Bagaimana Membangun Side Hustle bagi Guru - Teras Academy
News Update
Loading...

11/22/2022

Bagaimana Membangun Side Hustle bagi Guru

 

https://www.choice360.org/

Menurut Andrew Nugraha, Associate Manager Kalibr, sebuah platform rekrutmen berbasis AI serta penyedia layanan employer branding, side hustle merupakan kegiatan atau sebuah pekerjaan sampingan yang dilakukan sesuai dengan minat. Tujuannya adalah untuk memenuhi kepuasaan pribadi dan membentuk nilai (value) baru.


Side hustle seringkali disamakan dengan side jobs padahal keduanya mempunyai makna yang berbeda. Side jobs atau pekerjaan sampiangan merupakan pekerjaan yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Contohnya seorang karyawan, setelah sepulang dari pekerjaan mengambil side jobs sebagai mitra pengemudi ojek online.


Sedangkan side hustle merupakan sebuah aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan untuk memenuhi kepuasan pribadi. Contohnya seorang guru sehari-hari mengajar dan menulis.


Bagaimana membangun side hustle bagi profesi seorang guru? Berikut Tips membangun side hustle bagi profesi guru

1#. Mulai Dari Passion

Mulailah dari passion yang Anda miliki. Menurut kamus Merriam Webster, Passion mengacu pada perasaan antusiasme atau kegembiraan yang kuat baik untuk sesuatu atau tentang melakukan sesuatu. Gairah seringkali merupakan alas an mengapa kita melakukan sesuatu dengan terus menerus. Maggie Wool mengutip penelitian Deloitte menggambarkan “semangat pekerja” sebagai sesuatu yang memotivasi kita untuk menggali masalah yang sulit dan menopang kita melalui sebuah tantagan dan kemunduran. Jenis gairah ini memunculkan keinginan kita untuk memikirkan sesuatu, belajar lebih cepat, untuk membuat dampak.


“Passion is energy. Feel the power that comes from focusing on what excites you”. -Oprah Winfrey


2#. Mulai dari Kecil

Mulailah dari langkah kecil. Jika Anda seorang guru mulai menemukan passion menulis, maka mulailah misalnya dengan membuat catatan kecil di blog. Langkah-langkah kecil jika konsisten dilakukan maka akan menghasilkan dampak yang luar biasa di kemudian hari.


3#. Memperjelas Alasan Anda untuk Memulai

Seringkali Anda bisa memulai sidehsutle, namun tiba-tiba meredup. Anda harus membangun pondasi keyakinan dengan memperjelas mengapa Anda memulai side hustle yang sedang Anda jalani. Simon Sinex menuntun bagaimana seseorang dan organisasi bisa suskes dengan membangun kesadaran tentang tujuan yang mereka bangun untuk memajukan orang lain dan dunia -semuanya dimulai dengan “Mengapa” (Why)


4#. Sediakan Waktu

Sediakan waktu Anda untuk melakuka pekerjaan Side Hustle. Jika Anda ingin mendapatkan hasil optimal, maka dalam sehari atau minimal dalam sepekan Anda harus menjadwalkan. Amiroh, seorang pendidik juga seorang blogger atau content creator menceritakan pengalamannya dalam membangun side hustle. Bu Amiroh selalu menyediakan waktu di malam hari, terkadang di pagi hari untuk merencanakan dan membuat conten.


5#. Perdalam Keahlian

Perdalam keahlian side hustle Anda. Jennifer Herrity dari indeed menyarankan untuk memperdalam keterampilan dengan membaca, meminta umpan balik, membuat jurnal, atau bergabung dengan komunitas. Saya pribadi misalnya memperdalam sidehustle edtech dengan mengikuti google master trainer, dan mengikuti kursus online gratis Coursera.


Jenis Side Hustle yang bisa dilakukan oleh guru misalnya menulis blog untuk kemudian diterbitkan ke dalam buku, membuat content creator sehingga bisa di monetize serta menjadi media branding.


Kesimpulan

Demikian cara membangun side hustle bagi Guru. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done