Perjalanan Katalin Kariko dan Drew Weissman Penemu Vaksin mRNA Mendapatkan Nobel Kedokteran 2023 - Teras Academy
News Update
Loading...

11/17/2023

Perjalanan Katalin Kariko dan Drew Weissman Penemu Vaksin mRNA Mendapatkan Nobel Kedokteran 2023

 

Katalin & Weissmen

Vaksin RNA atau mRNA merupakan jenis vaksin yang menggunakan sebuah molekul alamiah yaitu RNA duta (dalam Bahasa Inggrisnya mRNA) untuk mengaktifkan respon imun. Tidak seperti vaksin yang mati yang mengandalkan patogen dari virus dan bakteri asli yang di lemahkan, vaksin RNA menggunakan molekul asam ribunukleat duta (RNA duta) yang dapat memerintahkan sel manusia untuk membuat protein khusus yang mampu mengaktifkan respon imun.

 

Respon imun dari tubuh menghasilkan antibodi, yang memberikan proteksi jika terjadi infeksi sebenarnya. Dalam vaksin Covid-19 jenis mRNA, molekul RNA duta di dalam vaksin mengandung kode instruksi agar sel manusia dapat membuat proten serupa dengan yang ditemui dalam permukaan virus Covid-10.

 

Vaksin ini ditemukan oleh Katalin Kariko dan Drew Weissman yang membuat mereka dianugerahi hadiah Nobel bidang kedokteran di tahun 2023. Komite memuji mereka  karena dapat mengubah pemahaman para ilmuwan tentang bagaimana mRNA berinteraksi dengan system kekebalan tubuh.

 

Katalin Kariko

 

Katalin Kariko ilmuwan Hongaria-Amerika yang mempunyai spesialisasi dalam mekanisme yang dimediasi asam ribonukleat (RNA), khususnya RNA pembawa pesan yang ditranskripsikan secara in vitro (mRNA) untuk terapi pengganti protein.

 

Katalin dilahirkan di Szolnok, dibesarkan di Kisujszallas, Hongaria di sebuah rumah kecil yang minim air, lemari es, dan televisi. Ayahnya seorang penjual daging, dan ibunya penyuka buku. Sejak kecil Katalin mempunyai keunggulan dalam bidang sains. Ia memperoleh gelar BSc dalam bidang biologi pada tahun 1978 dan gelar PhD dalam bidang biokimia pada tahun 1982 dari Universitas Szeged.

 

Setelah lulus, ia bekerja di Jeno Tomasz, dan melanjutkan pascadoktoral di Institut Biokimia, untuk Pusat Penelitian Biologi (BRC) Hongaria. Katalin juga menjadi mahasiswa pascadoktoral di temple University, sebelum bekerja di University Johns Hopkins.

 

Drew Weissman

 

Drew Weissman merupakan seorang ahli imunologi America yang dikenal atas kontribusinya pada bidang biologi RNA. Weissman seorang Profesor dan direktur Penn Institute for RNA Innovation, dan Profesor kedokteran di Perelman School of Medicine University of Pennsylvania.

 

Lahir di Lexington, Massachusetts dari keluarga keturunan Yahudi. Ia menerima gelar BA-MA dari Brandeis University dalam ilmu biokimia dan bekerja di Laboratorium Gerald Fasman. Ia menyelesaikan pekerjaan pascasarjana di bidang imunologi dan mikrobiologi untuk menerima gelar MD dan Ph.D pada tahun 1987 dari Universitas Boston. Setelah itu Weissman melakukan residen di Beth Israel Deaconess Medical Center, dilanjutkan mendapat fellowship di NIH di bawah pengawasan Anthony Fauci.

Pada tahun 1997, Weissman pindah ke University of Pennsylvania untuk memulai laboratoriumnya guna mempelajari RNA dan system kekebalan bawaan.

 

Di sana  ia bertemu ahli imunnologi Katalin Kariko yang kemudian mereka berdua melakukan kolaborasi bekerja pada mRNA. Pada tahun 2006, mereka berdua mendirikan RNARx, dengan tujuan mengembangkan terapi RNA baru. Pada tahun 2020, teknologi RNA mereka dimodifikasi menjadi komponen dasar dan utama vaksin Pfizer/BioNTech dan vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Moderna.

 

Kariko dan Weissman memperhatikan bahwa sel dendritic dapat mengenali mRNA yang ditranskripsi in vitro sebagai zat asing, yang mengarah pada aktivasi dan pelepasan molekul pemberi sinyal inflamasi.  Penemuan kedua peraih nobel ini sangat penting untuk mengembangkan vaksin mRNA yang efektif melawan Covid-10 selama pandemic yang di mulai awal tahun 2020. Melalui inovasi ini mereka secara mendasar telah mengubah pemahaman tentang bagaimana mRNA berinteraksi dengan system kekebalan tubuh manusia sehingga mempunyai peran penting dalam pengembangan vaksin.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done