Fungsi dan Manfaat Design Sprint - Teras Academy
News Update
Loading...

11/06/2022

Fungsi dan Manfaat Design Sprint

https://adaptmethodology.com/


Design Sprint adalah proses lima hari dalam memecahkan tantangan strategis terkait dengan peluncuran produk, fitur atau layanan yang menggunakan prinsip-prinsip Design Thinking atau Human Centered, pembuatan prototipe cepat, dan pengujian pengguna.

“Sebuah ‘hasil terbaik’ dari strategi bisnis, inovasi, ilmu perilaku, design thinking, dan banyak lagi -dikemas ke dalam proses teruji yang dapat digunakan oleh tim mana pun.” -Jake Knapp


Sejarah Design Sprint


Design Sprint dikembangkan pertama kali pada tahun 2010an oleh Jake Knapp dengan timnya di Google Venture. Design Sprint digunakan untuk memulai proyek besar dan kecil di Google. Pendekatan ini digunakan untuk membantu tim memecahkan tantangan bisnis melalui proses perencanaan, pembuatan prototipe, dan pengujian. Desain Sprint memberi Anda kekuatan, kreativitas, dan kemungkinan tak terbatas,” nadya direkova, Manajer Desain UX.


Pada tahun 2010, beberapa tim yang terdiri dari desainer, insinyur, peneliti, dan manajer produk UX mulai mencari cara untuk melepaskan diri dari tirani pertemuan 30 menit berturut-turut dan tantangan lintas fungsional. Beberapa diantara mereka yang telah terlatih dalam pendekatan Design Thinking IDEO mulai berkesperimen, memadukan berbagai metode, penelitian berbasis pengguna -menjadi sesuatu yang dapat meningkatkan pekerjaan mereka pada proyek yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dari sini akhirnya muncul produk metodologi eksperimen,  Design sprint.


Manfaat Design Sprint

 

Menurut Gloria Lo, Design Product Canva, Design Sprint akan membantu Anda untuk:

 

  • Memahami. Memetakan masalah dan memilih area penting untuk difokuskan.
  • Membentuk pengertian. Buat sketsa solusi yang bersaing di atas atas kertas.
  • Memutuskan. Buat keputusan dan ubah ide Anda menjadi hipotesis yang dapat di uji.
  • Prototipe. Meretas bersama prototipe realistis
  • Uji. Mendapatkan umpan balik dari pengguna nyata.

 

Menurut jake Knapp, salah satu terbaik tentang Design Sprint adalah lingkungan yang diciptakannya selama satu minggu, Anda bisa bekerja bah membahu dengan orang-orang yang Anda lihat saat berjalan melewati satu sama lain di dalam ruang. Selain itu setiap orang yang menjadi bagian dari Design Sprint disebut pakar, -meratakan medan permainan dan menghilangkan rasa hierarki apapun. ini membuka pintu kolaboratif. 

 

Kecepatan Design Sprint memungkinkan perusahaan atau organisasi menjadi gesit. Menghidnari kecenderungan yang membengkak dan bergerak lambat yang biasa terjadi pada organisasi yang sedang tumbuh. 

 

Design sprint memberdayakan organisasi untuk menjawab pertanyaan kritis melalui penelitian pengguna, eksperimen, dan validasi dari pengguna. Menghindari asumsi, fokus pada pengguna, dan mempertahankan pola pikir eksperimental yang berarti semua produk atau layanan harus di validasi dengan cepat dan resiko minimal. 

 

Sedangkan menurut Richard Rutter, Design Sprint memungkinkan Anda membuka blokir kecerdasan kemacetan dan mendorong perubahan yang mungkin secara internal memakan waktu berbulan-bulan jika tidak bertahun-tahun.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done