10 Perusahaan Edtech Paling Inovatif di Dunia 2021 - Teras Academy
News Update
Loading...

3/09/2021

10 Perusahaan Edtech Paling Inovatif di Dunia 2021

10 Perusahaan Edtech Inovatif  di dunia


Baru-baru ini sebuah majalah bisnis terkemuka dunia, Fast Company merilis 10 Perusahaan Edtech paling inovatif dunia di Dunia 2021. Mengejutkan adalah salah satunya merupakan perusahaan serta Startups Edtech tanah air.


Ke-10 perusahaan tersebut dipilih karena kontribusinya dalam memanfaatkan teknologi untuk memberikan dampak yang luar biasa dalam dunia pendidikan Kesepuluh perusahaan tersebut diantaranya:


1.       Outschool

outschool

Outschool adalah ecommerce terbesar yang menyediakan kelas online untuk anak-anak. Outschool menghubungkan antara pelajar, orang tua dan guru untuk menciptakan pengalaman belajar dalam kelompok kecil berbasis minat melalui video pembelajaran.


Outschool Inc didirikan pada tahun 2015 di San Francisco, dilaunching pada tahun 2017 dengan platform pembelajaran jarak jauh. Pada awalnya Outschool menawarkan pendidikan jarak jauh untuk siswa homeschooling. Saat ini perusahaan menawarkan lebih dari 100,000 kelas online, mulai dari ilmu matematika, sains hingga hoby yang tersebar di 200 negara.


2.       Ruang Guru

ruangguru

Ruang Guru merupakan sebuah platform pendidikan online dengan pelbagai produk yang ditawarkan, mulai dari bimbel online, video tutorial, hingga kursus online. Ruangguru didirikan pada bulan April 2017 oleh Adamas Belva Syah Devara dan Muhamad Iman usman.


Platform edtech yang memiliki 15 juta pengguna ini mempunyai tingkat pertumbuhan yang cukup signifikan. Perusahaan pada awalnya mendapatkan pendanaan dari East Ventures kemudian berhasil mendapatkan pendanaan seri A senilai 13 miliar dari Venture Capital. Pada tahun yang sama, Ruangguru mendapatkan pendanaan seri B dari UOB Venture Management. Pada tahuan 2019, perusahaan berhasil meraih pendanaan seri C senilai 2,1 triliun dari General Atlantic dan GGV Capital, serta EV Growth dan UOB Venture Management.


Di awal berdirinya, Ruangguru berhaisl menyedot perhatian public. Di tahun 2017, Ruangguru berhasil mendapatkan penghargaan SOLVE Challenge dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).


3.        Skill Share

skillshare

Skillshare adalah sebuah perusahaan start up (edtech) yang mempopulerkan pembelajaran online berbasis video. Hingga saat ini Skillshare memiliki 12 juta pengguna, dan terus bertambah. Skillshare menyediakan pelbagai video pembelajaran mulai dari seni kreatif, kewirausahaan, gaya hidup, desain dan teknologi. Skillshare didirikan pada tahun 2010 oleh Michael Karnjanaprakorn dan Malcolm Ong di New York, AS.


Pada tahun 2019, Skillshare mencatat memiliki lebih dari 27.000 kelas premium dan 2.000 kelas gratis. Skillshare juga memperkenalkan fitur “Grup” yang memungkinkan anggotanya terhubung dengan pembuat konten lain, berbagi pekerjaan, dan meningkatkan keterampilan.


4.        Tonies

tonies

Tonies adalah media audio alternative dalam rupa speaker pintar bagi orang tua untuk anak-anak mereka. Tonies menyediakan banyak sekali konten audio dari layar dan CD yang memungkinkan pengguna dalam mendengar pelbagai cerita, serta mengoleksi certa hingga membuat audio sendiri.


5.        edX

edx

edX merupakan sebah platform yang menyediakan kursus online serti dikenal sebagai pelopor dalam menyediakan layanan pendidikan sarjana secara online. edX didirkan oleh staf pengajar MIT dan Harvard. Menjadi bagian dari MOOCs, edX memiliki 33 juta siswa yang mengambil lebih dari 3.000 kursus online serta memiliki lebih dari 6.000 instruktur dari pelbagai negara.


6.        New Orleans Based 4

4.0

New Orleans Based 4 adalah sebuah komunitas dan incubator untuk ide-ide kewirausahaan. Institusi menyediakan beasiswa hingga pelatihan kepada pengajar untuk membangun solusi atas tantangan yang mereka lihat di ruang kelas 4.0.


7.        Homer

homer

Homer didirikan pada tahun 2013, menyediakan layanan pendidikan dan keterampilan membaca pada anak-anak usia 2 hingga 8 tahun. Tujuan Homer adalah mmeberi pengajaran awal terbaik pada anak-anak usia dini.


8.        Virti

virti

Virti merupakan sebuah platform pelatihan berbasis cloud yang dapat membantu perusahaan dalam membuat, membuat skala dan menganalisis pengalaman pelatihan, merubah cara tenaga kerja berlatih dan berkerja terutama bagi tenaga medis 9Healthcare Simulation). Virti ttelah melakukan pelatihan bekerja sama dengan departemen kesehatan inggris serta beberapa rumah sakit di AS.


9.        Packback

packback

Packback adalah sebuat produk yang berfungsi untuk memfasilitasi diskusi online hingga 600.000 mahasiswa. Packback menggunakan kerangka kerja pedagosis Taksonomi Bloom sebagai acuan AI. Melalui produk ini, siswa dapat melakukan umpan balik serta merangsang untuk berpikir kritis.


10.   Encantos

encantos

Encantos meruakan sebuah platform pembelajaran bilingual online untuk anak usia 2 hingga 12 tahun, dengan focus pada anak-anak prasekolah.


Demikian 10 Perusahaan Edtech Paling Inovatif di Dunia 2021. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi Anda serta menjadi insight dalam menciptakan inovasi di perusahaan serta tempat Anda bekerja.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done