Panduan Beasiswa Gates Cambridge Scholarship - Teras Academy
News Update
Loading...

9/29/2020

Panduan Beasiswa Gates Cambridge Scholarship

 

Gates Cambridge Scholarship

Lembaga nirlaba besar dunia yang didirikan oleh milyader sekaligus founder Microsoft, Bill & Melinda Gates, membuat program Gates Cambridge Scholarsip (GCS). GCS didirikan pada bulan Oktober 2000. Beasiswa Gates Cambridge Scholarsip merupakan salah satu jenis beasiswa yang paling kompetitif dan bergensi di dunia, hampir setara dengan beasiswa Rhodes.

Beasiswa Gates & Cambridges Scholarship diberikan kepala pelajar di seluruh dunia yang mengenyam program pascasarjana di Universitas Cambridge. Beasiswa diberikan kepada calon mahasiswa pascasarjana untuk semua bidang studi. Antara tahun 2001 hingga 2019, sudah ada lebih dari 1800 individu dari 110 negara yang telah mendapatkan beasiswa, 200 diantara para cindekiawan dan ilmuwan.

Gates & Cambridge Scholarship diberikan bertujuan untuk membangun jaringan global para pemimpin masa depan dan berkomitmen untuk meningkatka kehidupan orang lain. Para sarjana dan alumni telah menjadi pempin di bidangnya dan berkontribusi untuk menemukan solusi untuk beberapa masalah di dunia. Amy K Carter sebagai Deputy Director dan Professor Stephen Toope sebagai Vice-Chancellor.

 

Kriteria Kelayakan dan Seleksi

__________________________________________________________________________

Gates Cambrige Scholarship

Beasiswa ditujukan kepada siapapun warga negara selain warga negara Inggris yang memenuhi syarat untuk mengajukan beasiswa.  Calon kandidat harus mendaftar untuk mengejar salah satu gelar residensial penuh waktu di Cambridge:

  • Doctor of Philosophy (Ph.D)
  • Master of Science (MSc), Master of Letetrs (MLitt), Master of Philosophy (MPhil)
  • Kursus pascasarjana satu tahun lainnya (LLM, MREs, MASt)

Empat Kriteria yang harus di miliki bagi pelamar:

 

Memiliki keunggulan akademik: Calon pelamar harus memiliki daya saing melalui transkrip akademik, referensi, pengalaman dan potensi untuk berhasil pada mata kuliah yang dipilih. Nominasi departemen sangat penting untuk menunjukkan kriteria ini.

Pilihan Kursus: Institusi mencari calon cendekiawan yang memiliki pengalaman transformative secara akademis di Cambridge. Kandidat harus memiliki keunggulan intelektual dan keterampilan serta keahlian yang diperlukan dalam menyelesaikan kursus.

Komitmen untuk meningkatkan kehidupan orang lain: Kandidat harus mempunyai pengabdian mereka dalam uaya untuk meningkatkan kehidupan orang lain sebagaimana dibuktikan oleh komitmen masa lalu, saat ini dan masa depan kepada masyarakat di mana mereka akan tinggal dan bekerja.

Kapasitas Kepemimpinan: Kandidat harus menunjukkan elemn kepemimpinan yang luar biasa dan berjanji untuk membawa orang lain bersama mereka “sebagai pemimpin masa depan di bidang dan komunitas mereka”

 

Proses Seleksi

__________________________________________________________________________

Gates Cambrige Scholarship

Ada tiga tahap proses seleksi:

Pertama, Pendaftaran Aplikasi dimulai dengan calon siswa mendaftar untuk belajar untuk memenuhi syarat di Universitas Cambrdige. Kedua, pemberian peringkat dan menominasikan pelamar yang memneuhi syarat. Ketiga, daftar calon kemudian diteruskan oleh Departemen di Cambridge ke Gates Cambridge Trsut, di mana daftar tersbeut dibagi menjadi bidang subyek yang luas dan diteruskan ke komite.

Setiap komite meninjau sulurh calon kandidat dan menerapkan kriteria seleksi. Keempat, proses wawancara. Semua kandidat terpilih diwawancarai untuk menilai bagaimana mereka memenuhi semua kriteria beasiswa.

 

Proses Wawancara

Semua kandidat terpilih memiliki wawancara singkat untuk menilai bagaimana mereka memenuhi keempat kriteria Gates Cambridge dan Sarjana dipilih setelah wawancara. Kandidat wawancara akan dikirimi detail lengkap tentang format dan pengaturan. Jika terpilih untuk wawancara, calon kandidat pasti sudah melalui proses yang sangat kompetitif

Calon kandidat akan diundang untuk wawancara 20-25 menit dan, tergantung di mana Anda berada, Anda dapat mewawancarai secara langsung atau melalui Skype. Di mana mereka dapat menghadiri wawancara secara langsung, kami mendorong ini.

Ada empat panel wawancara berbasis subjek:

  • Seni
  • ilmu biologi
  • Ilmu Fisika
  • Ilmu Sosial

Setiap panel yang terdiri dari tiga sampai empat orang biasanya terdiri dari akademisi, perwakilan dari Trust dan alummi Gates Cambridge.

Setiap wawancara memiliki empat bagian utama:

 

01#.Selamat datang dan perkenalan

Ketua akan memperkenalkan panel, menetapkan format wawancara, dan memberikan informasi penting lainnya untuk memungkinkan sesi yang produktif.

02#. Gates Cambridge

  • Apa yang Anda ketahui tentang Beasiswa Gates Cambridge
  • Motivasi Anda untuk melamar
  • Mengapa Anda pikir Anda bisa menjadi Cendekiawan Gates Cambridge

Pemikiran Anda tentang peluang dan tanggung jawab yang diberikan oleh beasiswa bergengsi dan biaya penuh di salah satu universitas terkemuka dunia

03#. Rencana akademik dan karir

Pekerjaan akademis Anda hingga saat ini - dapatkah Anda secara meyakinkan mengomunikasikan hasrat Anda untuk, dan pentingnya, subjek yang Anda pilih?

Gelar yang Anda usulkan di Cambridge - dapatkah Anda memberikan pembenaran yang meyakinkan untuk pilihan kursus Anda?

Rencana karir Anda - dapatkah Anda secara meyakinkan menghubungkan aplikasi Anda untuk Beasiswa Gates Cambridge dan program studi yang Anda usulkan di Cambridge dengan rencana karir masa depan Anda?

Pada tahun 2018, ada 92 penerima beasiswa dari pendaftar berjumlah 5.500 pelamar.  Sangat selektif sekali!

Time Line Pendaftaran untuk Warga AS

Gates Cambrige Scholarship

Tiem Line Pendaftaran untuk warga non AS

Gates Cambrige Scholarship

Proses Aplikasi

__________________________________________________________________________

Gates Cambrige Scholarship

Formulir aplikasi Gabungan

Pelamar mengajukan aplikasi mereka untuk masuk dan pendanaan (Gates Cambridge dan pendanaan lainnya) melalui Portal Aplikasi Pascasarjana Universitas.

Agar dipertimbangkan untuk mendapatkan Beasiswa Gates Cambridge, Anda harus menyelesaikan bagian ini untuk mendaftar masuk ke kursus dan tempat College dan bagian Gates Cambridge dari bagian pendanaan. Gates Cambridge memiliki akses ke aplikasi lengkap untuk masuk dan mendanai saat meninjau aplikasi.

 

Bagian penerimaan

Di bagian ini Anda mendaftar ke program pascasarjana tertentu dan tempat kuliah. Anda akan memberikan semua detail biasa tentang diri Anda, latar belakang akademis Anda, rencana, dan kesesuaian untuk kursus yang diusulkan.

 

Bagian pendanaan

Di bagian ini Anda dapat mengajukan permohonan untuk berbagai pendanaan yang ditawarkan oleh Universitas dan badan terkait, termasuk Beasiswa Gates Cambridge, yang memiliki sub-bagiannya sendiri. Saat melamar Beasiswa Gates Cambridge, Anda akan diminta untuk memberikan persyaratan berikut:

 

Pernyataan Statemen

Calon kandidat harus membuat peryantaan statemen, tidak lebih dari 3000 karakter (kurang lebih 500 kata) jelaskan mengapa Anda melamar Beasiswa Gates Cambridge dan bagaimana Anda memenuhi empat kriteria utama. Rincian lengkap tentang cara mendaftar, termasuk kriteria seleksi dan panduan untuk melengkapi pernyataan ini, dapat ditemukan di: www.gatescambridge.org

Pernyataan tersebut digunakan oleh komite Gates Cambridge untuk membedakan antara kandidat yang mendapat peringkat tinggi oleh departemen berdasarkan alasan akademis. Ini membantu komite untuk mengidentifikasi kandidat yang, selain berprestasi secara akademis, memiliki kapasitas untuk kepemimpinan dan komitmen untuk meningkatkan kehidupan orang lain.

Ini adalah satu-satunya bagian dari formulir aplikasi di mana pelamar secara khusus tentang kesesuaian mereka dengan program Gates Cambridge dan calon kandidat harus menggunakan latar belakang, pencapaian, pengalaman, dan tujuan masa depan kandidat untuk menunjukkan bagaimana mereka akan cocok dengan program Gates Cambridge.

 

Proposal Penelitian (hanya pelamar PhD)

Bagi pelamar PhD harus mengajukan proposal penelitian sebagai bagian dari aplikasi mereka untuk pendanaan. Sebagian besar pelamar PhD akan mengunggah proposal penelitian sebagai bagian dari aplikasi mereka untuk masuk, tetapi jika tidak, proposal penelitian diperlukan untuk mengajukan Beasiswa Gates Cambridge. Jika kandidat melamar gelar selain PhD, tidak perlu mengirimkan proposal penelitian sebagai bagian dari materi Beasiswa Gates Cambridge.


Gates Cambridge Reference

Selain dua referensi akademis untuk penerimaan, pelamar Gates Cambridge mengirimkan referensi tentang kesesuaian mereka dengan beasiswa tersebut.

Dalam formulir aplikasi panitia menanyakan:

Tolong berikan penilaian Anda tentang kesesuaian pelamar untuk Beasiswa Gates Cambridge. Ini diberikan berdasarkan kriteria berikut: kemampuan intelektual, pembenaran untuk pilihan tentu saja, komitmen untuk meningkatkan kehidupan orang lain dan kapasitas kepemimpinan.

Kami (panitia) juga menanyakan:

  • Seberapa tinggi Anda akan memberi peringkat pelamar untuk Beasiswa Gates Cambridge?
  • Pada kelompok apa secara keseluruhan Anda mendasarkan peringkat ini?
  • Berapa ukuran grup ini?

Referensi Gates Cambridge digunakan dengan cara yang sama seperti Pernyataan Gates Cambridge - untuk mengurangi jumlah besar pelamar yang memenuhi syarat menjadi mereka yang cocok dengan kriteria Gates Cambridge.

Pereferensi juga ditanya bagaimana mereka menilai pelamar beasiswa: luar biasa, kuat, tidak kuat, lemah. Mereka dapat menempelkan / mengetik hingga 4.000 karakter ke dalam referensi online atau mengunggah surat terpisah.

 

Siapa yang harus menulis Referensi Gates Cambridge?

Ini pertanyaan umum. Anda sebaiknya tidak bertanya kepada teman atau keluarga, atau seseorang yang tidak dapat mengomentari kesesuaian kandidat untuk Beasiswa Gates Cambridge.

Calon kandidat harus bertanya kepada seseorang dengan kedudukan yang sesuai yang mampu menjawab pertanyaan dengan otoritas dan yang memahami kriteria dan sifat kompetitif yang tinggi dari program Gates Cambridge.

Banyak pelamar bertanya kepada penasihat akademis saat ini atau sebelumnya yang mengetahui atribut pribadi mereka, yang lain bertanya kepada atasan saat ini atau sebelumnya, sementara yang lain bertanya kepada staf senior di organisasi yang mungkin mereka ajak bekerja sukarela. Ini semua adalah pilihan yang masuk akal, meskipun ini sama sekali bukan daftar yang lengkap.

Beberapa pelamar meminta salah satu dari dua pereferensi akademis mereka untuk menulis referensi Gates Cambridge: tidak masalah selama orang tersebut memiliki pemahaman yang baik tentang kualitas pribadi calon kandidat dan tidak memberikan referensi akademis ketiga. Poin penting untuk diingat adalah bahwa pereferensi Gates Cambridge harus memahami tentang Beasiswa itu dan harus dapat menulis secara resmi tentang bagaimana calon kandidat memenuhi kriteria.

Gates Cambrdige Scholarship


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done