Serial Sekolah Go Digital Bagian 3: Membangun Web Sekolah Pertama dengan Google Sites - Teras Academy
News Update
Loading...

9/25/2021

Serial Sekolah Go Digital Bagian 3: Membangun Web Sekolah Pertama dengan Google Sites

Web Builder G Sites

Google Sites bisa dibilang tools sederhana yang dapat membantu Anda dalam mewujudkan Sekolah Go Digital. Meskipun tidak sepopuler dengan website builder lain seperti wix, weebly, Squarespace, Shopify, Wordpress namun kenyataannya Google Sites (saat ini tergabung dalam produk Google Workspace) masih bisa diandalkan, terutama dalam dunia pendidikan.

Website Builder  adalah alat yang digunakan dalam membangun serta mengembangkan sebuah website. Web builder tidak memerlukan kemampuan khusus dalam ilmu pemrograman (kode)

Google Sites masih bisa diandalkan, karena Google Sites sangat simple pengoperasionalannya, disampiing Sites terintegrasi dengan layanan produk google lainnya yang notabene banyak digunakan dalam dunia pendidikan. Dalam paparan bab sebelumnya juga  sudah kami bahas beberapa contoh website terkenal yang menggunakan Google Sites.

 

Membuat Website Sekolah Pertama

Bagaimana langkah-langkah dalam membuat website sekolah? Akan kami jelaskan secara ringkas tahapan sebagai berikut:

 

Langkah 1: Membentuk Tim

Pertama, Anda perlu membuat tim proyek. Petakan siapa saja yang terlibat serta peran mereka, misalnya Kepala sekolah bertindak sebagai pembina. Wakahumas sebagai penanggung jawab proyek sekaligus manager web, serta IT administrator sebagai tim teknis serta libatkan satu personil lagi yang akan membantu tim teknis, seperti mengumpulkan bahan dkumentasi dan post website sekolah.

 

Tim website Sekolah

Langkah 2: Membuat Brief

Setelah membentuk tim, Anda  perlu mengumpulkan tim proyek untuk bersama-sama membuat brief. Apa tujuan utama dalam membuat project ini? Apakah ingin mempublikasikan semua informasi tentang sekolah atau sekaligus untuk branding. Kemudian Informasi apa saja yang akan ditampilkan? Navigasinya seperti apa?

 

Langkah 3: Mulai Membuat Website Sekolah

Setelah brief dibuat, tim teknis/IT dengan tim member mulai membangun web sekolah. Google Sites merupakan web builder, sehingga untuk membuatnya tidak perlu memakan waktu banyak. Meskipun begitu Anda memerlukan pertimbangan orang lain, terutama dalam memilih template misalnya.

 

Langkah 4: Memperbanyak Referensi dari Sites Lain

Tidak ada salahnya jika Anda beserta dengan tim berselancar mencari referensi situs sekolah yang menggunakan platform sites. Mengambil sisi positif dari situs mereka kemudian adop jika itu baik dan sesuai.

 

Sites SD Negeri Tulangampiang

Apa yang menarik dari situs sederhana milik SD Negeri Tulangampiang ini?

Website sekolah SD Negeri Tulangampiang sangat sederhana dan dibuat menggunakan platform google sites. Meskipun sederhana, situs SD Negeri Tulangampiang mempunyai banyak kelebihan.

Kita akan sedikit mereview situs ini.

 

01#.Tampilan sederhana dan minimalis

Situs dibuat sederhana mungkin namun kaya akan informasi. Ketika masuk di beranda awal, pengunjung langsung akan disambung dengan pengantar dari Kepala Sekolah.

 


02#. Navigasi

Navigasi situs cukup baik. Pada profil sekolah dilengkapi dengan identitas sekolah, sejarah  visi-misi sekolah, dan struktur organisasi. Selain itu situs juga memberikan informasi contact.

 


03#. Mendukung Search Engine

Ada anggapan bahwa platform google sites tidak didukung oleh search engine. Anggapan ini tidak benar. Sites mudah ditemkan di mesin pencahri. Faktor titik lemahnya memang, Sites tidak bisa dioptimalkan dalam aspek SEO. Untuk ukuran website sekolah, platform sites sudah sangat mendukung.

 


04#. Informasi PPDB Lengkap

Situs memuat informasi PPDB yang lengkap dan detil mulai dari informasi umum, jadwal pelaksanaan, persyaratan, dan berkas yang harus diunduh.

 


Langkah 5: Menyempurnakan pada Pra Tinjau

Gunakan mode pratinjau terlebih dahulu sebelum Anda menlaunching atau mempublikasikan sites. Mintalah saran untuk kesekalian kalinya. Setelah mendapatan banyak umpan balik, baru publikasikan sites Anda.  Sites tidak akan mengalami banyak perubahan kecuali jika menyangkut esensial.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done