Mengapa Microsoft Akuisisi Perusahaan Game Activison - Teras Academy
News Update
Loading...

5/05/2022

Mengapa Microsoft Akuisisi Perusahaan Game Activison

 

Activision

Setelah Facebook mengejutkan dunia teknologi dengan mendirikan perusahaan induk Meta, kini Microsoft tidak mau ketinggalan. Microsoft mengejutkan jagad planet dunia pada 18 Januari mengumumkan akan mengakuisisi Activision Blizzard dalam kesepakatan sebesar $ 68,7 miliar (setara Rp. 987 T) –menjadi nilai akuisisi terbesar dalam bidang game, serta akuisisi terbesar Microsoft setelah LinkedIn.

 

Transaksi ini menjadikan Microsoft menjadi perusahaan game terbesar ketiga di dunia setelah Sony dan Tencent.Kesepakaan tersebut akan menggabungkan Activision, yang memiliki game seperti Call of Duy dan World of Warcraft, dengan operasi Xbox Microsoft, yang menerbitkan hit seperti Halo dan membuat konsol serta berlangganan game.

 

Alasan Microsoft Akuisisi Activison

 

Akuisisi perusahaan game Activision bukanlah yang pertama. Sebelumnya Microsoft telah mengakuisi perusahaan game Mojang dan Bethesda. Sehinga Mojang dan Bethesda masuk dalam ekosistem Xbox.

 

Ternyata setelah merekrut dua perusahaan game besar tidak membuat Microsoft puas. Akuisisi ini akan mempercepat pertumbuhan bisnis game microsoft di seluruh seller, PC konsol, dan cloud dan akan menjadi jembatan untuk membangun metaverse.

 

Bobby Kitick akan terus menjabat sebagai CEO Activision Blizzard, dan dia serta timnya akan mempertahankan fokus mereka dalam mendorong upaya untuk lebih memperkuat budaya perusahaan dan mempercepat pertumbuhan bisnis. Mereka akan bekerja di bawah koordinasi dengan CEO Microsoft Gaming, Phil Spencer.

 

Kami berinvestasi besar-besaran dalam konten, komunitas, dan cloud kelas dunia untuk mengantarkan era baru game yang mengutamakan pemain dan pembuat konten dan menjadikan game aman, inklusif, dan dapat diakses oleh semua orang.” Phil Spencer

 

Akuisisi ini akan memperkuat portofolio Game Pass Microsoft dengan meluncurkan game Activision ke dalam Game Pass, yang telah mencapai sejarah baru lebih dari 25 juta pelanggan. Dengan hampir 400 juta pemain aktif bulanan activision Blizard di 190 negara dan dengan jumlah akuisi ini akan menjadikan Game Pass menjadi satu jajaran konten game paling menarik dan beragam.

 

Alasan lainnya adalah Microsoft ingin menjadikan Activision (dan anak perusahaan game lainnya) menjadi jembatan untuk mewujudkan Metaverse dan bersaing dengan Facebook yang membangun metaverse melalui perusahaan MetaInc.

 

“Game adalah kategori hiburan paling dinamis dan menarik di semua plaform saat ini dan akan memainkan peran kunci dalam pengembangan platform metaverse,”. Satya Nadella

 

Dengan akuisisi Activision Blizzard, perusahaan akan memiliki permainan kucing sperti Call of Duty, Warcraft, Candy Crush, Tony Hawk, Dianlo, da overwatch. Sementara game-game tersebut akan tersedia di konsol Xbox, mereka dapat diubah lebih lanjut untuk memungkinkan pemain memaski virtual metaverse dengan bantuan Hololens Microsoft.

 

Microsoft Hololens adalah sebuah kacamata pintar reality campuran yang dikembangkan dan diproduksi oleh Microsoft. Hololens adalah layar head-mount pertama yang menjalankan platform Windows Mixed Reality di bawah sistem komputer Windows 10.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done