Belajar dari COO Tokopedia, Melissa Juminto - Teras Academy
News Update
Loading...

11/15/2021

Belajar dari COO Tokopedia, Melissa Juminto

 

Pelajaran Penting dari COO Tokopedia Melissa Juminto

“Leadership is a role where you ge to serve ad help your team members to be and do their best, even better than yourself”- Melissa

 

Tokopedia merupakan salah satu e-commerce terbesar tanah air yang baru-baru ini melakukan merger dengan Gojek.  Dua perusahaan unicorn tersebut berubah menjadi GoTo. Dibalik kesuksesan Tokopedia, terdapat seorang sosok perempuan hebat  yang menjadi pimipinan sentral, Chief Operating Officer (COO). Ia adalah Melissa Siska Juminto.


Tugas seorang Chief Operating Officer atau COO adalah mengawasi operasi dan prosedur organisasi yang sedang berlangsung. Seorang COO menjadi orang kedua diperusahaan dan bertanggung jawab atas efisiensi bisnis serta memastikan organisasi tetap berjalan, hidup dan mendapatkan profit.


Melissa menjadi salah satu woment in tech yang paling dikenal ditanah air. Dalam acara Srtart Talks, perempuan alumni University of Washington tersebut membagikan tiga pelajaran penting, diantaranya:

 

Sumber: Life at Tokopedia Medium

01#. Never Give Up on Your Self

Kegagalan bagi Melissa bukanlah sesuatu yang harus ditakuti. Seharusnya tidak menghentikan seseorang dari berinovasi dan menyebarkan kebaikan kepada orang lain. Sebaliknya, gunakan kegagalan sebagai motivasi untuk bertumbuh.  Karena itu Never Give Up!.


02#. Work Life Harmony

Dua kunci keseimbangan yang harus dibangun, yakni harmoni di tempat kerja dan kehidupan personal. Keduanya saling berhubungan dan mensupport satu sama lain. Jika Anda mampu menciptakan kehidupan personal dan keluarga yang baik, maka keluarga Anda akan selalu mensupport Anda dalam pekerjaan. Family Supporting system adalah energi terbaik. Melissa memastikan Tokopedia harus menjadi perusahaan ramah terhadap ibu. Tokopedia memberikan fasilitas lengkap untuk para ibu, diantaranya ruang menyusui dan ruang anak.


03#. Leadership Is an Action

Kepemimpinan harus dijalankan dengan langkah aksi serta keteladanan. Seorang pemimpin juga harus melayani dan  memfasilitasi anggota tim untuk mengembangkan diri hingga ia bisa melampaui seorang pemimpin itu sendiri.


Demikian Tiga Pelajaran yang dapat kita ambil dari Melissa Jumanto, COO Tokopedia. Semoga bisa menginspirasi kita bersama.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done