Mengenal Andy Grove, Sosok di Balik Intel dan Manajemen Modern - Teras Academy
News Update
Loading...

5/15/2022

Mengenal Andy Grove, Sosok di Balik Intel dan Manajemen Modern

 

Andy Grove
Source:Wall Street Journal

Sosok ini menjadi salah satu orang penting atas pertumbuha Lembah Silikon –tempat orang-orang membangun perusahaan besar yang mampu merubah dunia. Dia adalah Andy Stephen Grove, karyawan ketiga sekaligus CEO Intel yang fenomenal. Majalah Time pada 1997 memilihnya sebagai “Man of the Year”, karena ia menjadi orang yang paling bertanggung jawab atas pertumbuhan luar biasa dalam menciptakan inovasi microchip.

 

Siapakah Andy Grove, sosok inventor di balik pertumbuhan Intel serta pakar manajemen modern.

 

“Beri saya dunia yang bergejolak sebagai lawan dari dunia yang tenang dan saya akan mengambil yang bergejolak”, Andy Grove

 

1#. Lahir dari Keluarga Imigran Yahudi

Grove lahir pada 2 September 1936 dari keluarga Yahudi kelas menengah di Budapest, Hongaria. Ketika berusia delapan tahun, Nazi menduduki Hongaria dan mendeportasi 500.000 orang Yahudi ke Kam Konsentrasi, salah satunya di Auschwitz. Selama revolusi Hongaria tahun 1956, ketia ia berusia 20 tahun, Grove meninggalkan rumah dan melarikan diri melintasi perbatasan Austria. Tanpa uang sepersenpun dan nyaris tidak bisa berbahasa Inggris ketika ia pergi ke Amerika Serikat.

 

Setibanya di AS pada tahun 1957, ia bertemu dengan Eva Kastan, sesama pengungsi Hungaria –yang pada akhirnya menjadi istri dia. Meskipun ketika tiba di AS dengan sedikit uang, Grobve tidak pernah kehilangan gairah belajar. Ia belajar di City College of New York jurusan teknik kimia. Pada tahun 1963, berhasil meraih gelar Ph.D dalam bidang teknik kimia dari University of California Berkeley

 

2# Bergabung di Intel Sebagai karyawan ke-3

Setelah menyelesaikan Ph.D pada tahun 1963, Grove bekerja di Fairchil Semiconduktor, sebagai peneliti. Perusahaan tersebut bekerja dalam bidang semikonduktor berbasis di San Jose, didirikan pada 1957 sebagai divisi dari Kamera dan instrumen Fairchild. Perusahaan tersebut tidak bisa terlepas dari sosok ilmuwan semikonduktor, William Shockley.

 

Di saat ia mengembangkan sirkuit terpadu awal, yang mengarah pada revolusi mikrokomputer pada tahun 1970an. Pada tahun 1967, ia menulis buku teks perguruan tinggi tentang Fisika dan Teknologi Perangkat Semikonduktor. Ketika Robert Noyce dan Gordone Moore mendirikan Intel pada 1968, Grove bergabung dengan mereka dan menjadi karyawan ketiga. Grove bekerja sebagai direktur teknik perusahaan, dan membantu memulai operasi manufaktur awal.

 

3#. Menciptakan Inovasi di intel

Di bawah kepemimpinannya, Intel memproduksi chip memori statis untuk kompuer mainframe, tetapi pada atahun 1970an, Intel memperkenalkan salah satu jam tangan digital paling awal, kalkulator elektronik, dan mikroprosesor serba guna pertama di dunia, 4-bit 4004. Pada tahun 1975, membuat prosesor 8080, yang menjadi inti dari Altair.

 

Intel kemudian membuat mikroprosesor yang lebih hemat biaya serta berhasil melobi IBM untuk menggunakan produk Intel untu PC personal d bawah IBM. Pada tahun 1985, intel memproduksi mikroprosesor 32-bit 80386, Pentium, dan sejumlah sirkuit terpadu pendukung.

 

Bersama dengan Earl Whetstone, memainkan peran kunci dalam negoisasi dengan IBM untuk hanya menggunakan mikroprosesor Intel di semua komputer pribadi mereka. Pendapatan Intel meningkat pesat. Grove menjadi presiden Intel pada tahun 1979, CEO 1987-1997.

 

4#. Menjadikan Intel sebagai perusahaan produsen Mikroprosesor terbesar Dunia

Grove berhasil mengubah Intel dari produsen chip menjadi produsen mikroprosesor dominan di dunia untuk PC, server, dan omputasi. Kapitalisasi Intel meningkat hingga 4.500%, menjadikan intel sebagai perusahaan terbesar ke-7 di dunia dengan 64 ribu karyawan kala itu.

 

‘Dalam berbagai bagian, kami telah mengarahkan Intel dari perusahaan rintisan menjadi salahs atu perusahaan pusat ekonomi informasi”, Andy Grove

 

5#. Mendorong Inovasi

Grove membantu menciptakan Intel Architecture Laboratory (IAL) di oregon untuk memastikan perangkat lunak dikembangkan tepat waktu untuk memanfaatkan mikroprosesor baru mereka. Dia menciptakan budaya di dalam intel yang memungkinkan inovasi berkembang. Sebagai CEO, dia ingin para manjernya untuk selalu mendorong eksperimen dan bersiap menghadapi perubahan, menunjukkan nilai paranoid dalam bisnis Dia dikenal dengan moto :hanya paranoid yang bertahan”.

 

Menurutnya, kepuasan melahirkan kegagalan. Hanya paranoid yang bertahan. Penulis buku geografi Grove, Jeremy Byman menjelaskan “ia adalah satu-satunya orang di intel yang menolak membiarkan perusahaan berpuas diri”

 

6#. Pemimpin Komunikatif dan Sederhana

Grove lebih memilih tetap untuk membuka saluran komunikasi antar karyawan, dna mendorong orang untuk mengutarakan pendapat mereka. “orang-orang di sini tidak takut untuk angkat bicara dan berdebat dengan Andy.” Mereke menyebut gaya ini dengan “konfrontasi konstruktif”.

 

Selain itu ia masih menyukai suasana yang egaliter, lebih memilih area kerja yang dapat diakses oleh siapa saja yang lewat. Tidak ada tempat parkir khusus, dan Grove bisa parkir di mana pun. Suasana kerjanya mencerminkan dari kehidupan pribadinya. Seorang kapitalis ventura, Arthur Rock, mengatakan “dia tidak memiliki udara”. Grove hidup sederhana tanpa mobil mahal atau pesawat terbang pribadi.

 

7#. Detil adalah Kewajiban

Grove selalu memastikan bahwa rancangan produk harus dibuat detil lebih awal. Wakil Presiden Intel Dennis Carter menyatakan “Andy sangat disiplin, tepat, dan berorientasi pada detil...tetapi pada saat yang sama, ia memiliki elemen intuisi dan kreaivitas yang mendasar bagi inovasi intel.” . Grove berucap, “Mungkin akan sia-sia jika seseorang tidak memperhatikan detailnya.”

 

8#. Pelopor OKR

Grove adalah bapak OKR (Objective and Key Result). Gelar trsebut disematkan oleh investor awal Google, John Doerr. OKR digunakan oleh Google sebagai “metodologi manajemen yang membantu memastikan bahwa perusahaan memfokuskan upaya pada masalah penting yang sama di seluruh organisasi.” Tujuannya adalah mendefinisikan dengan jelas, mengukur dan memastikan sebuah tujuan “dapat diukur dan diverifikasi.”

 

Pada tahun 1975, Doerr memperkenalkan teori OKR yang dia dapatkan dari Grove. Larry age, salah satu pendiri Google, memuji OKR dalam kata pengantar buku Doerr, “OKR telah membantu membawa kita ke pertumbuhan 10x, berkali-kali lipat. Dapat di capai. Mereka membuat saya dan anggota perusahaan lainnya tepat wakt dan pada jalurnya saat itu paling penting”

 

9#. Mendukung hadirnya Perusahaan Rintisan

Grove sangat mendukung pembentukan perusahaan rintisan teknologi, atau yang disebut dengan istilah Startup. Dia merasa Startup aka meningkatkan lapangan kerja. “Startup adalah hal yang luas biasa,” tulis Grove dalam artikel untuk Bloomberg.

 

10#. Ceo, Lecture juga Inventor

Grove mengajar mata kuliah fisika komputer pascasarjana di University of California Berkeley dan Stanford Graduate Schoolof Business. Dia juga menulis 40 makalah, dan memegang beberapa paten pada perangkat semikonduktor.

 

Buku pertamanya yang berjudul Physics and Technology of Semiconductor Devices (1967) menjadi diktat acuan universitas terkemuka. Bukunya yang lain, berjudul High Output Management (1983) menjadi buku bacaan wajib para CEO perusahaan dunia. Ia juga menulis buku berjudul Onlythe Paranoid Survive (1996), sebuah buku bisnis, yang berisi pesan penting bahwa jika perusahaan tetap ingin bertahan, maka perusahaan tersebut harus mengejar keunggulan kompetitif yang lebih kuat.

 

11#. Menjadi filantropis

Sifat kedermawanan Grove sangat tinggi. Ia memberikan sumbangan terbesar yang pernah diterima oleh City College of New York (CUNY). Hibahnya sebesar $26 juta mengubah CCNY School of Engineering menjadi Grove School ofEngineering. Ia juga iku terlibat dalam mendanai penelitian Pusat kanker Prostat di University California, San Francisco.

 

12#. Time Person of The year

Andy Grove

Pada tahun 1997, majalah time menganugerahkan Grove sebagai Time Person of the Year. Selain itu Wharton School of Busienes mengakui dia sebagai pebisnis paling berpengaruh selama 25 tahun terahir. Selain itu Grove juga mendapatkan penhargaan dari IEEE, IndustryWeek (1997), medali prestasi dari American Electronics Association (1993).

 

Dalam wawancara untuk mengenal Andy grove, Ben Horowitz mengatakan bahwa “Grove adalah seorang CEO terbaik sepanjang masa”. Ucapan Horowitz bukan isapan jempol belaka. Grove telah menjadikan Intel sebagai pabrik inovasi semikonduktor sekaligus gagasan praktiknya dalam manajerial elah menjadi inspirasi banyak perusahaan serta organisasi di seluruh dunia.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done