10 Tips Menulis untuk Pemula - Teras Academy
News Update
Loading...

5/22/2022

10 Tips Menulis untuk Pemula

 

10 Tips Menulis untuk Pemula

Banyak orang ingin membuat karya melalui sebuah tulisan, seperti artikel hingga buku. Namun banyak diantara mereka kebingungan harus memulai dari mana.

Kami akan membagikan Tips sederhana untuk membantu Anda. Kami ambil dari beberapa penulis terkenal.

Semoga bermanfaat.

Tips 1: Mulailah Sekarang

Helvy Tiana Rosa (HTR), pendiri Forum Lingkar Pena (FLP) sekaligus sastrawan muda pernah di tanya oleh penggemarnya yang mempunyai cita-cita menjadi seorang penulis seperti dia. Jawaban HTR adalah

“Mulailah menulis sekarang”

Tips 2: Abaikan Aturan

Jurnalis The Guardian pernah bertanya kepada beberapa penulis kontemporer dan favorit, salah satunya Michael Moorcock tentang aturan emas dan tips menulis.

Moorcock menjawab

“Abaikan semua aturan yang ditawarkan dan buat aturan Anda sendiri, sesuai dengan apa yang ingin Anda katakan.” –Michael Moorcock


Tips 3: Sebuah Karya Besar

Manusia yang mampu membuat karya tulis menurut Astronomi sekaligus penulis sains populer, berhasil membuat penemuan besar.

“Menulis mungkin merupakan penemuan terbesar manusia, menyatukan orang-orang yang tidak pernah mengenal satu sama lain, warga dari zaman yang jauh. Buku mematahkan belenggu waktu. Sebuah buku adalah bukti bahwa manusia mampu menyihir.” –Carl Sagan, Astronom

Buku bisa menjadi produk penemuan terbesar bagi Anda. Dna ini bisa memperkuat niat bagi penulis pemula. Karena menurut Ahmad Fuadi, penulis novel “Negeri 5 Menara”, menulis adalah sebuah perjalanan panjag dan melelahkan.

Tips 4: Kejarlah Kuantitas

Seorang blogger bercerita ketika berusia 16 tahun, ia memutuskan ingin bekerja membuat konten dan pemasaran online. Dia mengambil sendiri menonton video dan membaca setiap buku yang berkaitan dengan menulis. Hingga akhirnya dia mendapati nasehat dari Seth Godin, “Bergerak cepat dan hancurkan semua.”

Dari nasehat tersebut, ia memulai menulis blog, bahkan jika Ia tidak berminat untuk membagikannya kepada orang lain, ia tetap menulis.

“Kuantitas menghasilkan kualitas. Jika Anda hanya menulis beberapa hal, Anda akan hancur” –Ray Brandbury


Tips 5: Duduk di Depan keyboard

Neil Gaiman bernah mendapatkan pertanyaan seputar bagaimana seseorang dapat menyelesaikan sebuah karya tulis. Neil Gaiman menyarankan untuk meletakan satu kaki di depan yang lain, serta duduk did epan keyboard. Gaiman adalah seorang penulis terkenal yang sangat dihormati dengan raihan banyak penghargaan, salah satunya Medali Newbury dan Carnegie.

“Begini caranya: Anda duduk di depan keyboard dan Anda meletakkan satu kata demi kata sampai selesai. Semudah itu, dan sesulit itu.’- Neil Gaiman

Senada dengan Gaiman, Ernest Hemingway menyarankan Anda duduk di depan alat tulis Anda dan, secarah kiasan, berdarah. Biarkan pikiran mengalir, terlepas dari betapa sulitnya itu. Tinggalkan pengeditan untuk nanti.

Tips 6: Hilangkan gangguan

Jika Anda ingin kosentrasi Anda tidak terganggu, hilangkan banyak distraksi di sekeliling Anda. Inilah yang disarankan oleh Zadie Smith, seorang novelis, esais dan Profesor Tenur Creative Writing New york University.

“Lindungi waktu dan ruang di mana Anda menulis. Jauhkan semua orang darinya, bahkan orang-orang yang paling penting bagi Anda,” –Zadie Smith, Professor Creative Writting New York University.


Tips 7: Membawa Buku Catatan

Will Self telah meghasilkan sepuluh novel, dan lima kumpulan tulisan non fiksi. Ia kemana-mana selalu membawa buku catatan. Karena dengan membawa buku catatan, dia dapat menuliskan ide-ide atau inspirasi yang biasanya datang tiba-tiba.

“Selalu bawa buku catatan. Da maksud saya selalu. Memori jangka pendek hanya menyimpan informasi selama tiga menit; kecuali jika berkomitmen pada kertas, Anda bisa kehilangan ide untuk selamanya.” –Will Self


Tips 8: Membaca

Stephen King telah menerbitkan 56 buku hingga saat ini. Dia dalam setahun bisa membaca hingga 70 buku. Dia memanfaatkan setiap momen menganggur di lobi, dan ruang tunggu. Apa tips dari King? Ia menjawab Ajari diri Anda untuk membaca dalam tegukan kecil serta menelan yang panjang.

“Jika Anda tidak punya waktu untuk membaca, Anda tidak punya waktu –atau alat untuk menulis.  Sederhana seperti itu.” Stephen King.

Menurut William Faulkner, seorang penulis serta pemenang hadiah Nobel, saat seseorang membaca dan menulis lebih banyak, ia akan bisa mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang baik dan buruk dari menulis.

Tips 9: Paksakan Diri

Jodi Picoult adalah seorang penulis yang berhasil menjual lebih dari 14 juta kopi dari 24 novelnya. Sebuah paksaan meurut Jodi, dapat mendorong batasan yang Anda rasakan sendiri. Tanpa adanya dorongan dan paksaan, Anda tidak akan pernah tahu seberapa jauh Anda bisa melangkah.

“Ketika Anda mandek, dan yakin Anda telah menulis sampah mutlak, paksa diri Anda untuk menyelesaikannya dan kemudian memutuskan untuk memperbaiki atau menghapusnya –atau Anda tidak akan pernah tahu apakah Anda bisa.” –Jodi Picoult


Tips 10: Perencanaan

Seorang penulis Henry Miller menyarankan untuk seorang penulis bekerja sesuai program dan tidak sesuai mood. Dan berhenti pada waktu yang ditentukan.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done