Kursus Gratis Ditawarkan MIT Open Course Ware - Teras Academy
News Update
Loading...

12/31/2019

Kursus Gratis Ditawarkan MIT Open Course Ware

Source Picture: Pexels



Massashussets Institute of Technology (MIT) merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia. Kampus yang telah menghasilkan para nobelis tersebut pada tahun 2018 menempati peringkat satu dunia sebagai kampus terbaik (versi QS Wolrd Ranking). MIT telah menyediakan beberapa kursus gratis.

Sekarang saya akan mereview 11 topik kursus gratis yang disediakan oleh MIT OpenCourseWare Mengapa saya menempatkan MIT OpenCourseWare di pertama? Sederhananya karena MIT OCW adalah pioneer, lengkap dan salah satu OCW terbesar di dunia.

MIT OpenCourseWare

Proyek MIT OpenCourseWare diumumkan pada tanggal 4 April 2001, yang pertama kali di danai oleh William, Flora Hewlett Foundation and Andrew W Mellon Foundation.

Proyek MIT Open Course Ware dirintis oleh Professor Dick KP Yue, Shigeru Miyagawa, dan Hal Abelson. Hal Abelson adalah Profesor Teknik Elelktro yang dikenal sebagai pendiri Creative Commons dan Free Software Foundation. Shigeru Miyagawa adalah Profesor Linguistik MIT asal Jepang. Ketika diumumkan untuk pertama kalinya, MIT Open Course Ware menawarkan 32 kursus, satu tahun kemudian menerbitkan 500 kursus, pada tahun 2004, 900 kursus tersedia MIT secara online. Hingga saat ini situs menyediakan 2400 material kursus online dengan 300 juta pengujung.

Catat ya! Untuk bisa mengakses material kursus di MIT, Anda tidak perlu mendaftar atau bahkan terbebani dengan target baik nilai maupun tenggat waktu. OCW MIT sangat fleksibel.


MIT Menyediakan 11 Tema Kursus

Kursus apa saja yang tersedia di MIT OpenCourseWare? Ada banyak kursus keren yang disediakan oleh institusi ini. Oh ya MIT adalah perguruan tinggi yang selalu masuk dalam jajaran 5 besar di dunia. Ada 11 Tema kursus MIT OpenCourse Ware dengan pelbagai disiplin ilmu. Penasaran? Berikut akan saya paparkan.

Ilmu Bisnis

Diantara topik terkait bisnis ada kursus tentang akuntansi. Kursus tersebut berjudul “Introduction to Financial and Managerial Accouncting” dibawakan langsung oleh Professor Sugata Roychowdhury dari Sloan School of Management MIT. Professor Sugata memperoleh gelar Ph.D dari Rochester University. Ada juga kursus tentang “Supply Chai dengan judul “Strategic Management in the Design and Construction Value Chain” dengan instruktur Dr John Macomber dari Harvard Business School (HBS).


Bidang Startup


Bagi yang ingin berkarir dalam bidnag startup dan focus mendalami IT, bisa mengikuti Kursus dengan tema IT/ICT ada kursus berjudul “The Software Business” dengan instruktur Profesor Cusumano. Professor Cusumano memperoleg gelar BA dari Princenton, Ph.D dari Harvard. 

Professor Cusumano adalah Sloan Management Review Distinguished Professor of Management MIT. Ada juga kursus berjudul “Database Systems” dengan instruktur Prof Samuel Madden, Robert Morris, Michael Stonebraker, dan Dr Crlo Curino. Samuel Madden adalah Professor muda MIT yang memiliki spesialisasi dalam bidang database. Madden mengenyam pendidikan di MIT dan ia mendapatkan gelar  Ph.D dari UC Berkeley.

Ada juga kurus berjudul “User Interface Design and Implementation”, sangat cocok bagi yang mendalami UI. Dengan instruktur Professor Rob Miller. Rob Miller adalah anggota MIT Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL). Rob Miller menempuh studi BA-MA di MIT, dan Ph,D dari Carnegie Mellon University.


Topik Energi


Bagi yang ingin mendalami tentang tema energi, bisa mengikuti kursus menarik, seperti “Introducing to Sustainable” yang dibawakan oleh Professor Michael Golay, William Green, dan John C Wright. Golay adalah Professor of Nuclear Cience and Engineering. William H Green adalah Hoyt C Hottel Professor Chemical Engineering. William Green mengenyam pendidikan dari Swarthmore College dan UC Berkeleay.Kelas ini akan memberikan wawasan kepada kita terkait energi masa depan dan potensi energi berkelanjutan.


Bagi yang sedang mendalami ilmu nuklir, bisa mengikuti kursus dengan judul “Nuclear Systems Design Project”. Anda akan mendapatkan wawasan tentang integrasi fisika nuklir, transportasi nuklir, control pemindahan panas, instrumentasi, dampak lingkungan dan optimalisasi dari segi ekonomi. Anda juga akan berpeluang mengimplementasikan ilmu ini dalam desain aplikasi nuklir.  Oh ya kursus ini merupakan mata kuliah pilihan program sarjana studi energi MIT.  Menariknya materi kursus dilengkapi dengan contoh project. Instruktur kursus ini adalah Professor Michael Short. Michael Short menempuh pendidikan teknik nuklir dan material MIT, ia kemudian melanjutkan program Master dan Ph.D pada kampus yang sama.


Tema Engineering


Ada kuliah yang berjudul “Aerodynamics” dengan instruktut Professor David Darmoval. Darmoval adalah praktisi Aeronautics & Astronautics MIT. Ada juga kuliah dengan judul”Introducing to Civil Engineering Design”. Sangat cocok bagi mahasiswa teknik sipil. Kursus ini berisi tentang teori, alat, dan teknik desain dan pemecahan masalah dalam teknik sipil. Instrukturnya adalah Professor Herbert Einstein. Herbert Einstein mengenyam pendidikan di ETH Zurich.

Tema tentang engineering sangat banyak, beberapa topik kuliah yang menarik:

·      Biomimetic Principles and Design
·      Organic & Biomaterials hemsitry
·      Computational Biology

·      Biomolecular Feedback Systems

·      Design and Manufacturing I-II

·      Design of Electromechanical Robotic Systems

·      Signal Processing

·      Mechantronic

·      Circuit and Electronics

·      Signal and System

·      Fundamental of Materials Science

·      Dan banyak lagi yang bisa kamu eksplor


Healt and Medicine

 

Menawarkan pelbagai tema, mulai dari Genomic, Cancer dan lain-lain. 


Topik tetang cancer lain:

 

·      The DNA Damage Respone as a Target for Anti-Cancer Therapy

·      Cancer Biology: From Basic research to the Clinic

·      Of Mice andMen: Humanized Mice in Cancer Research

 

Medis Umum:

·      Acoustics of Speech and Hearing
·      FromMolecules to Behavior: Synaptic Neurophysiology
·      The Visual System
·      Sensory Systems
·      Neural Basic of Movement
·      Brain Structure and Its Origin
·      Intensive Neuroanatomy
·      Gastroenterology

Tema Find Art


Ada kursus tentang “Game Design”. Kursus ini memebrikan wawasan praktis dalam desain dan analisis game non-digital. Peserta akan mempelajari alat, referensi, dan konteks histori menganalisis pelbagai bentuk permainan. Instruktur kursus ini adalah Philip B Tan (Creative Director for the MIT Game Lab) dan Jason Begy (Praktisis game studies dan game design).

Masih terkait Game, ada beberapa topik lain:

·   Introducing to Game Design Methods
·   Creating Video Games
·   Games for Social Change
·   Video Game Theory and Analysis


 Tema Humanities


Salah satu topik kursus yang menarik terkait tema ini adalah “Material in Human Experience”. Kursus ini mempelajari bagaimana orang-orang masyarakat kuno dan kontemporer memilih mengevaluasi, dan menggunakan bahan-bahan alam. Kursus dipandung oleh instruktur Heather Nan Lechtman.Lechtman adalah Professor of Archaelogy and Ancient Technology.

Topik Lain Menarik:

·      Modern Art and Mass Culture
·      Introduction to the History and Theory of Architecture
·      Nationalism, Internationalism, and Globalism in Modern Art
·      Foundation of Cognition
·      The Society of Mind
·      Capitalism and Its Critics
·      Economy History
·      American Political Thought


Tema Matematika

Bagi yang sedang focus memerlajari ilmu matematika, tidak salah jika mengikuti kursus menarik dengan judul “Mathematics for Computer Science”. Di era digital ini, topik tersebut sangat menantang. Anda akan mendapatkan wawasan tentang matematika diskrit dasar untuk sains dan teknik komputer, notasi logika formal, metode pembuktian, teori grafik dasar dan masih banyak lagi. Salah satu instruktur kursus ini adalah Tom Leighton. Tom Leighton adalah Professor of Applied Mathematics dan member CSAIL MIT. Leighton mengenyam pendidikan di Princenton, dan memperoleh gelar Ph.D dari MIT.

Topik lain:

·      Fundamentals of Probability
·      Algorithms for Inference
·      Applied Quantum and Statistical Physics
·      Computability Theory of and with Scheme
·      Quantum Compexity
·      Mathematics for Material Scientist and Engineers
·      Introducing to Algoritms
·      Design and Analysis of Algoritms
·      Introducing to Mathematical Progamming
·      Introducing to MATLAB

Tema Sains

Bagi mahasiswa ilmu kimia, mempelajari Prinsip-prinsip kimia menjadi hal wajib. Kursus dengan topik “Principles of Chemical Science”. Kursus dasar ini dibawakan oleh Catherine L Drennan. Drennan adalah Professor Ilmu Kimia dan Biologi MIT dan Howard Hughes Medical Institute. Ia mengenyam pendidikan ilmu kimia di Vassar College, bekerja di laboratorium Professor Miriam Rossi, Ph.D ilmu kimia dari Universitas Michigan, dan Postdoc fellow di bawah bimbingan Professor Douglas C Ress di Caltech. Drennan adalah penyandang disleksia, pernah berbicara dalam forum Dyslexia Advantages.

Topik lain yang menarik:

·      Ecology I: The Earth System
·      Ecology II: Engineering for Sustainability
·      Environmental Microbiology
·      Optics
·      Optical Engineering
·      Nanomechanics of Materials and Biomaterials
·      Organic Chemistry
·      Physical Chemistry


Tema Social Science


Topik sosial sains diantaranya ilmu psikologi. Topik yang sering dipelajari oleh mahasiswa psikologi topik “Introduction to Psychology”  dengan instruktur Professor John Gabrieli. Ada juga kursus dengan topik “Microeconomic Theory” dengan instruktur Professor Alexander Wolitzky. Wolitzky menempuh pendidikan dari Harvard College dan Ph.D dari MIT. 

Topik social science sangat banyak sekali, terbagi menjadi beberapa sub tema, mulai dari psikologi, antropologi, arkeologi, geografi, hukum dan ilmu ekonomi.

Topik yang menarik lainnya:

·   Introduction to Copyrght Law
·   Inventions and Patents
·   The Once and Future City
·   Georaphic Infromation System (GIS) Tutorial
·   The Human Past: Introduction to Archaelogy
·   Human Origins and Evolution
·   Development on Invention and Creativ Ideas.

Tema Society

Salah satu topik enarik yang disediakan oleh MIT OCW dalam tema ini adalah kursus dengan judul “Globalization: The Good, the Bad and the In-Between”. Kursus ini mengkaji tentang paradoks globalisasi kontemporer dengan penyaji Prof Margery Resnick dan Dr Joaquin Terrones.

Tema Society banyak memberikan topik kursus yang menantang, seperti topik tentang religion, isu gender, budaya dan politik. Diantara topik kursus yang diangkat adalah tentang “Gender and Technology” dengan instruktur Dr KJ Surkan. Topik ini membahas perkembangan teknologi namun tidak dibarengi dengan kesetaraan.


Tema Pendidikan


MIT adalah kampus teknologi, namun di sana juga ada kursus bertemakan tentang pendidikan. Ada kursus dengan judul “Concept-Centered Teaching”. Kursus yang memfokuskan pada bagaimana guru mengajar secara tepat pada matapelajaran sains, seperti biologi. Kursus di bawakan oleh Professor Melissa Kosinski-Collins. Professor Melissa alumni Universitas Massachusetts, dan memperoleh gelar Ph.D dari MIT. Ia sangat ekspert dalam ilmu pendidikan biologi dan STEM.

Topik menarik lain:

·   Educational Theory and Practice
·   Power of Place:Mediatechnology, Youth, and City Design and evelopment
·   Media Education and the Marketplace
·   How to Learn (Almost) Anything
·   Technologies for Creative Learning
·   Autism Theory and Technology
·   The Nature of Constructionist Learning
·   Technology Tools for School Reform


Kesimpulan

MIT OpenCourseWare menyediakan 11 tema kursus yang bisa diakses oleh siapa saja dengan mudah dan fleksibel. Sumber daya yang disediakan oleh MIT ini seharusnya kita manfaatkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan karir kita. Semua bisa belajar dengan mudah dengan MIT OCW

Ini lihat kursus gratis dengan instruktur terkemuka yang lain?. Kunjungi situs MIT OpenCourseWare.



https://cmsw.mit.edu/profile/philip-tan/

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done