15+ Perusahaan AI terbaik Dunia di Tahun 2024 - Teras Academy
News Update
Loading...

2/02/2024

15+ Perusahaan AI terbaik Dunia di Tahun 2024

 

sumber:udacity

Di tahun 2024 ini kami akan memaparkan 15+ perusahaan AI terbaik dunia. Kami memberikan list berdasarkan data market capt. Market Capitalization adalah istilah yang digunakan investor untuk mengetahui kualitas suatu perusahan. Jika nilai market capitalization suatu perusahaan besar nilainya maka semakin besar juga potensi perusahaan tersebut

Beberapa perusahaan yang dianggap sebagai perusahaan kecerdasan buatan (AI) dengan segala inovasi terbaiknya diantaranya:

1.Microsoft AI

Microsoft memiliki sejumlah inisiatif dan produk di bidang kecerdasan buatan (AI) dengan kapitalisasi $2.963 T. Beberapa bagian dari Microsoft yang berfokus pada AI antara lain: Azure AI, merupakan platform cloud computing Microsoft, dan Azure AI menyediakan berbagai layanan dan alat AI yang dapat digunakan pengembang dan perusahaan. Layanan ini mencakup pengenalan ucapan, penglihatan komputer, pemahaman bahasa alami, dan sebagainya.

Kemudian ada  Microsoft Cognitive Services. Produk ini merupakan kumpulan layanan AI dan machine learning yang memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan kemampuan seperti penglihatan komputer, analisis teks, dan lainnya ke dalam aplikasi mereka tanpa harus memiliki pengetahuan mendalam tentang kecerdasan buatan.

Sedangkan Microsoft AI for Good berfokus pada penggunaan kecerdasan buatan untuk menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan. Microsoft AI for Good mendukung proyek-proyek yang berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan lingkungan

2. Google AI

Google mempunyai divisi Bernama Google AI dengan market captc secara keseluruhan $1.841 T. Google AI dilaunching dalam event Google I/O 2017 oleh CEO Sundar Pichai. Divisi ini telah memperluas jangkauannya dengan fasilitas penelitian di berbagai belahan dunia seperti Zurich, Paris, Israel, dan Beijing. Pada tahun 2023, Google AI menjadi bagian dari inisiatif reorganisasi yang mengangkat pimpinannya, Jeff Dean, sebagai kepala ilmuwan Google menjadi kepala ilmuwan di Google. Google AI melibatkan penggabungan Google Brain dan DeepMind.

Goolge AI telah melahirkan produk: Bard, Google Assistant aplikasi perangkat lunak asisten virtual yang dikembangkan oleh Google AI sejak tahun 2023; TensorFlow perpustakaan perangkat lunak untuk machie learning; Sycamore : prosesor kuantum 54- qubit  baru yang dapat deprogram; LaMDA.

3.NVIDIA

NVIDIA dikenal sebagai produsen kartu grafis, tetapi juga memiliki kontribusi besar dalam pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak untuk kecerdasan buatan. NVIDIA dirancang tempat berkumpulnya ilmuwan data, pengembang aplikasi, dan insinyur infrastruktur perangkat lunak yang mengembangkan visi komputer, ucapan, pemrosesan bahasa alami (NLP), AI generatif, sistem pemberi rekomendasi, dan banyak lagi. Terapkan inferensi AI yang dipercepat dengan platform NVIDIA.

4.Meta AI

Meta AI dahulu bernama Facebook AI Research (FAIR), sebuah divisi penelitian kecerdasan buatan di Facebook yang terlibat dalam pengembangan teknologi AI canggih. Meta AI bermaksud untuk mengembangkan berbagai bentuk kecerdasan buatan, meningkatkan teknologi augmented dan realitas buatan.

Meta AI dimulai sebagai Facebook Artificial Intelligence Research (FAIR) dengan lokasi di Menlo Park, California, kantor pusat, London, Inggris, dan laboratorium baru di Manhattan. FAIR secara resmi diumumkan pada bulan September 2013.

FAIR disutradarai oleh Yann LeCun dari Universitas New York, seorang Profesor deep learning dan pemenang Turing Award. Bekerja sama dengan Pusat Ilmu Data NYU, tujuan awal FAIR adalah meneliti ilmu data, pembelajaran mesin, dan kecerdasan buatan serta untuk "memahami kecerdasan, menemukan prinsip fundamentalnya, dan membuat mesin menjadi lebih cerdas secara signifikan". Penelitian di FAIR memelopori teknologi yang mengarah pada pengenalan wajah, penandaan pada foto, dan rekomendasi feed yang dipersonalisasi. Market Cap $985.41 B.

5.Tesla

Tesla, Inc merupakan perusahaan Amerika yang memproduksi dan menjual mobil listrik, serta penyimpanan daya dan sistem fotovoltaik. Tujuan perusahaan adalah untuk “mempercepat transisi menuju energi berkelanjutan”. Nama perusahaan ini didasarkan pada fisikawan dan penemu Nikola Tesla.Tesla menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk mengembangkan mobil otonom, dan CEO-nya, Elon Musk, juga terlibat dalam proyek-proyek AI lainnya.

6.IBM

IBM Watson terkenal karena aplikasinya dalam analisis data dan kecerdasan buatan di berbagai industri. IBM menawarkan solusi AI untuk membantu membangun masa depan bisnis. Memberikan Solusi mencakup IBM watsonx™, platform data dan AI dengan serangkaian asisten AI, keahlian ilmiah mendalam dari IBM Research®, dan tim konsultan ahli yang siap membantu Anda meningkatkan AI yang bertanggung jawab di seluruh perusahaan.

7.Palantir

Palantir Technologies adalah perusahaan teknologi Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 2003 oleh sekelompok pengusaha dan mantan eksekutif PayPal, termasuk Peter Thiel, Alex Karp, Joe Lonsdale, Stephen Cohen, dan Nathan Gettings. Nama "Palantir" sendiri diambil dari buku "The Lord of the Rings" karya J.R.R. Tolkien, di mana Palantir adalah bola ajaib yang dapat digunakan untuk melihat dan berkomunikasi dengan tempat-tempat yang jauh.

Palantir dikenal sebagai penyedia solusi analitik dan platform keamanan data yang digunakan oleh lembaga pemerintah, badan intelijen, dan perusahaan swasta di seluruh dunia. Mereka fokus pada analisis data besar dan kompleks untuk membantu pengambilan keputusan, terutama dalam konteks keamanan nasional, penegakan hukum, dan keamanan perusahaan. Palantir mempunyai divisi pengembangan AI. Studi Pasar AI, Ilmu Data, dan Machine learning tahun 2023 oleh Dresner Advisory Services menempatkan Palantir sebagai pemimpin.

8.Dynatrace Inc

Dynatrace, Inc. merupakan perusahaan teknologi global yang menyediakan platform observasi perangkat lunak berdasarkan kecerdasan buatan (AI) dan otomatisasi. Teknologi Dynatrace digunakan untuk memantau, menganalisis, dan mengoptimalkan kinerja aplikasi, pengembangan perangkat lunak dan praktik keamanan, infrastruktur TI, dan pengalaman pengguna untuk bisnis dan lembaga pemerintah di seluruh dunia. Dynatrace juga menyediakan Software Intelligence Hub yang menerbitkan integrasi dengan lebih dari 620 teknologi termasuk Amazon Web Services (AWS), Docker, Java, dan Prometheus

9. Open AI

OpenAI adalah organisasi penelitian kecerdasan buatan yang terkenal, dan mengembangkan model-model besar seperti GPT (Generative Pre-trained Transformer). Open AI didirkan pada bulan Desember 2015, Sam Altman, Greg Brockman, Reid Hoffman, Jessica Livingston, Peter Thiel, dan Elon Musk.

Pada bulan Februari 2019, GPT-2 diumumkan, yang mendapat banyak perhatian karena kemampuannya menghasilkan teks mirip manusia. Pada tahun 2021, OpenAI memperkenalkan DALL-E , model pembelajaran mendalam khusus yang mahir menghasilkan gambar digital kompleks dari deskripsi tekstual, memanfaatkan varian arsitektur GPT-3

10. Intuit Inc

Intuit Inc. adalah perusahaan perangkat lunak bisnis multinasional Amerika yang berspesialisasi dalam perangkat lunak keuangan. Perusahaan yang berkantor pusat di Mountain View, California , dan CEO-nya ini mempunyai produk persiapan pajak TurboTax, aplikasi keuangan pribadi Mint, program akuntansi usaha kecil QuickBooks, layanan pemantauan kredit Credit Karma, dan platform pemasaran email Mailchimp.

Selain itu intuit mempunyai produk Intuit Assist, asisten keuangan baru yang akan menggunakan kekuatan AI generatif (GenAI) untuk memberi Anda rekomendasi yang cerdas dan personal. Ini akan bekerja keras bagi Anda untuk mendorong bisnis kecil dan kesuksesan finansial pribadi Anda.

11. Alibaba Holding

Alibaba Group Holding Limited dengan cepat menjadi salah satu perusahaan paling terkemuka dalam revolusi teknologi khususnya AI. Perusahaan ini telah mengarahkan fokusnya pada komputasi awan dan siap memberikan pengaruh signifikan dalam AI generatif. Alibaba Group Holding Limited berinvestasi besar-besaran pada AI generatif. Ia juga telah meluncurkan chatbotnya yang diberi nama Tongyi Qianwen. Ali Baba Cloud juga memfasilitasi pengembangan solusi AI generatif dengan menyediakan solusi full-stack.

12. Amazon Inc

Amazon.com, Inc adalah perusahaan teknologi multinasional Amerika yang berfokus pada e-commerce, komputasi awan, periklanan online, streaming digital, dan kecerdasan buatan. Amazon didirikan oleh Jeff Bezos dari garasinya di Bellevue, Washington, pada tanggal 5 Juli 1994. Awalnya merupakan pasar online untuk buku, namun telah berkembang menjadi banyak kategori produk.

Amazon memiliki banyak anak perusahaan termasuk Amazon Web Services (komputasi awan), Zoox (kendaraan otonom), Kuiper Systems (Internet satelit), dan Amazon Lab126 (R&D perangkat keras komputer). Anak perusahaannya yang lain termasuk Ring, Twitch , IMDb , dan Whole Foods Market.

Amazon mulai menggunakan AI Generatif untuk salah satu produk unggulan mereka, AWS Mulai. AWS selalu berinovasi dengan kecerdasan buatan (AI) generatif. Dengan keamanan dan privasi tingkat korporasi, akses ke model fondasi terkemuka di industri, dan aplikasi yang didukung AI generatif, AWS memudahkan pembuatan dan penskalaan AI generatif, yang dibuat untuk data, kasus penggunaan, dan pelanggan Anda.

13. Adobe

Adobe Inc merupakan perusahaan perangkat lunak komputer multinasional Amerika yang didirikan di Delaware dan berkantor pusat di San Jose, Californi. Adobe mengkhususkan diri pada penciptaan perangkat lunak untuk pembuatan dan publikasi berbagai konten, termasuk grafis, fotografi, ilustrasi, animasi, multimedia/video, gambar bergerak, dan media cetak.

Produk andalannya antara lain perangkat lunak pengedit gambar Adobe Photoshop, Perangkat lunak ilustrasi berbasis vektor Adobe Illustrator, Adobe Acrobat Reader dan Format Dokumen Portabel (PDF); dan sejumlah alat terutama untuk pembuatan, pengeditan, dan penerbitan konten audio visual.

Adobe menawarkan solusi paket produknya bernama Adobe Creative Suite , yang berkembang menjadi penawaran perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) berlangganan bernama Adobe Creative Cloud. Dalam bidang AI, Adobe mempunyai produk Adobe Firefly. Adobe Firefly adalah rangkaian model AI generatif untuk meningkatkan kreativitas dan mempercepat alur kerja dalam produk Adobe, memberi Anda co-pilot kreatif untuk mempercepat ide, eksplorasi, dan produksi.

14. Mobiliye

Mobileye adalah perusahaan AI lain berfokus pada mengemudi otonom dan sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut. Perusahaan melakukan kemitraan dengan Ford dan Volkswagen, serta 25 produsen mobil lainnya, teknologi perusahaan ini diterapkan pada kendaraan di seluruh dunia. Produk-produknya meliputi bantuan jalur, pengereman darurat otomatis, dan tabrakan depan, yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kemudahan dan keselamatan berkendara. Pada tahun 2017, diakuisisi oleh Intel setelahnya, perusahaan ini telah berkembang secara signifikan dan terus memperluas inovasinya dalam teknologi AI self-driving. Kapitalisasi pasar: $32,50 miliar

15. C3 AI

Platform perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) C3 AI memanfaatkan kemampuan AI untuk menafsirkan dan menerjemahkan ide guna memberikan solusi inovatif bagi bisnis. Algoritma machine learning memungkinkan pengguna untuk membayangkan dan membuat aplikasi perangkat lunak bahkan tanpa keahlian dalam analisis data. Perangkat lunaknya telah digunakan oleh perusahaan besar seperti Shell dan Koch dalam aplikasi bisnis di bidang energi, bahan kimia, investasi, dan banyak lagi. Angkatan Udara AS juga menggunakan platform ini untuk mengembangkan teknologi baru dan menyempurnakan teknologi yang sudah ada. C3.AI didirikan pada tahun 2009 oleh Thomas Siebel sebagai "C3". Kapitalisasi pasar perusahaan ini sebesar $4,28 miliar

16. Sentinel One

SentinelOne menjadi pemimpin industri dengan memanfaatkan kekuatan AI untuk perangkat lunak keamanan siber. Teknologi AI perusahaan mendeteksi penggunaan abnormal pada perangkat titik akhir dan mematikan proses sebelum virus atau pelaku jahat menyebar ke seluruh jaringan. Daftar kliennya mencakup merek-merek terkenal seperti Samsung, Aston Martin, Politico, EA, dan Sysco, yang menanamkan produknya di sejumlah industri dan sektor. Kapitalisasi Sentinel One $4,24 miliar

17. Bayanat

Bayanat lahir dari komersialisasi departemen survei militer Uni Emirat Arab, teknologi Bayanat AI kini melayani perusahaan di seluruh dunia dengan solusi tepat untuk kebutuhan bisnis geospasial. Produk inti perusahaan ini mencakup analisis data yang didukung AI, visi komputer, pemrosesan bahasa alami, dan pemodelan prediktif. Kini di bawah payung grup investasi G42, produk Bayanat digunakan secara luas di industri otomotif, akademik, dan teknologi. Kapitalisasi pasar bayanat $2,82 miliar

18. Aurora Innovation

Aurora Innovation didirikan oleh para eksekutif dari Google, Tesla, dan Uber, menjadikan perusahaan sebagai salah satu perusahaan AI terkemuka yang mengembangkan solusi kendaraan tanpa pengemudi, armada kendaraan otonom untuk digunakan dalam aplikasi termasuk angkutan barang dan berbagi tumpangan. Fiat Chrysler, Toyota, dan Volvo, hanyalah beberapa pabrikan yang menggunakan teknologi Aurora Driver mereka. Pada tahun 2022, perusahaan mengumumkan platform Aurora Beacon barunya , yang akan membantu pengguna memaksimalkan waktu kerja dan masalah pengoptimalan lainnya untuk armada ini, serta perluasan uji coba dengan FedEx untuk menghadirkan teknologi self-driving ke industri pelayaran. Kapitalisasi pasar perusahaan ini $2,64 miliar

Penutup

Demikian paparan 15+ perusahaan AI terbaik dunia di tahun 2024. Semoga bisa memberikan inspirasi kita semua, khususnya kalian yang ingin belajar serta mengembangkan karir dalam bidang AI, atau beriwirausaha dalam bidang teknologi.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done