 oleh American Baptist Education Society, menggunakan sumbangan, termasuk juga terdapat sumbangan dari pengusaha John D Rockefeller, dan pengusaha yang lain. Kampus Hyde Park dibangun dibiayai oleh sumbangan dari masyarakat Chicago seperti Silas B Cobb, Marshall Field, Chares L Hutchincson, Martin A Ryerson, Clay Bartlett, dan George C Walker yang mendanai Museum yang kemudian diberi nama menurutnya.


Pada tahun 1929, di bawah kepemimpinan Presiden Robert Maynard Hutchins, Universitas mengalami banyak perubahan. Dia mereformasi kurikulum seni liberal yang dikenal sebagai Common Core, mengatur pekerjaan lulusan universitas menjadi empat divisi. Pada masa jabatannya juga, RS Universitas Chicago di bangun. Hutchins menjadi Presiden di saat usianya masih menginjak 30 tahun. Hutchins mengenyam pendidikan di Yale kemudian menjadi Dekan Yale Law School, sebelum akhirnya menjadi Presiden Universitas Chicago.


Pada tahun 1933, Hutchins mengusulkan rencana untuk menggabungkan Universitas dengan Nortwestern, namun gagal. Selama perang dunia II, laboratorium Metalurgi membuat terobosan dalam mendukung Proyek Manhattan. Universitas juga menjadi tempat isolasi pertama plutonium dan penciptaan reaksi nuklir buatan oleh Enrico Fermi pada tahun 1942.


Pada tahun 1978, Hanna Holborn Grey, menjadi Presiden Universitas Chicago, menjadikannya waita pertama yang menjabat sebagai Presiden Universitas Besar. Holborn lahir di Heidelberg, Jerman. Ia pergi Ke Oxford sebagai penerima beasiswa Fulbright, kemudian mengenyam pendidikan pasca sarjana di Universitas Harvard, lulus mengajar di sana higga menjadi asisten professor. Dari Harvard Holborn mengajar di Yale kemudian pergi ke Universitas Chicago.


Pada tahun 1999, Presiden saat itu Hugo Sonnenschein mengumumkan rencana untuk melonggarkan kurikulum inti universitas yang terkenal, mengurangi jumlah mata kuliah wajib dari 21 menjadi 15. Sejak pertengahan 2000-an, Universitas memulai sejumlah proyek perluasan. Pada tahun 2008, Universitas mengumumkan mendirika Institute Milton Friedman, pada tahun yang sama, investor David G Booth menyumbang $ 300 juta kepada Sekolah Bisnis yang kemudian bernama Booth School of Business. Pada tahun 2011, perguruan tinggi melakukan perluasan Pusat Penemuan Biomedis.


Pada tahun 2015, Universitas menerima sumbangan dari Pearson Family Foundation untuk mendirikan The Pearson Institute for the Study and Resolustion of Global Conflicts dan The Pearson Global Forum di Harris School of Public Policy Studies. {ada tahun 2019, universitas mendirikan sekolah Teknik Molekuler Pritzker. 


The Pritzker School of Engineering molekuler (PME) adalah sekolah teknik pertama di universitas. Ddirikan sebagai institute Teknik Molekuler pada 2011 oleh institusi dengan bekerja sama dengan Argonne National Laboratory. Kemudian program tersebut dinaikan status menjadi Sekolah, menjaid sekolah pertama yang didediksikan untuk pengembangan teknik molekuler di AS, dan dinamai untuk mengenal dermanan utama, Prizker Foundation.


Sekolah dan Departemen

_____________________________________________________________________________________

 Di Universitas Chicago, siswa tidak belajar apa yang harus dipikirkan, tetapi bagaimana. Dalam suasana riset-pembelajaran yang bebas dan terbuka, mahasiswa dan profesor berdebat, berkolaborasi, dan menyelidiki sambil menantang asumsi — dan satu sama lain. Berakar pada pertanyaan yang ketat, pendidikan unik UChicago mengubah individu, mempersiapkan dan memberdayakan mereka untuk membuat dampak positif pada dunia.

Chicago University

Ada 5 Sembilan Sekolah di Universitas Chicago


1#. Chicago Booth School of Business

Sekolah bisnis yang menawarkan program pascasarjana mulai dari MBA hingga Ph.D. Chicago Booth School of Business merupkaan salah satu sekolah bisnis terbesar di dunia. Saat ini, Booth School of Business di pimpin oleh Madhav Rajan, George Pratt Shultz Professor of Accounting. Sebelum bergabung dengan institusi, Rajan mengajar di Stanford University Graduate School of Business, dan Wharton School. Rajan mendapatkan gelar BA dari Universitas Madras, MS dan Ph.D dalam ilmu Accounting


2#. The College

College, University of Chicago adalah salah satu institusi pendidikan liberal sarjana paling berpengaruh di dunia. Bertekad untuk memajukan pengetahuan dan mendorong kebiasaan refleksi kritis, diskusi yang ketat, dan debat tanpa hambatan tentang gagasan sebagai cara hidup, UChicago menegaskan kekuatan praktik pendidikan imajinatif untuk memajukan pembelajaran kreatif dan memperkaya kehidupan sipil.


College membawahi 5 Divisi:

  • Biological Sciences
  • Humanitites
  • New Collegiate Division
  • Physical Science
  • Social Sciences

3#. Divinity School

William Rainey Harper, presiden pertama Universitas Chicago, juga seorang Semiticist terkemuka dan anggota klerus Baptis. Dia percaya bahwa universitas riset yang hebat harus memiliki salah satu pekerjaan utamanya dalam studi ilmiah agama. Komitmen ini membawanya untuk membawa Seminari Morgan Park dari Baptist Theological Union ke Hyde Park, menjadikan Sekolah Divinity sebagai sekolah profesional pertama di Universitas Chicago.


Area Kajian dan Studi:

  • Anthropology and Sociology of Religion
  • Bible
  • Buddhist Studies
  • Constructive Studies in Religion
  • History of Christianity
  • History of Judaism
  • History of Religions
  • Islamic Studies
  • Philosophy of Religions
  • Religion and the Human Sciences
  • Religion, Literature and Visual Culture
  • Religions in the Americas
  • Religion Ethics
  • Theology

4#. Graham School of Continuing Liberal and Professional Studies

Sejak Universitas Chicago didirikan pada tahun 1890, Sekolah Studi Liberal dan Profesional Berkelanjutan Graham telah berfungsi sebagai pusat pembelajaran seumur hidupnya. Sekolah Graham didedikasikan untuk melakukan kurasi dan menyebarkan konten Universitas yang kaya untuk kumpulan pelajar yang lebih luas dengan cara yang lebih inovatif, membantu Universitas terlibat secara sipil, global, dan dengan perkembangan terbaru dalam pengajaran dan pembelajaran. 


Dengan memperluas jangkauan Universitas melalui program profesional, dengan mencakup kontinum pendidikan melalui upaya jembatan dan kemitraan, dan dengan mendukung komitmen untuk pendidikan berkelanjutan dalam seni liberal, Sekolah Graham menawarkan kursus, sertifikat, dan gelar kepada lebih dari 4.500 siswa setiap tahun .


5#. Harris School of Public Policy Studies

Harris School of Public Policy Studies adalah sekolah kebijakan dan analisis public yang dikelola oleh Universitas Chicago AS. Terletak di Hyde Park, yang namanya diambil dari pengusaha Irving B harris, yang memberikan sumbangan pada tahun 1986. 


Harris School of Public Policy Studies mulai tahun 2017 dipimpin oleh dekan, Profesor Katherine Baicker. Baicker BA dalam ilmu ekonomi dari Yale, dan Ph.D bidang ekonomi dari Harvard. Ia memulai karir di Dartmouth College, Kennedy School of Bovernment Harvard, dan TH Chan School of Public Health hingga akhirnya memegang posisi sebagai Dekan Harris School of Public Policy Studies.


Harris School of Public Policy Studies menyelenggarakan program pascasarjana Ph.D dan master kebijakan publik (MS-MPP-MA), serta program sertifikasi dengan pelbagai kosentrasi, seperti: Konflik global, Pengembnagan Internasional, Kebijakan Ekonomi, Keuangan Kota, Analisis Kebijakan, Kampanye Politik, Riset Survey, Kesehatan Global dan lain-lain.


6#. Law School

Menyelenggarakan program hukum, termasuk program pascasarjana seperti JD, LLM, dan lain-lain. Sekolah hukum Universitas Chicago merupakan salah satu sekolah hukum terbaik di AS dan menempati peringkat ke-11 secara global, di bawah Universitas AS, seperti Harvard, Yale, Stanford, UC Berkeley, dan Columbia University.


7#. Pritzker School of Medicine

Pritzker adalah salah satu dari sedikit sekolah kedokteran yang berlokasi secara fisik di kampus Universitasnya, menawarkan keuntungan intelektual dan sosial bagi siswa yang menghabiskan tahun-tahun sekolah kedokteran mereka dalam komunitas multidisiplin yang dinamis. Yang terpenting, peluang untuk penelitian dan studi kolaboratif sangat luar biasa: semua divisi Universitas dan sekolah profesionalnya terletak dalam beberapa langkah dari rumah sakit, begitu pula laboratorium penelitian ilmu biologi dan fisik yang luas, sehingga memberikan beragam peluang bagi kami. mahasiswa kedokteran.


US News & World Report, 2021 menempatkan Pritzker School ofMedicine peringkat ke 24 sebagai sekolah kedokteran terbaik, dan 17 sebagai sekolah penelitian kedokteran. Fakultas Kedokteran Pritzker menawarkan program Doctor of Medicine (MD). Selain itu juga menawarkan program pelatihan khusus, hingga program Ph.D.


8#. Pritzker School of Molecular Engineering

Pritzker School of Molecular Engineering (PME) mengintegrasikan sains dan teknik untuk mengatasi tantangan global dari level molekuler ke atas. Institusi menerapkan ilmu tingkat molekuler pada desain perangkat, proses, dan teknologi canggih. Diselenggarakan oleh tema penelitian interdisipliner, serta berusaha mengembangkan solusi untuk masalah sosial yang penting dan untuk mendidik generasi pemimpin berikutnya di bidang teknik molekuler yang berkembang pesat.


PME adalah rumah bagi mahasiswa pascasarjana dan fakultas dari berbagai latar belakang dan disiplin ilmu. Bersama-sama, institusi membentuk komunitas yang inklusif dan cerdas secara intelektual yang bertujuan untuk membuat perubahan besar di dunia dengan bekerja di skala nano. Pritzker School of Molecular Engineering (PME) menyelenggarakan program Master dan Ph.D.


Pritzker School of Molecular Engineering dipimpin oleh seorang insinyur kimia dan peneliti Argonne National Laboratory, Matthew Tirrell. Tirrel menerima gelar sarjana teknik Kimia (BS) dari Universitas Northwestern, dan Ph.D pada tahun 1977 dari University of Massachusetts Amherst bidang Polymer Science and Engineering.


9#. School of Social Service Administration

Selama lebih dari 100 tahun, Sekolah Administrasi Layanan Sosial Universitas Chicago (SSA) telah mendefinisikan bidang pekerjaan sosial dan kesejahteraan sosial. Saat ini, SSA adalah salah satu sekolah pascasarjana pekerjaan sosial peringkat teratas di dunia. Siswa SSA yang sangat beragam datang dengan energi, empati, kecerdasan, dan keinginan kuat untuk melayani.


SSA memberi mereka landasan teoritis yang kuat, perspektif klinis dan kebijakan, dan pengalaman langsung untuk membuat dampak yang berarti dalam kehidupan orang-orang yang paling rentan dalam masyarakat kita. SSA menyelenggarakan program Master Degree: Social Work, Social Policy, Social Administration, dan Social Sector Leadership and Nonprofit Management.


Penerimaan Mahasiswa

_____________________________________________________________________________________

Pada tahun 2018, pendaftar Universitas Chicago berjumlah 6.595 mahasiswa sarjana, 9899 mahasiswa pascasarjana. Pada tahun 2020, pendaftar lebih banyak didominasi laki-laki, namun selisihnya tidak banyak. 23% mahasiswa dari Asia, 15% dari Hispanik, dan 9% berkulit hitam. Siswa internasional berjumlah 15%. Penerimaan kampus sangat selektif, terutama di Pritzker School of Medicine, MBA Booth. Klik disini untuk melihat persyaratan detil


University of Chicago


Berapa biaya kuliah di sana? Biaya kuliah di Universitas Chicago adalah $57, 642 persemester, Jika dihitung dengan kebutuhan yang lain, sekitar $ 80, 000. Itupun untuk mahasiswa lokal. Rata-rata biaya kuliah di Universitas Chicago setiap tahun mengalami kenaikan, Cek disini.


Universitas Chicago termasuk salah satu Universitas dengan cost pendidikan yang mahal. Meskipun begitu, Universitas menyediakan layanan financial aid dan beasiswa. Untuk Financial Aid bisa cek disini, dan beasiswa bisa cek disni.


Peringkat Global Universitas

_____________________________________________________________________________________

Universitas Chicago merupakan perguruan tinggi terbaik di As dan global. QS World Rangkin menempatkan di posisi ke-9 secara global. Mempunyai keunggulan dalam ilmu Hukum dan Bisnis.

 

Peringkat Universitas berdasarkan subyek:

  • Pendidikan 42
  • Life Science & medicine 38
  • Accounting & Finance 9
  • Economic 7
  • Social Science & Management 15
  • Business 22
  • Law 11
  • Social Policy & Administration 18
  • Politics 17
  • Sociology 8
  • Anthropology 7
  • Statistic 23
  • Development Studies 22
  • Mathematics 16
  • Chemistry 33
  • Phsycology 16
  • Medicine 26
  • Biology 23
  • Computer Science 47

Alumni Terkemuka

_____________________________________________________________________________________

Alumni Universitas Chicago bertebaran, beberapa adalah ilmuwan nobel, penerima Turing Award, dan Fields Medal. Beberapa diantaranya adalah seorang pengusaha dan pemimpin perusahaan. Pengusahan serta eksekutif perusahaan, diantaranya Satya Nadella (CEO Micorosft), Larry Ellison (Oracle), Goldman Sachs, James O McKinsey (McKinsey Company).

University of Chicago


Dalam bidang science, ada Carl Sagan (Astronom), James Watson (ahli genetika-nobelis), Luis Alvarez (Fisikawan), Lynn Margulis (Biologi), Richard Hamming (Ilmuwan Komputer), Joseph Cohen (Matematikawan-Fields Medal), Clair Cameron Patterson (Biokimia), Milton Friedman (Nobel Ekonomi), David Graeber (Antropolog), John B Watson (Psikolog).

Universitas Chicago merupakan perguruan tinggi besar AS yang mempunyai keunggulan dalam ilmu sosial, hukum dan bisnis. Perguruan tinggi ini sangat cocok menjadi tujuan pelajar yang mempunyai cita-cita menjadi ekonomo. Kuliah di sana memang mahal, tetapi bagi pelajar Indonesia, ada kesempatan. Pemerinah memfasilitasi mahasiswa tanah air yang ingin kuliah di sana melalui beasiswa LPDP.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done