Profil Lengkap 10 Universitas Terbaik di Benua Eropa - Teras Academy
News Update
Loading...

11/05/2020

Profil Lengkap 10 Universitas Terbaik di Benua Eropa

 

Universitas Terbaik Eropa
source:freepik

Tidak bisa dipungkiri, benua Eropa merupakan peletak dasar ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan berkembang di sini, terutama ketika zaman renaisans di mulai. Abad Reinaisans atau abad pembaharuan terjadi antara abad ke-14 sampai abad ke-17. Dalam fase ini pendidikan tinggi mulai muncul.


Di Italia muncul Universitas Bologna, di Inggris raya berdiri Universitas Oxford, dan di Paris berdirilah Universitas Paris. Setelah itu munculah Universitas Cambridge, Gottingen dan lain-lain. Setelah beberapa perguruan tinggi muncul, barulah abad ke-16-17, tepatnya di Benua Amerika berdiri beberapa kampus, seperti Harvard University.


Banyak sekali bermunculan Universitas terbaik di Benua Eropa yang kemudian menginspirasi berdirinya Universitas lain di belahan dunia.


Kemajuan pendidikan di Benua Eropa mengilhami banyak pelajar di seluruh dunia untuk bisa melanjutkan studi di sana. Tak terkecuali, pelajar Indonesia. Ada beberapa pelajar tanah air yang pernah merasakan atmosfir pendidikan di benua Eropa, salah satunya Maudy Ayunda yang kuliah di Oxford.


Teras Pendidikan mencoba memaparkan 10 Universitas terbaik di Benua Eropa. Teras Pendidikan mengurai dan memberikan profil lengkap kelima belas Universitas tersebut berdasarkan peringkat yang dikeluarkan oleh QS World Rank.


01#. Universitas Oxford, UK

Universitas Oxford merupakah perguruan tinggi riset yang terletak di Oxford, Oxfordshire, Inggris. Oxford memiliki model pengajaran, ilmu dan lulusan hebat yang menjadikan perguruan tinggi menjadi lembaga prestisius di dunia sekaligus rujukan bagi para pelajar.


Tidak ada tanggal pasti kapan perguruan tinggi ini dimulai. Namun dari catatan sejarah, pengajaran di Oxford sudah ada sejak tahun 1096 dan berkembang pesat dari tahun 1167, ketika Henry II melarang siswa Inggris untuk menghadiri Universitas Paris. Catatan sejarah tersebut menjadikan Oxford menjadi perguruan tinggi tertua ke-2 yang masih terus beroperasi hingga saat ini setelah Universitas Bologna, Italia.


Sejarah berlanjut, pada tahun 1201, Universitas dipimpin oleh seorang magiste Scholarum Oxolinem yang bergelar Kanselir, diberikan pada 1214. Balliol dan Merton Colleges, didirikan antara tahun 1249 dan 1264 menjadikan keduanya sebagai college tertua.


Pada tahun 1355, Edward III memberikan penghormatan kepada Universitas atas kontribusinya yang tak ternilai untuk pembelajaran serta alumninya yang terkemuka. Sejak awal berdirinya, Oxfrod bagian dari pusat kontroversi, terutama tentang pemahaman agama/alkitab.


Wadham College didirikan pada 1610, diantara tokoh pendirinya adalah Sir Cristopher Wren. Pada tahun 1650, klub filsafat Oxford terbentuk, diantara tokohnya adalah Robert Boyle dan Robert Hooke. Kelompok tersebut mengadakan pertemuan rutin di Wadham di bawah pengawasan, John Wilkins. Kelompok tersebut kemudian mendirikan Royal Society.


Pada abad ke-18, Oxford mulai dengan kebangkitan ilmiahnya, ditandai dengan ramalan Profesor Geometri, Edmund Halley akan kembalinya komet. Dari tahun 1878, perguraun tinggi mendirikan aula akademik pertama untuk wanita dan mereka mulai diterima sebagai anggota penuh universitas.


02#. ETH Zurich Swiss

ETH Zurich adalah perguruan tinggi riset publik yang terletak di kota Zurich, Swiss, dan merupakan salah satu perguruan teknik terbaik di Eropa sekaligus dunia. Perguruan tinggi ini hampir sejajar dengan perguruan tinggi sekaliber MIT, dan California Institute of Technology (Caltech), AS.


ETH didirikan pada tanggal 7 Februari 1854 oleh Pemerintah Federal Swiss, dan mulai memberikan perkuliahan pertama pada 16 Oktober 1855 atas nama lembaga poiteknik. Padaawalnya, Politeknik ETH terdiri dari enam fakultas: arsitektur, teknik sipil, teknik mesin, kimia, kehutanan, dan departemen yang terintegrasi antara bidang matematika, ilmu alam, sastra dan ilmu politeknik.


ETH Zurich merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia, dan Eropa. Secara konsisten masuk peringkat 1-5 di level Eropa, dan 3-10 terbaik Dunia. ETH Zurich mencapai reputasi dalam bidang kimia, matematika, dan fisika. Pada tahun 2018, QS World Rank menempatkan ETH Zurich peringkat ke-7 secara global. Pada tahun 2015, ETH menempati peringkat ke-5 di dunia dalam bidang teknik, tepat dibelakang MIT, Stanford, dan Cambridge. Pada tahun 2020, QS World Rangking menempatkan ETH Zurich, peringkat ke-6 secara global, di bawah MIT, Stanford, Harvard, dan Oxford. Lebih baik beberapa tingkat bila dibandingkan dengan Cambridge, dan Imperial College London.


03#. Universitas Cambridge, UK

Universitas Cambridge adalah sebuah perguruan tinggi riset yang terletak di Cambridge, Inggris yang didirikan pada tahun 1209 dan dikenal sebagai salah satu Universitas tertua sekaligus bergengsi di dunia, sekaligus anggota Rsusslell Group.


Kota Cambridge dikenal sangat religious, ada sejumlah lembaga keagamaan. Ada gereja St Giles, dan Biara St Radegund –yang akhirnya menjadi Jesus College. Ada juga rumah sakit, bagi penderita kusta serta warga miskin –dikemudian hari menjadi St Jhon College. Tujuh mil dari utara kota ada rumah Benediktin Ely Yang, yang mempunyai kedudukan seperti sebuah keuskupan.


Di Kota tersebut, banyak berkumpul para pedagang dan pendeta, interaksi masyarakatnya semakin berkembang dan mereka seringkali mengadakan pameran Stourbridge yang terkenal itu. Pada tahun 1200, Cambridge menjadi komunitas komersial yang berkembang pesat.


Pada tahun 1209, banyak sarjana di Oxford berimigrasi ke Cambridge karena sebuah konflik dan menetap di sana. Pada awalnya mereka menetap di kota itu, tetapi kemudian mereka menyewa rumah-rumah penduduk dan menjadikannya sebuah asrama dengan seorang guru yang bertanggung jawab. Pada tahun inilah Universitas Cambridge dimulai.


Pada tahun 1226, sejumlah cendekiawan jumlahnya cukup banyak, mereka mendirikan sebuah organisasi yang mempunyai pejabat yang disebut Kanselir, dan mengatur kursus studi regular yang diajarkan kepada anggota sendiri. Raja Henry III memberikan bantuan dan intervensi


Para siswa berbondong-bondong ke Cambridge, mengatur skema studi mereka dengan mengikuti pola yang terjadi di Italia dan Prancis, dan Oxford. Mereka mempelajari apa yang mereka sebut dengan kursus dasar dalam ilmu seni, tata bahasa, logika dan retorika, diikuti kemudian dengan ilmu aritmatika, music, geometrid an astronomi.


Pengajaran di awal tidak ada professor, pengajaran dilakukan oleh profesional yang telah lulus kursus dan mendapatkan izin rekomendasi. Pengajaran berupa membaca dan menjelaskan teks, ujian dalam bentuk pertanyaan lisan dan debat yang diajukan oleh lawan yang sedikit lebih senior. Beberapa ahli, melanjutkan studi lanjutan dalam keahlian, ilmu kedokteran diajarkan dan diperiksa oleh mereka yang telah lulus kursus dan menjadi dokter –mereka mengelompokan dirinya ke dalam fakultas tertentu.


Pada Abad ke-16, perguruan mengalami perubahan besar, termasuk penampilan fisik. Trinity, hadir didirikan oleh Henry VIII. Dr Caius memperbesar Gonvile Hall; Emmanuel menyerap situs Dominikan, Sidney Sussex milik Fransiskan, dan Magdalena menyerap bekas rumah studi Benediktin yang dikenal sebagai Buckingham College.


Ukuran Universitas meningkat pesat, para siswa awam mulai berdatangan untuk mendaftar di Cambridge. Henry VIII mnegeluarkan perintah untuk menekankan Fakultas Hukum, dan melarang studi filsafat skolastik, disusul munculnya studi matematika dan alkitab. Henry VIII, juga memberikan lima jabatan Profesor: Regius, Ibrani, Yunani, Hukum Fisik dan SIpil.


Padat ahun 1520-an, Cambridge mulai mendirikan percetakan dan memberikan piagam kerajaan pada tahun 1534, memberikan kuasa pada Universitas untuk memberi nama. Pada tahun 1584, publikasi regular dimulai di bawah hak istimewa Universitas, menyandang nama University Press. Cambridge University Press berlanjut hingga hari ini sebagai salah satu penerbit akademis tertua dan terbesar di dunia.


Karya dalam bidang ilmu matematika pada abad ketujuh belas berkembang pesat dalam karir Isaac Neewton, yang bersama dengan para muridnya mengadakan penyelidikan ilmiah. Beberapa jabatan Profesor bemrunculan, seperti Profesor Lucasian (Matematika), Plumian (Astronomi), The Woodwardian (anatomi, bonati, geologi), Lowndean (astronomi-geometri), Lord Almoner (Bahasa Arab), Regius (Musik dan Sejarah), Downing (hukum).


Para Profesor mendorong penyediaan alat bantu pengajaran dalam Universitas, hingga beberapa sarana pendukung hadir, seperti Kebun Raya dan Museum Fosil Woodwardian, dan juga Observatorium yang didirikan oleh Trinity College. Reputasi Universitas terus meningkat sering dengan meningkatnya para ilmuwan Cambrdige di abad ke-19 antara lain Clerk Maxwell, Darwin, JJ Thomson. Lord Rayleigh dan Lord Rutherford. Pembangunan beberapa Departemen dan lembaga penelitian terus digencarkan.


04#. Imperial College London, UK

Imperial College London atau Imperial College of Science, Technology and Medicine merupakan universitas riset publik yang terletak di kota London, UK. Perguruan tinggi ini didirikan oleh Royal Charter pada tahun 1907 dengan menggabungkan antara lembaga Royal College of Science, Royal School of Mines, dan City and Guild College.


Imperial adalah rumah bagi pelbagai inovasi serta para ilmuwan handal, 14 orang diantaranya menerima hadiah nobel, 1 meraih Turing Award, 74 Fellows Royal Society, 87 Fellows Royal Academy of Engineering, dan 85 Fellows Academy of Medical Sciences.


Perguruan tinggi paling awal jika ditelusuri mengarah pada sebuah institusi bernama Royal College of Chemistry, yang didirikan pada tahun 1845. Pada tahun 1853 digabung menjadi Royal School of Mines. Pada saat yang sama, di kota London berdiri Sekolah keodkteran, Charing Cross Hospital Medical School, kemudian ada Westminster Hospital, dan Rumah Sakit St Mary pada tahun 1851.


Setelah pameran besar dibuka oleh Henry Cole dan pangeran Albert pada tahun 1851, Victoria and Albert Museum dan Science Museum juga dibuka, dan bergabung dengan Royal School of Mines, di saat yang sama Natural History Museum juga dibuka. Tujuh tahun kemudian, imperial Institute berdiri.  


Pada tahun 1881, Thomas Huxlet, mengambil alih tanggung jawab untuk pengajaran ilmu alam dan pertanian yang menjadi bagian dari Royal School of Mines. Sekolah ini kemudian berganti menjadi Royal College of Science pada tahun 1890 dengan pusat pendidikan di Kota London.


Pada bulan Juli 1907, raja Edeard VII memberikan piagam kerajaan (Rotal Charter) untuk mendirikan Imperial College of Science and Technology, termasuk di dalamnya Royal School of Mines dan Royal College of Science, serta Imperial menjadi perguruan tinggi di University of London. Pada tahun 1919, siswa beserta alumni membuat petisi untuk menjadikan Imperial terpisah dari University of London.


Dengan kekhawatiran perguruan tinggi Inggris tertinggal dari AS dalam bidang sains, beberapa ilmuwan seperti Lord Cherwell, Lawrence Bragg, dan Edward Appleton menyerukan kesetaraan "MIT Inggris". Pada tahun 1988, Sekolah Kedokteran Rumah Sakit St mary bergabung dengan Imperial, disusul dengan Charing Cross and Westminster Medical School, Royal Postgraduated Medical School (RPMS) dan institute of Obstetrics and Gynecology pada tahun 1997. Pada tahun 1997, Imperial secara resmi mendirikan Imperial College School of Medicine.


Imperial menempati peringkat ke-3 di UK, Ke-4 di benua Eropa, serta peringkat ke-8 secara global versi QS World Rangking.


05#. University College London

University College London (UCL), merupakan sebuah universitas riset yang terletak di London, pada awalnya bagian dari Universitas Federal University of London. Sejak tahun 2005, terpisah.


UCL merupakan bagian perguruan tinggi pendiri University of London (UL) yang didirikan pada tahun 1826. Sebelum mandiri, beberapa institusi, seperti Institute of Ophtalmology, Institute of Neurology, Royal Free Hospital, Eastman Dental institute, institute Education bergabung dengan UCL.


UCL memiliki kampus utama di area Bloomsbury, pusat kota London, dan beberapa kampus luar negeri seperti Queen Elizabeth Olmnpic Park, Stanford, dan Doha Qatar. Pada tahun 2018, UCL memiliki 41.500 mahasiswa dan 15.100 staf dan memiliki total pendapatan sebesar £ 1,45 miliar, di mana £ 476,3 juta berasal dari hibah dan kontrak penelitian. 


QS World rangking menempatkan UCL berada diperingkat ke-10 secara global, ke-4 di Inggris Raya dan Ke-5 di Eropa. UCL memiliki keunggulan adalam ilmu: Antropologi, Arkeologi, Arsitektur, Anantomi dan Fisiologi, Pendidikan, geografi, keodkteran, farmasi dan Farmakologi, serta Psikologi. Kesemua subyek tersebut menempati peringkat 10 besar.


Untuk subyek yang lain: seni dan Humaniora (15), Ilmu sosial dan manajemen (34), Teknik (49), Ilmu Alam (63), Komputer (9), Sain dan Matematika (75), dan Ilmu sosial (75).


06#. École polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL), Swiss

École polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL) adalah lembaga penelitian dan universitas di Lausanne, Swiss, yang berspesialisasi dalam ilmu alam dan teknik. Akarnya dapat ditelusuri kembali ke pendirian sekolah swasta pada tahun 1853, yang awalnya hanya memiliki 11 siswa. Hari-hari itu sudah lama berlalu, dengan EPFL modern salah satu dari dua Institut Teknologi Federal Swiss dan jumlah siswa di Lausanne sekarang berjumlah lebih dari 10.000.


Terletak di bagian berbahasa Prancis di Swiss, Ã‰cole polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL) bekerja sama dengan Institut Teknologi Federal Swiss di Zurich (ETH Zurich). Sebagai bagian dari kegiatan penelitian dan pengajarannya, EPFL adalah satu-satunya universitas yang menjalankan reaktor nuklir, reaktor fusi, Superkomputer Gene / Q, dan memiliki fasilitas bio-hazard P3.


EPFL berasal dari sebuah yayasan pendidikan swasta bernama Ecole Speciale de Lausanne pada tahun 1853 yang dibuka atas inisiatif dari para alumni Ecole Centrale Paris dan John Gay, pada saat itu menjadi Profesro dan Rektor dari Academie de Lausanne.  Pada tahun 1869, menjadi Departemen Teknis Academie de Laussane Public –memperoleh status menjadi Universitas pada tahun 1890.


Fakultas teknis berubah menjadi Ecole d’engenieurs de I’Universite de Laussanne. Pada tahun 1946, namanya berubah menjadi Ecole plytechnique de I’Universite de Laussanne (EPUL). Pada tahun 1969, EPUL pisah dari Universitas Lausanne dan menjadi lembaga federal dengan nama saat ini, EPFL, seperti ETH Zurich yang dikontrol langsung oleh pemerintah federal Swiss.


QS World Rank memberikan peringkat EPFL ke-14 secara global di smeua bidang, sementara Times Higher Education memberi peringkat 19 secara global untuk rekayasa dan teknologi di tahun 2020. Times under 100 memasukan institusi ke dalam 100 universitas terbaik di dunia yang berusia di bawah 50 tahun. Times Higher Education juga memberi peringkat EPFL sebagai universitas paling internasional di dunia dua tahun berturut-turut, 2014-2015.


07#. Edinburgh University, UK

Universitas Edinburgh. Salah satu Universitas terbesar di Eropa ini tergabung ke dalam Russell Grub, dan menjadi member Liga Universitas Riset Eropa. Universitas juga memiliki sumbangan terbesar ketiga di Inggris Raya, setelah Cambridge dan Exford. Pendapatan tahunan lembaga antara tahun 2018-2019 sebesar  £ 1.080.6 juta di mana £ 285.7 juta berasal dari hibah penelitian dan kontrak, dengan pengeluaran £ 1.211.9 juta.


Universitas Edinburg atau yang biasa disingkat Edin, didirikan pada 1582, merupakan Universitas tertua keenam di dunia sekaligus merupakan salah satu Universitas kuno di Sktolandia. Perguruan tinggi didirikan oleh Dewan kota Edinburgh, sebagian bagian warisan yang ditinggalkan oleh lulusan Universitas St Andrews (yang lebih dahulu berdiri), serta Uskup Robert Reid dari Katedral St Magnus, Orkney.Institusi secara resmi didirikan sebagai berguruan tinggi berdasarkan piagam kerajaan, yang diberikan oleh Raja James VI pada 14 April 1582.


Didirikan sebagai “Tounis College”, Universitas membuka pintu bagi mahasiswa pada bulan Oktober tahun 1583. Sistem pengajaran dimulai di bawah pengawasan alumni St Andrews lainnya,s eperti teolog Robert Rollock. 


Universitas setiap tahun menerima sekitar 60.000 lamaran, menjadikan institusi menjadi universitas terpopuler di Inggris raya berdasarkan volumen lamaran. Edinburg memiliki nilai masuk UCAS rata-rata tertinggi ke-4 di Skotlandia, dan ke-8 secara keseluruhan di Inggris.


Pada tahun 2019, Universitas memiliki kualifikasi masuk rata-rata tertinggi ke-8 untuk program sarjana, dengan siswa baru nilai rata-rata 189 poin UCAS, setara dengan sedikit di atas AAAaa di nilai A-Level.


08#. University of Manchester

University of Manchester merupakan Universitas riset yang terletak di selatan kota Manchester, tepatnya di Oxford Road. Didirikan pada tahun 2004 oleh penggabungnya University of Manchester Institute of Sains (UMIS). Universitas mengoperaiksan aste besar, seperti Museum Manchester, Galeri Seni Whitworth, John Rylands Library dan Jodrell Bank Observaory –UNESCO World Heritage Site.


Pada tahun 2018, Universitas memiliki 40.250 siswa dan 10.400 staf, menjadikannya universitas terbesar kedua di Inggris. Nancy Rothwell, ketika menjadi Presiden berusaha mewujudkan Universitas menjadi 25 Universitas terbaik di dunia. Pada tahun 2011, empat penerima nobel menjadi staf Universitas: Andre Geim, Konstantin Novoselov, John Sulton dan Joseph E Stiglitz.


09#. Kings College London, UK

King’s College London (KCL) adalah Universitas Riset Publik yang terletak di kota London, UK, dan merupakan perguruan tinggi pendiri dari Universitas Federal London. King’s didirikan pada tahun 1829 oleh Raja George IV dan arthur Wellesley, Duke of Wellington pertama. Pada tahun 1836, King’s menjadi salah satu dari dua kolase pendiri Universitas London. Pada abad ke-20, King;s tumbuh melalui serangkaian merger, termasuk dengan Queen Elizabeth College, Chelsea College of Science and Technology. Institute of Psychiatru, United Medical and Dental Schools of Guy and St Thomas Hospital, dan Florence Nightingale School of Nursing and Midwifery.


King’s College adalah anggota pendiri Global Medical Excellence Cluster (GMEC), sebuah cluster ilmu biologi ilmu hayati terbesar di dunia yang didirikan bersama dengan Universitas Cambrdige, oxford, Imperial College, dan Universitas College London. Universitas juga mitra pendiri FutureLearn, sebuah platform pembelajaran atau kursus online. Bersama dengan Arizona State University dan University of New South Wales, membentuk PluS Alliance, sebuah aliansi universitas internaisonal yang bertujuan untuk mengatasi tantangan global. Universitas juga menjaid bagian dari pendiri Francis Crick Institute, sebuah lembaga penelitian bidang kesehatan terbesar di Eropa.


10#. London School of Economics and Political Science (LSE)

London School of Economics atau LSE adalah Universitas riset publik yang terletak di London, Inggris dan anggota dari University of London. Didirikan pada tahun 1895 oleh Fabian Society, sidney Webb, Beatrice Webb, Graham Wallas, dan George Bernard Shaw. Pada tahun 1900, LSE bergabung dengan Universitas London. Pada tahun 2008, berlepas diri dari Universitas induk.


Universitas yang terletak di Westminster, Central London tersebut secara konsisten masuk 15 perguruan tinggi teratas di Inggris. QS World Rank 2021 menempatkan LSE peringkat ke-49 secara global. Universitas memiliki keunggulan dalam ilmu sosial dan manajemen, komunikasi, studi media, ilmu politik, kebijakan sosial, akuntansi, sejarah, filsafat, hukum, ekonomi, studi bisnis dan administrasi.


Demikian paparan tentang Universitas Terbaik di Eropa.Semoga paparan profil ringkas ini bisa menambah wawasan para pelajar di Indonesia.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done