Serial Sekolah Go Digital Bagian 2: Mengapa Menggunakan Google Sites - Teras Academy
News Update
Loading...

9/22/2021

Serial Sekolah Go Digital Bagian 2: Mengapa Menggunakan Google Sites

 

Source: bloggoogle

Google Sites adalah sebuah alat yang dapat digunakan dalam menciptakan custom website, mirip dengan wiki yang bisa digunakan untuk keperluan personil maupun kelompok atau institusi. Situs website akan memiliki alamat sites.google.com/site/username/.

Sekolah bisa menggunakan Google Sites untuk Go Digital: Membangun web sekolah, menciptakan Kelas dan portofolio digital.

Website Sekolah sebuah kumpulan halaman interaktif yang berisi informasi tertentu serta dapat diakses oleh banyak orang melalui internet.

Kelas Digital merupakan kelas maya atau online yang di dalamnya berisi pelbagai konten pembelajaran -mulai tahap persiapan, pelaksanaan, hingga penilaian pembelajaran.

Portofolio Digital memuat pelbagai informasi serta dokumen terstruktur dan rapi hasil karya serta aktivitas siswa maupun guru.

Keunggulan Google Sites

Mengaapa harus menggunakan Gogle Sites? bukan Aps yang la, seperti wordpress atau joomla?

Saat ini google sites bisa menjadi alternatif dalam membuat website atau blog. Google Site mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya:

Mudah dibuat. Google Sites sangat mudah dibuat, tanpa membutuhkan keterampilan coding/pemrograman sekalipun. Sangat cocok bagi pendidik pemula yang minim kemampuan teknologi.

Proses Pengeditan. Dashboard Sites cukup bersih. Pengguna (pemula) dapat memulai, memilih template, dan memposting content dengan mudah. Google tidak membatasi pengguna dengan jumlah proyek tertentu serta bisa melakukan pembaharuan kapan pun pengguna mau.

Pusat Bantuan. Google Sites menyediakan fasilitas bagi pengguna baru yang masih memerlukan bantuan dari pengembang sistem melalui sistem Pusat Bantuan yang informatif dengan banyak tutorial serta panduan kerja.

Gratis. Pengguna bisa menggunakan google sites tanpa dipungut biaya sepersenpun. Google juga tidak membatasi jumlah situs web yang akan dibuat. Pengguna cukup membuat akun dengan menggunakan akun google/gmail. Data akan terhubung dengan Google Drive dengan kapasitas 15 GB.

Tingkat keamanan tinggi. Google Sites bagian dari Google Inc, jadi jangan khawatir dengan keamananya. Perusahaan sekaliber Google selalu melindungi semua produknya, tanpa kecuali Google Sites.

Terhubung dengan Produk Google lain. Google Sites terhubung dengan produk google lain, termasu Google Workspace. Tidak heran pengguna bisa memposting google slides, youtube dan google form.

Mudah ditemukan di mesin pencahri. Konten mudah ditemukan di mesin pencahri google, karena google sites sendiri merupakan produk dari google.

Membagi peran. Google Sites bisa dikelola lebih dari satu orang. Administrator bisa membagi peran kepada banyak pengguna, bisa menjadikan editor sekaligus atau hanya sebatas melihat/mengakses sites.

Kelebihan Google SIites

Perbandingan Google Sites dengan Wordpress

Saya akan membandingkan Google Sites dengan Wordpress. Wordpress adalah Sistem Manajemen Konten (CMS) gratis dan sumber terbuka yang dibuat menggunaka bahasa pemrograman PHP, dan menggunakan database MySQL atau MariaDB. Wordpress dibuat sebagai sistem penerbitan blog, kemudian berkembang mendukung untuk pembuatan jenis konten web lainnya, seperti galeri media, situs keanggotaan, Learning Managemen Sistem (LMS) dan Toko online.



Kesimpulan

Google sites hadir sebagai pembuat situs web sederhana dan mudah digunakan. Dengan tingkat kesederhanaan tinggi, sistem google sites tidak memerlukan beberapa fitur yang penting. sekolah bisa menggunakan Google sites untuk go digital: membuat web intranet, portofolio, umpan berita, dan proyek sekolah

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done