10 Perguruan Terbaik Dunia Tahun 2020 Versi QS World - Teras Academy
News Update
Loading...

10/30/2020

10 Perguruan Terbaik Dunia Tahun 2020 Versi QS World

Perguruan Tinggi Terbaik Dunia
material gambar:freepik


QS World Rank telah merilih peringkat global Perguruan Tinggi terbaik dunia. Seperti yang kita ketahui, QS World dikelola oleh QS Quacquarelli Symonds, penyedia layanan, analitik, dan wawasan terkemuka di dunia untuk sektor pendidikan tinggi global. Portofolio QS World University Rankings, diresmikan pada tahun 2004, telah berkembang menjadi sumber data komparatif terpopuler di dunia tentang kinerja universitas.

Situs webdapat diakses di, www.TopUniversities.com - rumah peringkat mereka - dilihat 149 juta kali pada tahun 2019, dan lebih dari 94.000 kliping media yang berkaitan dengan, atau menyebutkan, QS diterbitkan oleh outlet media di seluruh dunia pada tahun 2019. Selain publikasi portofolio peringkat universitas terkemuka di pasar oleh QS, QS juga menyusun Survei Siswa internasional QS - survei terbesar di dunia tentang sentimen, motivasi, dan preferensi calon siswa internasional.

Kali ini kami akan memaparkan sepuuh besar perguruan terbaik tersebut.

 

#01. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

__________________________________________________________________________________

Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah sebuah Universitas  riset dan berbasis sains dan teknologi swasta yang terletak di Cambride, AS yang didirikan pada tahun 1861. Saat ini MIT menempati rangkin pertama sebagai kampus terbaik dunia, mempunyai siswa sejumlah kurang lebih 11 ribu (belum mahasiswa Postgraduates), dan staf akademik berjumlah 1.074 orang.

MIT perupakan kampus inovasi yang melahirkan banyak ilmuwan berkaliber dunia. Di sana terdapat 96 penerima hadiah nobel,  26 ilmuwan komputer mereka menerima Turing Award, 8 matematikawan penerima fields Medal, 50 orang menerima MacArthur Fellows, dan 48 penerima beasiwa terkenal Rhodes Scholars. Beberapa subyek di MIT masuk dalam sepuluh besar bahkan mayoritas peringkat pertama, seperti ilmu komputer, sains, bisnis, arsitektur, ekonomi, matematika.

MIT telah banyak menghasilkan para ilmuwan yang telah melahirkan inovasi besar dalam pelbagai bidang. Diantaranya: Harold Eugene Edgerton, pelopor fotografi kecepatan tinggi dan sonar; Claude E Shannon, mengembangkan teori informasi modern; Robert Weinberg, menemukan dasar genetika kanker pada manusia; David Baltimore, mengembangkan Transkripsi terbail, dua virus tumor RNA, R-MLV dan RSV; Danile Lewin dan Tom Leighton menemukan dan mengembangkan jaringan pengiriman konten yang lebih cepat; Ron Rivest, Adi Shamir, dan Leonard Adleman mengembnagkan salah satu sistem kriptografi; Joseph Jacobson, mengembangkan tinta elektronik di MIT Media Lab; Richard Stallman, mengembangkan proyek GNU dan gerakan perangkat lunak bebas; Tim Berners Lee, dengan proyek World Wide Web Consortium dan masih banyak lagi.

02#. Stanford University

__________________________________________________________________________________

Jika ada yang menanyakan perguruan tinggi mana yang banyak menghasilkan para startups dunia? Jawabnya adalah Stanford University. Sebagai Perguruan tinggi terbaik dunia, Stanford telah banyak menghasilkan para lulusan yang berhasil mengembangkan inovasi teknologi.

Universitas Stanford merupakan sebuah kampus riset dan inovasi swasta yang terletak di Stanford, California. Universitas Stanford berada di peringkat lima besar universitas teratas di dunia dan menjadi salah satu kampus yang paling selektif dalam menerima mahasiswa baru di AS.

Hingga saat ini kampus telah melahirkan 83 orang penerima nobel, 28 penerima Turing Award, dan pelbagai penghargaan lain. Selain itu,Universitas Stanford terkenal karena kewirausahaannya dan merupakan salah satu universitas yang sukses dalam menarik dana untuk perushaan startup (rintisan).

Universitas Stanford merupakan perguruan tinggi papan atas di AS dan Dunia. Di AS, posisinya hampir sejajar dengan Harvard, dan MIT. QS Wordl Rank memberikan peringkat, Stanford menduduki peringkat ke-2 setelah MIT dan satu tingkat di atas Harvard sebagai perguruan terbaik di Amerika dan dunia tahun 2021.

Ada beberapa ilmu/jurusan/subyek di Stanford yang menduduki peringkat tinggi secara global, diantaranya adalah: Biologi & Biokimia (peringkat 3 global), Ilmu Kimia (2), Ekonomi dan Bisnis (4), Lingkungan dan Ekologi (3), Ilmu Matematika (1), Ilmu Fisika (2), Psikologi (3), Ilmu Material (2), dan Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler (peringkat 3).

Stanford adalah rumah bagi para founder seperti: William R Hewlet dan David Packard, Hewlet Packard (1939); James H Clarck, Silicon Graphics (1981); Vinod Khosla, dan Andy Bechtolsheim, Sun Microsystem (1982); Leonard Bosack dan Sandy Lerner, Cisco (1984); Jerry Yang dan David Filo, Yahoo (1994); Larry Page dan Sergey Brin, Google; Reid Hoffman, Linkedin (2002); Kevin Systrim dan Mike Krieger, Instagram (2010); Evan Spiegel dan Bobby Murphy, Snapchat (2011); dan Andrew Ng dan Daphne Koller, Coursera (2012)

03#. Harvard University

__________________________________________________________________________________

Membicarakan Perguruan Tinggi terbaik dunia tidak bisa lepas dari nama besar Universitas Harvard. UniversitasHarvard adalah salah satu universitas tertua di Amerika Serikat, diantara paling bergengsi di dunia dan masuk ke dalam Lvy League sebuah asosiasi perguruan tinggi elit di Amerika Serikat dengan segala keunggulannya dalam akademik, seleksi penerimaan dan elitism sosial. 

Harvard didirikan pada tahun 1636 melalui pemungutan suara dari pengadilan Agung dan umum di Koloni Teluk Massachusetts. Pada tahun 1639, institusi dinamai Harvard College. Penamaan ini diambil dari nama pendeta John Harvard yang sangat berperan di awal pendirian. Pada tahun 1650 piagam Harvard Corporation muncul. Tujuan awal Harvard College adalah untuk memajukan pembelajaran dan mengabadikan kepada anak cucu, serta mengurangi buta huruf di kalangan jemaat gereja.

John Harvard adalah seorang pendeta dan imigran Inggris yang lahir dan dibesarkan di Southwark, Surret Inggris pada 1607, anak ke-4 dari smebilan bersaudara dari Robert Harvard, seorang pedagang daging dan pemilik kedai. Ibunya mengirim Harvard ke Emmanuel College, Cambridge; ia mendapatkan gelar BA dan MA.

Harvard College dipimpin oleh seorang pendeta, baru pada tahun 1708, presiden Harvard John Leverett terpilih dan untuk pertama kalinya institusi tidak dipimpin oleh seorang pendeta. Peralihan ini menandai arah perguruan tinggi dari Puritanisme menuju kemerdekaan intelektual.

Universitas Harvard selalu menduduki peringkat teratas secara global. Menurut ARWU, Harvard menduduki peringkat pertama. THE-QS World University Rangkings dari tahun 2004-2009 selalu menempatkan kampus ini diposisi pertama secara global. Namun di tahun 2020-201, Harvard menduduki peringkat ke-2 global, di bawah MIT.

Sedangkan untuk penilaian subyek ilmu pengetahuan secara global, Harvard berhasil menyumbangkan beberapa subyek di urutan pertama: biologi-biokimia, ilmu ekonomi-bisnis, ilmu politik, psikologi, imunologi, biologi-genetika molekuler, ilmu saraf, onkologi, farmakologi, dan ilmu kesehatan masyarakat.

Masuk lima besar, Seni dan Humaniora (2), Lingkungan (5),Fisika (4), Astronomi (4). Terpental dari 10 besar: Ilmu Matematika, Ilmu Kimia. Beberapa subyek ilmu di Harvard yang tidak masuk 20 besar: Ilmu Komputer (47), Teknik (27), Ilmu Pertanian (22). Dan sangat jauh dari peringkat global: Teknik Listrik dan Elekronika (136).

Harvard Business School (HBS), dan harvard Medical School (HMS), diantara dua fakultas harvard yang terkenal di dunia.

04#. California Institute of Technology (Caltech)

__________________________________________________________________________________

Caltech adalah perguruan tinggi terkemuka di AS dan secara global yang banyak melahirkan para ilmuwan dan nobelist. Perguruan teknik ini secara konsisten masuk ke dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik dunia. Caltech berawal dari sekolah kejuruan yang didirikan di Pasadena pada tahun 1891 oleh seorang pengusaha serta politisi, Amos G Throop. Sekolah kemudian berganti menjadi Throop University/Throop Politechnic. Sekolah kejuruan dibuarkan, sebagai gantinya dibentuk sekolah politeknik yang independen pada tahun 1907.

Pada tahun yang sama, muncul RUU Badan Legislatif California yang menyerukan pembentukan “Institut Teknologi California” yang di danai publik. Rencana awal menawarkan institute ke negara bagian, namun presiden Universitas Stanford dan California University berhasil melobi untuk membatalkan. Jadilah institute berdiri mandiri.

Throop berjanji membawa para ilmuwan ke kampus, seperti ahli kimia fisik Arthur Amos Noyes dari MIT,  membantu mengembangkan institusi serta mendirikan pusat sains dan teknologi. Noyes adalah seorang ahli kimia serta inventor MIT. Selain itu, ia juga berhasil menarik fisikawan eksperimental Robert Andrews Millikan dari Universitas Chicago pada tahun 1917. Throop bersama dengan Hale, Noyes dan Milikan berkolaborasi mengembangkan Caltech. Pada tahun 1923, Milikan mendapatkan hadian Nobel Fisika. Dua tahun kemudian, sekolah mendirikan departemen geologi dan mempekerjakan William Bennet Munro, yang saat itu menjabat sebagai ketua divisi di harvard, untuk membuat divisi ilmu humanora dan sosial.

Caltech adalah rumah dari laboratorium luar angkasa terkemuka dunia,  The ject Propulsion laboratory (JPL), didirikan pada tahun 1930an. Fungsi utama dari laboratorium adalah sebagai pusat pengembangan dan pengoperasian pesawat ruang angkasa robotic, juga bertanggung jawab untuk operasional Deep Space Network NASA. 

05#. Universitas Oxford

__________________________________________________________________________________

Universitas Oxford merupakah perguruan tinggi riset yang terletak di Oxford, Oxfordshire, Inggris. Oxford memiliki model pengajaran, ilmu dan lulusan hebat yang menjadikan perguruan tinggi menjadi lembaga prestisius di dunia sekaligus rujukan bagi para pelajar.

Universitas mengelola 39 perguruan tinggi atau college. Tidak semua perguruan tinggi menawarkan mata kuliah, tetapi pada umumnya mencakup berbagai mata pelajaran atau departemen. Diantara College yang dimiliki Oxford adalah Exeter.  Exeter tertua ke-4 di Universitas. Exeter di dirikan oleh Walter de Stapledon, dan Uskup Exeter pada tahun 1314. Exxeter telah melahirkan alumni terkemuka, seperti William Morris, Richard Burton, Roger Bannister, dan Alan Bennertt.

Oxford dan beberapa universitas di Inggris yang lain, menggunakan aplikasi UCAS sebagai media pendaftaran. Untuk beberapa jurusan tertentu seperti kedokteran, kedokteran gigi, pelamar di Oxford dan Cambridge harus melamar lebih awal yaitu 15 Oktober. 

Selain melalui seleksi berkas, dan tes calon pelamar yang memenuhi seleksi awal mengundang mereka untuk melaksanakan proses wawancara, di mana mereka disediakan makanan dan akomodasi selama tiga hari di bulan Desember. Sebagian pelamar akan diwawancarai secara individu oleh akademisi di lebih dari satu perguruan tinggi.

Oxford dikenal menawarkan salah satu pendidikan terbaik di dunia dan persaingan untuk mendapatkan temat belajar sangat ketat. Rata-rata kampus menerima lebih dari 20.000 aplikasi, namun yang diterima hanya sekitar 3.250 mahasiswa setiap tahun.

Oxford selalu konsisten masuk ke dalam perguruan tinggi top di dunia. Times Higher Education World University Rangkings memasukan Oxford salah satu enam perguruan tinggi super, bersama dengan Cambirdge, Harvard, MIT, Stanford, dan Berkeley.  QS World Rangk memasukan Oxford ke dalam peringkat ke-5 secara global, di bawah MIT, Stanfrod, dan Harvard.

Selain itu, Sekolah bisnis mereka, Said Business School menduduki peringkat ke-13 untuk program MBA, Makalah dan Jurnal versi Nature Index menduduki peringkat ke-9 (dari 82 jurnal terkemuka). Menurut Subyek, Universitas Oxford menempati peringkat pertama untuk disiplin ilmu Bahasa dan sastra Inggris, Modern Language, Geografi, dan Sejarah. Menempati peringkat ke-2 secara global untuk ilmu Antropologi, Arkeologi, Hukum, Kedokteran, Politik, Studi Internasional, dan Psikologi.

06#. ETH Zurich Swiss

__________________________________________________________________________________

Siapa ilmuwan Fisika terkemuka di dunia? Jawabannya adalah Albert Einstein. Jika berbicara Einstein, maka tidak bisa terlepas dari kampus ETH Zurich.  ETH Zurich adalah perguruan tinggi riset publik yang terletak di kota Zurich, Swiss, dan merupakan salah satu perguruan teknik terbaik di Eropa sekaligus dunia. Perguruan tinggi ini hampir sejajar dengan perguruan tinggi sekaliber MIT dan Caltech, AS.

ETH Zurich adalah rumah bagi 21 ilmuwan pemenang nobel, dan seorang peraih Turing Award. ETH juga tempat bagi Einstein belajar sekaligus menjadi professor. ETH didirikan pada tanggal 7 Februari 1854 oleh Pemerintah Federal Swiss, dan mulai memberikan perkuliahan pertama pada 16 Oktober 1855 atas nama lembaga poiteknik. Pada awalnya, Politeknik ETH terdiri dari enam fakultas: arsitektur, teknik sipil, teknik mesin, kimia, kehutanan, dan departemen yang terintegrasi antara bidang matematika, ilmu alam, sastra dan ilmu politeknik.

ETH Zurich merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia, dan Eropa. Secara konsisten masuk peringkat 1-5 di level Eropa, dan 3-10 terbaik Dunia. ETH Zurich mencapai reputasi dalam bidang kimia, matematika, dan fisika. Pada tahun 2018, QS World Rank menempatkan ETH Zurich peringkat ke-7 secara global. Pada tahun 2015, ETH menempati peringkat ke-5 di dunia dalam bidang teknik, tepat dibelakang MIT, Stanford, dan Cambridge. Pada tahun 2020, QS World Rangking menempatkan ETH Zurich, peringkat ke-6 secara global, di bawah MIT, Stanford, Harvard, dan Oxford. Lebih baik beberapa tingkat bila dibandingkan dengan Cambridge, dan Imperial College London.

07#. Universitas Cambridge

__________________________________________________________________________________

Universitas Cambridge adalah sebuah perguruan tinggi riset yang terletak di Cambridge, Inggris yang didirikan pada tahun 1209 dan dikenal sebagai salah satu Universitas tertua sekaligus bergengsi di dunia, bersama Oxford, Harvard, MIT, dan Stamford. Universitas Cambridge merupakan anggota Russel Group, sebuah asosiasi yang beranggota 24 universitas riset publik, dan golden triangle, sebuah segita emas yang melibatkan perguruan tinggi di kota Cambridge, London dan Oxford.

Perguruan Tinggi adalah institusi yang mempunyai sistem pemerintahan dan property sendiri, yang didirikan sebagian bagian integral dari Universitas. Cambridge memiliki 31 perguruan tinggi, diantaranya: Murraw Edwards, Newnham, Lucy Cavendish, Darwin, Churchil

Sepanjang sejarah, Universitas Cambridge telah melahirkan banyak sekali alumni terkemuka. Alumni Cambridge telah memenangkan 121 hadiah Nobel, 11 mendapatkan hadiah Fields Medal, dan 7 ilmuwan mendapatkan penghargaan Turing Award. Universitas tempat lahirnya matematikwan besar, seperti Isaac Newton, Sir Francis Bacon, John Dee, Brook Taylor, dan Sir Michael Atiyah.

Dalam Ilmu Biologi ada Charles Darwin, alumni Christ College, Francis Crick dan James Watson yang menemukan struktur DNA saat bekerja di Laboratorium Cavendish. Dalam bidang Fisika ada Maurice Wilkins dan Rosalind Franklin yang menghasilkan kristalografi sinar-X. Ernest Rutherford, bapak fisika nuklir, JJ Thomson penemu atom electron, sir James Chadwick, penemu neutron. J Robert Oppenheimer, pemimpin proyek Manhattan. Ada Charles Babbage dan Alan Turing dalam Ilmu Komputer, dan masih banyak lagi.

08#. Imperial College London

__________________________________________________________________________________

Imperial College London atau Imperial College of Science, Technology and Medicine merupakan universitas riset publik yang terletak di kota London, UK. Perguruan tinggi ini didirikan oleh Royal Charter pada tahun 1907 dengan menggabungkan antara lembaga Royal College of Science, Royal School of Mines, dan City and Guild College.

Perguruan tinggi paling awal jika ditelusuri mengarah pada sebuah institusi bernama Royal College of Chemistry, yang didirikan pada tahun 1845. Pada tahun 1853 digabung menjadi Royal School of Mines. Pada saat yang sama, di kota London berdiri Sekolah keodkteran, Charing Cross Hospital Medical School, kemudian ada Westminster Hospital, dan Rumah Sakit St Mary pada tahun 1851.

Pada bulan Juli 1907, raja Edeard VII memberikan piagam kerajaan (Rotal Charter) untuk mendirikan Imperial College of Science and Technology, termasuk di dalamnya Royal School of Mines dan Royal College of Science, serta Imperial menjadi perguruan tinggi di University of London. Pada tahun 1919, siswa beserta alumni membuat petisi untuk menjadikan Imperial terpisah dari University of London.

Imperial menempati peringkat ke-3 di UK, Ke-4 di benua Eropa, serta peringkat ke-8 secara global versi QS World Rangking.

09#. Universitas Chicago

__________________________________________________________________________________

Universitas Chicago merupakan universitas riset swasta yang terletak di Chicago, iIllinois. Hingga saat ini universitas memiliki 16.445 siswa, termasuk mahasiswa Pascasarjana berjumlah 10.159 (ditahun 2019).

Universitas Chicago didirikan pada tahun 1890 oleh American Baptist Education Society, menggunakan sumbangan, termasuk juga terdapat sumbangan dari pengusaha John D Rockefeller, dan pengusaha yang lain. Kampus Hyde Park dibangun dibiayai oleh sumbangan dari masyarakat Chicago seperti Silas B Cobb, Marshall Field, Chares L Hutchincson, Martin A Ryerson, Clay Bartlett, dan George C Walker yang mendanai Museum yang kemudian diberi nama menurutnya.

Pada tahun 1929, di bawah kepemimpinan Presiden Robert Maynard Hutchins, Universitas mengalami banyak perubahan. Dia mereformasi kurikulum seni liberal yang dikenal sebagai Common Core, mengatur pekerjaan lulusan universitas menjadi empat divisi. Pada masa jabatannya juga, RS Universitas Chicago di bangun. Hutchins menjadi Presiden di saat usianya masih menginjak 30 tahun. Hutchins mengenyam pendidikan di Yale kemudian menjadi Dekan Yale Law School, sebelum akhirnya menjadi Presiden Universitas Chicago.

Di Universitas Chicago, siswa tidak belajar apa yang harus dipikirkan, tetapi bagaimana. Dalam suasana riset-pembelajaran yang bebas dan terbuka, mahasiswa dan profesor berdebat, berkolaborasi, dan menyelidiki sambil menantang asumsi — dan satu sama lain. Berakar pada pertanyaan yang ketat, pendidikan unik UChicago mengubah individu, mempersiapkan dan memberdayakan mereka untuk membuat dampak positif pada dunia.

10#. University College London (UCL)

__________________________________________________________________________________

UCL merupakan bagian perguruan tinggi pendiri University of London (UL) yang didirikan pada tahun 1826. Sebelum mandiri, beberapa institusi, seperti Institute of Ophtalmology, Institute of Neurology, Royal Free Hospital, Eastman Dental institute, institute Education bergabung dengan UCL.

UCL memiliki kampus utama di area Bloomsbury, pusat kota London, dan beberapa kampus luar negeri seperti Queen Elizabeth Olmnpic Park, Stanford, dan Doha Qatar. Pada tahun 2018, UCL memiliki 41.500 mahasiswa dan 15.100 staf dan memiliki total pendapatan sebesar £ 1,45 miliar, di mana £ 476,3 juta berasal dari hibah dan kontrak penelitian. 

Sebuah perguruan tinggi besar, UCL memiliki banyak fasilitas lengkap. Kampus yang terletak di kota London tersebut mempunyai fasilitas gedung perkuliahan, teater, perpustakaan, museum hingga Rumah Sakit untuk sekolah kedokteran. Sejumlah institusi penting berbasis di dekat kampus utama, termasuk British Library, British Medical Association, British Museum, Cancer Research UK, Medical Reserach Council, RADA, Royal Academy of Art, royal Institution dan Wellcome Trust.

UCL bertanggung jawab atas beberapa museum dan koleksi di berbagai bidang seni dan sain, termasuk: Museum Arkeologi Mesir Petrie, Museum Seni UCL yang memiliki gamar patung seniman neoklasik John FlaxmanGrant Museum of Zoology and Comparative Anantomy yang dinamai menurut Profesor pertama anatomi, robert Edmund Grant

Masuk UCL sangat selektif. UCL merupakan salah satu universitas pertama di Inggris yang menggunakan nilai A* di A-Level.  Dari sarjana UCL, 32,4% berpendidikan swasta , proporsi tertinggi kedelapan di antara universitas utama Inggris.  Pada tahun akademik 2016-17, universitas memiliki rincian domisili dari Inggris: UE: siswa non-UE 59:12:30 masing-masing dengan rasio perempuan terhadap laki-laki 58:42. 

 

Mata kuliah sarjana dengan pelamar tertinggi untuk rasio tempat di UCL pada 2015 termasuk Arsitektur BSc (rasio 14: 1), Ekonomi BSc (Econ) (rasio 11: 1),  Teknik (Mekanik dengan Keuangan Bisnis) MEng ( Rasio 10: 1), BA Inggris (rasio 10: 1), BA Seni Rupa (rasio 23: 1),  Hukum LL.B (rasio 16: 1) dan Filsafat, Politik dan Ekonomi BSc (rasio 30: 1).

 

Demikian ulasan 10 Perguruan Tinggi terbaik dunia versi QS Wordl Rank. Anda ingin belajar di sana? Bagi pelajar Indoensia banyak kesempatan bisa mengenyam pendidikan di universitas Top dunia. Salah satunya adalah dengan bantuan beasiswa LPDP.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done